Diskusi “Hantu Hantu Dalam Film Horor Indonesia”

Kineforum DKJ dalam acara Sejarah adalah Sekarang 4 akan menyelenggarakan :

Diskusi bersama Veronica Kusumaryati dengan tema “Hantu-hantu Dalam Film Horor Indonesia”

Download makalah presentasi Veronica Kusumaryati di sini

(Catatan: Makalah ini untuk bacaan, bukan untuk dikutip sebagian maupun seluruh isinya)


Sabtu, 27 Maret 2010, jam 16.30 di Teater Kecil

Kompleks Taman Ismail Marzuki, Jln Cikini Raya No 73

Pengantar:
Presentasi ini bertujuan membuka pembacaan baru terhadap film horor Indonesia sebagai wacana kritis tempat hal-hal yang selama ini ditindas oleh masyarakat (kekerasan, seksualitas, penyimpangan, sejarah korban) muncul kembali. Presentasi ini juga berkehendak melihat kesinambungan (kehadiran hantu, motivasi dendam), variasi dan perkembangan baru dalam film horor Indonesia, terutama menyangkut sumber cerita, ikonografi, setting dan alur.

Sebagai sebuah genre, film horor merupakan genre yang paling populer di dunia, begitupun di Indonesia. Popularitas film horor ini terutama didorong oleh kondisi produksi film-film komersial dan adanya penerimaan penonton yang luas. Meskipun populer dan banyak diproduksi, pembahasan film horor Indonesia secara kritis bisa dibilang sangat sedikit. Melalui presentasi ini kita dapat melihat perkembangan naratif dan ikonografi film horor dari waktu ke waktu berdasarkan penelitian Veronica Kusumaryati terhadap sekira 210 film horor yang diproduksi di Indonesia antara periode 1926-2008.

Profile Veronica Kusumaryati:
Veronica Kusumaryati adalah lulusan Kajian Film Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta. Ia bekerja sebagai kurator/programmer film dan telah menerima international residency fellowship in film/video curatorship dari Asian Cultural Council.

Diskusi ini merupakan salah satu rangkaian acara Bulan Film Nasional 2010 (Sejarah adalah Sekarang 4), selain diskusi ada juga pemutaran film dengna program Hantu Hantu Indonesia (Programmer: Veronica Kusumaryati).

Film-film yang diputar :

DOWNLOAD jadual acara Bulan Film Nasional 2010 .pdf

Beranak Dalam Kubur (1971) Horor, DVD, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Awaludin, Pemain: Suzanna, Mieke Wijaya, Dicky Suprapto dan Ami Prijono. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Dhora, mengesankan penderita psiokopat. Ia membunuh ibunya untuk menguasai perkebunan Ciganyar dan juga membunuh ayah tirinya dan adiknya Laila.

Mistik (Punahnya Rahasia Ilmu Iblis Leak) (1981), Horor, DVD, 118 menit, (B Indonesia), Sutradara: Tjut Djalil, Pemain: Ilona Agathe Bastian, Herry S, Sofia WD dan WD Mochtar. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Cathy, mahasiswi asal Australia yang telah fasih berbahasa Indonesia, ingin meneliti dan menulis ilmu gaib, Leak di Bali. Ia dibantu oleh pemuda kenalannya seorang pelaut yang bernama Mahendra.

Sundel Bolong (1981) , Horor, DVD, 98 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Sisworo Gautama, Pemain: Suzanna, Ruth Pelupessy, Rudy Salam dan Barry Prima. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Kebahagian Alicia dan Hendarto sebagai suami istri yang baru menikah tidak berlangsung lama. Hendarto harus bertugas keluar negeri. Alicia, bekas pelacur dimanfaatkan oleh hidung belang.

Film terlaris III di Jakarta tahun 1981

Jelangkung (2001) , Horor, 35 mm, 100 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Jose Poernomo, Pemain: Wingky Wiryawan, Melanie Aryanto, Ronny Dozer dan Harry Pantja. (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Empat sekawan Ferdi, Gita, Gombal dan Sani selalu penasaran mencari setan. Berbagi tempat yang didatangi tak dijumpai yang dicarinya sampai mereka mendapatkan kabar tempat yang bernama Angkerbatu.

Terpuji untuk efek khusus, FFB 2002

Leak (2007), Drama-Horor,DVD, 96 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Achiel Nasrun, Pemain: Nadia Vega, Aldiansyah Taher, Meriam Belina dan Ferry Irawan. (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Tanpa sepengetahuan Cantika, beberapa keluarganya adalah Leak, termasuk ayahnya, Wayan Ardhana yang mengabdi pada setan demi kekayaan. Untuknya kakek dan nenek Cantika bukan pengikut Leak, dan berusaha melindungi Cantika.

Pocong 2 (2006), Horor, DVD, 103 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Rudi Soedjarwo,Pemain: Revalina S Temat, Ringgo Agus Rahman, Risty Tagor dan Dwi Sasono. (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Maya, yatim piatu bekerja sebagai assistant dosen, hanya tinggal berdua dengan adiknya Andin siswi SMU. Maya akan segera menikah dengan tunangannya Adam, Maya sedang mencari kamar kontrakan. Maya menemukan kontrakan murah, tetapi sering terjadi hal-hal aneh.

Angker Batu (2007), Horor, DVD, 87 menit, (B Indonesia), Sutardara: Jose Poernomo, Pemain: Mieke Amalia, Yama Carlos, Susilo Badar dan Imelda Therinne. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Kisah ini bermula dengan hilangnya Manda seorang reporter dengan Rino kameramennya dari sebuah perusahaan televisi Korea. Yudha berinisiatif untuk mencari tahu apa yang tejadi di kota tersebut, namun akibat mencuci muka dengan air dari daerah tersebut, mereka kini dapat melihat mahluk-mahluk yang telah menguasai kota itu.

Kuntilanak (2006), Horor, DVD, 100 menit, (B Indonesia), Sutaradara: Rizal Mantovani, Pemian: Julie Estelle, Evan Sanders, Ratu Felisha dam Alice Iskak.(UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Sam lebih memilih tinggal indekos di rumah tua tak terawat disamping kuburan daripada tinggal bersama ayah tirinya. Tak ada yang sadar kalau Sam punya wangsit untuk memanggil kuntilanak yang konon tinggal di dalam pohon.

Hantu (2007), Horor, DVD, (B Indonesia), Sutradara: Adrianto Sinaga, Pemain: Dwi Andika, Okan Antara, Dhea Ananda dan Andhika Gumilang(UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Galih mendengar tentang indahnya Telaga Setra Wingit. Telaga indah yang terletak ditengah hutan dan belum pernah dijamah orang. Karena penasaran, ia sengaja mengajak pacarnya Rinjani, serta ketiga sahabatnya Ray, Sofie dan Indra untuk membuktikan keindahan telaga itu.

Primitif (1978), Horor, DVD, 90 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutadara: Sisworo Gautama, Pemain: Enny Haryono, Barry Prima, Johan Mardjono dan Rukman Herman. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Tiga mahasiswa Etnologi dan Antropologi bernama Amri, Rika, dan Tomy penuh ambisi untuk mengadakan penyelidikan ke daerah pedalaman. Mereka di bantu oleh seorang pemburu berpengalaman bernama Bisman.

About these ads

About this entry