Tujuhbelas Agustus

naga-bonar.jpg

Pada 17 Agustus setiap tahun kita disibukkan dengan lomba-lomba sampai pada titik puncak nonton panjat pinang ramai-ramai di RT masing-masing. Kineforum bukan cuma menawarkan keriaan, kita juga akan melihat bahwa kemerdekaan yang kita rayakan itu punya banyak sisi. Untuk menyebut beberapa contoh, dalam Naga Bonar kita disuguhi parodi perjuangan bersenjata, pada Mardiyem kita melihat salah satu peristiwa kejahatan terbesar dalam sejarah yang sampai sekarang belum diakui dan lewat PB XII: Berjuang untuk Sebuah Eksistensi kita tahu bahwa negara ini dibangun dari sumbangan para pendukung awalnya.

Selain melihat kembali apa yang kita rayakan tiap 17 Agustus, kineforum juga menawarkan film cerita dari Jepang karya sutradara Shinobu Yaguchi dan seri terakhir dari program film-film sepakbola. Dalam program Sepakbola kali ini kami mengajak Anda menonton Die elf Teufel (Sebelas Iblis), film bisu yang dibuat menjelang kelahiran film bersuara, karya penulis skenario Jerman Reisch yang kemudian pindah dan bekerja bersama sutradara terkemuka Hollywood.

Dalam bulan ini kineforum kedatangan Festival Film Penyutradaraan ke-9 Institut Kesenian Jakarta, acara yang diadakan oleh mahasiswa Institut Kesenian Jakarta. Selain itu juga ada seri film-film untuk mengenang mereka yang telah hilang karena konflik politik dalam acara A Week to Remember yang kami adakan bersama Ikatan Keluarga Orang Hilang.

Kineforum juga menjadi salah satu tuan rumah untuk Q Film Festival yang ke-6. Festival Film Q ini yang berlangsung tiap tahun ini mengangkat film-film dengan tema gender dan seksualitas. Sementara dari seri pemutaran film ScreenDocs, bulan ini kineforum dan In-Docs akan memutarkan koleksi Eagle Awards, menjelang penganugerahan penghargaan film dokumenter ini untuk tahun 2007.

Selamat menonton dan berdiskusi di kineforum!


About this entry