(MAYBE) LOSING MY RELIGION (10 – 16 September 2007)

Betina

(2006), 70 menit. Sutradara: Lola Amaria. Pemain: Kinaryosih, Agastya, Fahmi Al-Attas.
Seorang perempuan muda bekerja di peternakan sapi sebuah kampung kecil. Keingintahuannya akan kisah cinta ibunya dengan pemimpin ritual kampungnya membuatnya ingin menggantikan tempat ibunya.

Penerima The Netpac Award di Jogja-Netpac Asian Film Festival 2006.

Titian serambut dibelah tujuh

Titian Serambut Dibelah Tujuh (1982), TT. Sutradara: Asrul Sani. Pemain: Tatiek Malyati, S. Effendy, Enny Rochaeni, A Hadi, Ali Yugo.
Pembuatan ulang dari film berjudul sama dari tahun 1959. Seorang guru muda mencoba menentang cara berpikir dan sistem pendidikan kolot. Tantangan datang dari guru lama, juga dari godaan istri guru itu yang menebar memfitnahnya.

 

Atheis (1974), 106 menit. Sutradara: Sjuman Djaya. Pemain: Deddy Sutomo, Kusno Sudjarwadi, Farouk Afero, Emmy Salim.
Hasan (Sutomo) adalah santri yang pendidikannya tanggung, sehingga mudah terombang ambing. Hasan menunjukkan bagaimana manusia modern berusaha menempatkan Tuhan dalam hidupnya.

Penerima Plakat Djamaluddin Malik untuk Film adaptasi Novel terbaik FFI 1975.

Aku ingin menciummu sekali saja
Aku Ingin Menciummu Sekali Saja (2002), 93 menit. Sutradara: Garin Nugroho. Pemain: Lulu Tobing, Octavianus R. Muabuay, Adi Kurdi, Sonya S. Baransano.
Arnold (Muabuay) terpana melihat gadis (Lulu Tobing) berurai air mata sejak kedatangannya ke dermaga pelabuhan kota. Ia juga melihat gadis itu terus menerus menuliskan “Jangan Takut” yang diambilnya dari Injil. Hidup Arnold berada di persimpangan antara: masa remaja dan kedewasaan, kulit gelap dan kulit terang, cinta dan kekaguman, penundukan dan perjuangan.



About this entry