Special à courts d’écran Courts-Circuit & World Comedy (5-10 Oktober 2007)

Clermont-Ferrand Film Festival selection
Festival Film Pendek Internasional Clermont-Ferrand adalah salah satu festival serta pasar film pendek penting di dunia. Perjalanan festival yang telah berusia 35 tahun ini menggambarkan bagaimana perjalanan tren sinema Eropa serta dunia melalui film pendek. Kompilasi dari seleksi festival tahun 2006 ini memberikan sedikit banyak gambaran tersebut.

mel-courts-circuit-02id.jpg

Un beau matin/One Fine Morning (2005), 12 menit, animasi, (Prancis). Sutradara: Serge Avedikian
Disebuah kota yang sepi, seorang siswa dan fotografer, dalam kebosanan, menyerahkan hewan peliharaan mereka untuk peraturan baru pemerintah. Tetapi kemudian peraturan ini tidak hanya berlaku bagi kucing dan anjing…

Les volets/The Shutters (2005), 11 menit, fiksi, (Prancis). Sutradara: Lyèce Boukhitine
Jendela tertutup disebuah rumah.
Jeanne diminta untuk membukanya.

Du soleil en hiver/Sun In Winter (2005), 17 menit, dokumenter-fiksi, (Perancis). Sutradara: Samuel Collardey
Michel adalah seorang petani di Franche-Comté. Ia melewatkan waktunya dimusim dingin yang tenang bersama seorang magang, Francis. Persahabatan yang kuat membawa kebersamaan bagi mereka.

Carlitopolis (2005), 4 menit, fiksi, (Prancis). Sutradara: Luis Nieto
Sebuah pertunjukan dari Luis Nieto yang merefleksikan kebenaran sebuah citraan.

Chambre 616/Room 616 (2005), 22 menit, fiksi, (Prancis). Sutradara: Frédéric Pelle
Tuan Cosse menghadapi konsekuensi dari niatnya untuk melakukan bunuh diri.

Be Quiet (2005), 19 menit, fiksi, (Prancis). Sutradara: Sameh Zoabi
Dalam perjalanan pulang, seorang anak dan ayah dari Palestina menghadapi ketegangan yang diakibatkan oleh politik, militer, serta realitas disekitar mereka.

Les petits hommes vieux/ Men from Outer Space (2004), 13 menit, fiksi, (Prancis). Sutradara: Yann Chayia
Bayangkan, sebuah momen pendek, kau adalah anak muda yang hidup sebagai minoritas di dunia orang tua. Lebih buruk lagi, bayangkan bila segala sesuatunya serba terbalik…

 

World Comedy
Komedi, kalau dalam bahasa yang beda-beda, tetap lucu nggak ya?

rrrrrrrr.JPG

RRRrrrr!!! (2004), 94 menit, (Bahasa Prancis dengan subtitel Inggris). Sutradara Alain Chabat. Pemain: Maurice Barthélémy, Alain Chabat.
Pada 35.000 tahun sebelum masehi, suku Rambut Kotor berperang melawan suku Rambut Bersih selama 800 tahun, untuk berebut shampoo. Kepala Suku Rambut Kotor mengirim anak perempuannya, Guy, untuk menyamar ke kubu musuh dan mencuri shampoo itu.

amore_ritorna3.jpg

L’Amore Ritorna (2004), 110 menit, (Bahasa Italia dengan subtitel Inggris). Sutradara Sergio Rubini. Pemain: Fabrizio Bentivoglio, Margherita Buy, Dario Grandinetti, Mariangela Melato.
Seorang aktor terserang penyakit serius pada puncak karirnya dan terinspirasi untuk melihat kembali arti hidup. Sutradara film ini mengubah kisah sedih menjadi cerita lucu yang cerdas tentang kehidupan, menjadi dewasa dan… membuat film!

gomen2.jpg

Gomen (2002), 103 minutes, (Bahasa Jepang dengan subtitel Indonesia). Sutradara Shin Togashi. Pemain: Masahiro Hisano, Yukika Sakuratani, Shoichi Sato, Takuya Kurihara.
Sei, anak lelaki 12 tahun, sedang di tengah masa puber dan kadang tanda-tanda pubernya muncul di depan umum tanpa malu-malu. Dia membicarakannya dengan Kinta dan Nyanko, teman sekolahnya, sambil saling bersaing memperebutkan perhatian Yumi, seorang anak perempuan di kelas mereka.

Kwaliteit 2 (2002), 103 menit, (Bahasa Indonesia). Sutradara Dennis Adhiswara. Pemain: Dennis Adhiswara, Bramantyo, Yunita David, Fauzi Baadila.
Santoso mahasiswa baru di sebuah universitas yang konflik dengan seniornya, Vanco. Di kolam renang kampus Santoso nyaris berkelahi. Penjaga kolam menyarankan mereka menyelesaikan permasalahan dengan cara adu gebuk bantal. Mereka akhirnya harus berguru kepada penjaga kolam yang ternyata adalah ‘suhu’ ilmu gebuk bantal.

alles_auf_zucker1.jpg

Alles auf Zucker (2004), 90 menit, (Bahasa Jerman dengan subtitel Inggris). Sutradara: Daniel Levy. Pemain: Henry Hübchen, Hannelore Elsner, Udo Samel, Golda Tencer, Anja Franke.
Komedi satir tentang hubungan antara anggota suatu keluarga Yahudi dengan tradisi mereka.

Jaeckie Zuckermann menjalani hidup dengan mabuk dan berjudi. Satu-satunya harapan masa depan terletak pada warisan ibunya. Hanya saja syaratnya, ia harus berdamai dengan kakanya Samuel, seorang Yahudi ortodoks.

Pemenang Ernst Lubitsch Award, 2005, untuk Film Komedi Jerman Terbaik.
Film, Sutradara dan Aktor Terbaik pada Penghargaan Film Jerman (Bundesfilmpreis)


About this entry