jadwal & sinopsis bulan desember | this month’s schedule & synopsis december

DOWNLOAD Jadwal Bulanan Kineforum Desember 2007 (.pdf)

Jelang JIFFEST 2007

Seperti tahun lalu, kita semua menjelang tutup tahun dengan Jakarta International Film Festival (Jiffest). Kali ini Jiffest memasuki edisi yang ke – 9.

Sebelum Jiffest, kita buka bulan Desember dengan menonton Le Fate Ingnoranti. Kami memutarkan film ini untuk mengajak kita semua melihat kembali persoalan HIV/AIDS dari sisi yang sangat menarik, mengaitkannya dengan persahabatan dan kepercayaan.

Selain itu kita juga akan menyaksikan kompilasi 6 film pendek dari para sutradara Eropa Tengah dan Eropa Timur. Keenam film yang dibuat oleh para pembuat film berprestasi ini mengangkat persoalan antar generasi ke atas layar, dalam situasi pasca konflik dan masa transisi yang mereka hadapi. Dengan cara cerita yang sangat unik, mereka menggali persoalan mereka sendiri dan memperlihatkannya kepada kita semua.

le_fate_ignoranti_bln_dec.jpg
Le Fate Ignoranti (2001), 106 menit. Sutradara: Ferzan Ozpetek. Pemain: Margherita Buy, Stefano Accorsi, Serra Yilmaz, Gabriel Garko.

Setelah suaminya meninggal, Antonia adalah seorang dokter pasien AIDS, mengetahui bahwa suaminya punya kekasih. Seorang laki-laki pula. Rasa ingin tahu membawanya mengenal laki-laki ini lebih dekat. Ia menemukan arti baru persahabatan.

Nomine Film Terbaik (Golden Bear) pada Berlin Film Festival 2001, Jerman.

lost_and_found_bln_desember.jpg
Lost and Found: 6 Glances at a Generation (2005), 99 menit. Para Sutradara: Stefan Arsenijevic, Nadejda Koseva, Mait Laas, Kornél Mundruczó, Cristian Mungiu, Jasmila Zbanic

Pemain: Anna Broquet, Dan Burghelea, Ines Cule, Krassimir Dokov, Milena Dravic, Kroot Juurak.

Enam film pendek dari 6 sutradara generasi pasca Sosialisme dari Eropa Tengah dan Timur. Keenam pembuat film yang masing-masing memiliki prestasi dunia menampilkan pandangan personal mereka tentang masalah ‘generasi’ dan perubahan-perubahan yang kadang menjauhkan mereka dari generasi orang tua mereka.

Nomine Film Terbaik pada Mar de Plata Film Festival 2006, Argentina.


About this entry