Jadwal dan Sinopsis Kineforum bulan Agustus 2008

Download jadwal kineforum bulan Agustus 2008.pdf

Pertemuan yang (Lebih) Sebentar

Bulan ini kineforum minta maaf karena harus lebih menyingkat waktu pertemuan penonton dengan program-program film. Dewan Kesenian Jakarta, tempat bernaung kineforum, terpaksa memperkecil skala program karena keterlambatan dana Anggaran Pengeluaran dan Belanja Daerah DKI Jakarta yang membiayai sebagian besar program DKJ.

Sesudah berjalan tanpa dukungan APBD sejak awal tahun 2008 kami di kineforum akhirnya harus mengakui kehabisan nafas. Meskipun dukungan dari penonton dan teman-teman pemilik film atau program film terus mengalir, untuk sementara program yang kami susun sendiri harus berhenti mengisi bioskop ini.

Tapi untunglah masih banyak kawan yang menghidupkan ruang kita ini. Bulan ini kita akan menyaksikan rangkaian program film pendek Boemboe Forum, Q! Film Festival dan Accourts D’ecran. Kami mendapat kehormatan untuk ikut meramaikan kelangsungan Boemboe Forum memasuki tahunnya yang kelima dan juga ikut menjadi tuan rumah bagi Q! Film Festival dan Accourts D’ecran.

Perlu kami sampaikan juga bahwa pembiayaan kegiatan yang berlangsung di kineforum pada bulan ini sepenuhnya berasal dari donasi para penonton yang telah terkumpul sejak 2007 lalu. Terimakasih sebesar-besarnya atas dukungan penonton dan para penyedia program untuk kineforum.

Selamat menonton dan berdiskusi di kineforum!


“Refleksi Boemboe 5 Tahun”

Karya Alumnus Boemboe Forum Boemboe Forum adalah sebuah forum pembuat film pendek Indonesia yang telah berlangsung setiap tahun di Jakarta sejak 2004. Dalam “Refleksi Boemboe 5 Tahun” ini Boemboe kembali mengundang mereka yang pernah menjadi peserta forum ini untuk menampilkan karya terbaru/terakhir mereka sebagai bagian dari perayaan keberadaan serta keberagaman bentuk dan gaya film pendek Indonesia, bagai beragamnya rasa bumbu…

Karya Alumnus Boemboe Forum 1

Katakan Cinta Tanpa Tinta (2006) 16 menit,Sutradara : Hartono Adi (Dokumenter)
Pandangan dari berbagai kalangan masyarakat tentang cinta kepada seseorang dan pengaruhnya kepada diri masing-masing. Kesulitan yang sama dihadapi saat menyatakan cinta dengan kata-kata.
Ku Rela Mati (2005) 13 menit, Sutradara : Andibachtiar Yusuf (Dokumenter)
Kebanyakan orang tidak tahu akan memilih partai apa saat pemilu. Tapi ternyata beberapa orang benar-benar tahu partai apa yang akan dipilihnya… dan rela mati demi pilihannya.
Anarchist Cookbook for Beginners (2007) 18 menit, Sutrdara : Dimas Jayasrana (Dokumenter ) Perbincangan ideologis yang mendayu-dayu.
Ganco Cola ( 2008 ) 15 menit, Sutradara : Erik Wirawan
Seorang pemulung tua membutuhkan gigi palsu untuk mengunyah makan. Untuk mengumpulkan uang untuk membeli gigi palsu ia pun berburu botol coca cola beling yang menghasilkan lebih banyak uang dibanding botol plastik yang selama ini ia kumpulkan. Namun ada seseorang yang selalu lebih dulu mengambilnya. Apa yang dilakukan si pemulung tua demi gigi palsu?

Karya Alumnus Boemboe Forum 2

Manuskrip (2006) 8 menit, Sutradara : Bayu Bergaswaras (Dokumenter)
Wawancara dengan Aditya tentang perjumpaannya dengan seorang perempuan bernama Sheyla. Ini cerita tentang seseorang yang tersingkir dari masyarakat. Aditya harus menerima kenyataan tapi dia masih punya imajinasi.
Pringgodani (2007) 10 menit, Sutradara : M. Solikin (Animasi)
Pringgondani, sebuah negara kampung halaman Gathotkaca tiba-tiba dilanda berbagai bencana. Gathotkaca turun tangan berjuang menyelamatkan Pringgodani.
The Smoking Brothers ( 2008 ) 9 menit, Sutradara : Muhammad Akbar
Merokok berarti meditasi, hiburan ketika bekerja dan berpikir, dan tentu saja pengaruh imej kemachoannya ketika jagoan-jagoan atau aktor-aktor film yang sedang menghirup asapnya, seperti gestur Chairil Anwar yang sedang menghirup rokok dengan tatapan yang sangat dalam sehingga menginspirasi si pembuat film untuk membuat karya ini.
Lies That Bind (2007) 6 menit, Sutradara : Elias Rose a.k.a Paul Agusta & The Furious Pink Ketika kepercayaan dijadikan bahan perseteruan, siapakah korban yang paling menderita?
Ligeiro (2007) 8 menit, Sutradara : Tosan Priyonggo
Seorang mahasiswa yang bangun kesiangan dan berusaha mengejar waktu agar tidak terlambat untuk kuliah. Namun ditengah perjalanan, ia harus menghadapi beberapa preman demi menyelamatkan seorang gadis. Apakah ia akan terlambat kuliah? Bagaimana ia menghadapi preman-preman itu? Saksikan kisah serunya dalam film laga LIGEIRO!
Muara Angke (2007) 11 menit, Sutradara Rudi GM
Di atas sebuah perahu bermesin tempel di sebuah sungai yang tercemar airnya, 2 orang aktivis lingkungan tengah berdebat tentang siapa yang bertanggung jawab atas permasalahan lingkungan hidup. Mereka berdebat hingga tidak menyadari bahwa ternyata permasalahan itu ada di tengah-tengah mereka, ketika mereka terdampar di pantai penuh sampah.
Tak Kenal, Tak Sayang ( 2008 ) 8 menit, Sutradara : Bowo Leksono (Dokumenter)
Memilih atau tidak memilih adalah hak!

Karya Alumnus Boemboe Forum 3

Mata Ibu (2007) 6 menit, Sutradara : Elsa Dudi
Kemana kita mengadu? Kemana kita meminta kasih dan sayang? Kemana ibuku? Apakah Surga memang berada di telapak kaki ibu? Lalu di mana Neraka?
Dompet (2007) 9 menit, Sutradara : Sari Handayani
Dengarkan orang di sekitarmu.
Twisthing ( 2008 ) 3 menit, Sutradara : Wiryadi Dharmawan
Sebuah gambaran tentang penanganan pemerintah terhadap bencana alam. Film ini adalah hasil workshop animasi bersama animator Jerman Raimund Krumme pada acara Kumpul Animasi 2007, hasil kerja sama Goethe-Institut Jakarta, Komite Film Dewan Kesenian Jakarta, Akademi Samali & Boemboe.
Untuk Perempuan (2005) 30 menit, Sutradara : Eddie Cahyono
Berkisah seputar tiga orang perempuan berbeda profesi yang menyadari bahwa mereka memiliki satu persamaan, ketiganya pernah mengalami kekerasan.
Hedone Palace (2007) 7 menit, Sutradara : Perdana Kartawiyudha (Dokumenter)
Kunjungan seorang teroris ke istana yang menjadi pusat kegiatan bersenang-senang.
Cak Dji (2007) 7 menit, Sutradara : Rizal Aliah Rachmandar (Dokumenter)
Semua bumbu menjadi satu dalam wajan ekspektasi setiap orang yang ingin makan. Paduan gerak, irama, tempo dalam gaya memasak Cak Dji, membuat setiap masakannya merupakan masterpiece yang bisa dinikmati setiap hari.

Karya Alumnus Boemboe Forum 4
Kenangan Beku ( 2008 ) 5 menit, Sutradara : Muslikah (Dokumenter)
Es betet adalah es tradisional khas Blitar. Bagaimana sejarahnya dan mengapa dia bertahan di tengah modernitas?
Mahkotaku 50:50 (2006) 5 menit, Sutradara : Heru C. Wibowo (Dokumenter)
Seberapa pentingkah virginitas bagi remaja? Penting atau nggak penting?
Adore Me (2005), 11 menit, Sutradara : Dinda M. Djunanda
Ini bukan tentang gay. Tapi tentang penderitaan, kesepian dan kenarsisan.
Di Persimpangan (2006) 9 menit, Sutradara : Kurnia Harta Winata
Wajah kehidupan ditentukan oleh kita menyikapi hal-hal sederhana dalam kehidupan itu sendiri.
El Pueblo Unido Hamas Sera Versido/People United Will Never be Defeated (2007) 2 menit,Sutradara : Ananto Wibowo
Bab Akhir Pramoedya (2006) 48 menit, Sutradara : Ucu Agustin (Dokumenter)
Dinarasikan melalui suara dari berita radio, teks, wawancara dengan keluarga dan kerabat serta informasi dari berita yang tersebar di media, kita diajak untuk mengetahui apa dan bagaimanakah peristiwa yang terjadi dalam tiga hari terakhir kehidupan sastrawan Pramoedya Ananta Toer sebelum ia menghembuskan nafasnya. Sebuah film yang menggunakan kamera kecil untuk merekam hari terakhir seorang yang besar

Program 3 Islands Diaries + Appalshop Project 2007-2008 (90 menit)

3 Island Diaries (2006), 27 menit, Sutradara : Rizal Aliah Rachmandar & Sebastian Winkels
Seorang pembuat film asal Malang bertemu dengan pembuat film asal Berlin dalam sebuah perjalanan panjang dan berliku untuk memutar film-film pendek Indonesia & Jerman di 6 kota di 3 pulau: Jawa, Sumatera dan Sulawesi. Pertemuan ini juga menghasilkan sebuah kolaborasi berbentuk audio-visual diary, meninggalkan catatan bahwa perjalanan ini pernah terjadi di suatu waktu di tahun 2006.

Boemboe-Appalshop Youth Media Exchange Project 2006-2008:
Program pertukaran budaya media ini merupakan kerja sama Boemboe, Jakarta-Indonesia dengan Appalshop, Whitesburg-USA. Pada tahun 2007, lima organisasi asal Jawa berkolaborasi dengan anak-anak muda Whitesburg membuat 3 film dengan proses produksi selama 5 hari. Ketiga film ini mencoba mencari persamaan dan perbedaan yang ada di dua negara. Sementara 2 film berikutnya merupakan video kolaborasi peserta tahun 2008 asal Sulawesi dan Kalimantan yang berupaya menangkap bagaimana warga Whitesburg mengekspresikan identitas sosial dan budayanya.

The Star Fruit Tree (2007) 30 menit, Tim Produksi: AMI Youth & Noor Harsya, Kamashakti, Sofie Setyorini, Udreka, Amin Shabana (Dokumenter)
Video ontologi yang mengangkat persamaan rusaknya lingkungan, baik yang ada di Whitesburg, Kentucky (Amerika Serikat) maupun Yogyakarta (Indonesia) dengan visualisasi yang begitu puitis.
Blackey (2007) 3.30 menit, Tim Produksi:AMI Youth & DS. Nugraheni, Abraham Mudito, Doni Prasetyo, Agus Nur Prabowo (Dokumenter)
Mengungkap sedikit bayang-bayang yang tersisa dari suatu kota di Kentucky, Amerika Serikat yang saat ini (hampir) tak bertuan.
A Taste of Mountain (2007) 8.50 menit, Tim Produksi: AMI Youth & Zamzam Fauzanafi, Bobbi Marbangun, Aneng Kiswantoro, Alia Damaihati (Dokumenter)
When west meet east artinya ketika soup bean ketemu nasi tumpeng. Apa yang terjadi selanjutnya?
Seedtime O’ Seedtime ( 2008 ) 16 menit, Tim Produksi: Wawan Sofijan, Assistant Director: Patmawaty Taibe, Ray Nayoan, Ahmad Sujudi, Metusalak, Adityahmad (Dokumenter)
“Seedtime On the Cumberland” adalah festival budaya tahunan yang digelar Appalshop untuk yang ke 22 kalinya, yang antara lain menampilkan musik banjo dan square dance. Dokumenter pendek ini mengupas makna identitas pada masa regenerasi dimana sebuah generasi baru muncul dan merangkul identitas orang-orang pegunungan Appalachia.
Seedtime Radio Project ( 2008 ) 8 menit, Tim Produksi: Maxima Ngura, Anakia, Silvia, Hari Dermanto (Audio Project)
Serunya “Seedtime On The Cumberland” festival di pegunungan Appalachia coba direpresentasikan melalui media radio oleh anak muda Indonesia yang baru pertama kali menginjakkan kaki di daerah tersebut. Beragam suara, interview, musik dan efek audio lainnya menambah imajinasi setiap orang yang mendengarnya. Hasil dari projek ini kemudian disiarkan melalui stasiun radio milik Appalshop, WMMT dan Radio Swara Alam, Kendari.
Deep in Appalachia ( 2008 ) 15 menit, Tim Produksi: Deny Sofyan, Lia Syafitri, Nur Azikin, Rizal Mahfud (Dokumenter)
Di pegunungan hijau Whitesburg Kentucky, terdapat masalah pengekstraksian alam skala besar oleh perusahaan batu bara yang sudah berlangsung dari generasi ke generasi dan tidak menunjukan tanda-tanda akan berhenti. Malah tampak akan terjadi ekspansi lebih jauh ke daerah pegunungan yang belum terjamah. Dokumenter ini mengungkap kecintaan warga sekitar terhadap daerah mereka. Meskipun berada dalam kondisi yang semakin terjepit, mereka tetap cinta tempat tinggal mereka karena inilah rumah mereka

Boemboe Forum 2008
Program ini merupakan presentasi, pemutaran & forum diskusi film pendek selama 30 menit pada setiap filmnya yang dihadiri langsung oleh pembuatnya.

Boemboe Forum 2008 Sesi 1

Marawis Yo Wis?!!(2007) 21 menit, Sutradara : Ari Rusyadi (Dokumenter)
Deddy Djunadi, pendiri sebuah grup musik Marawis Hurul ‘Ain, membagikan pengalaman, pandangan, dan cita-citanya sebagai orang Betawi yang tinggal di metropolitan Jakarta namun tetap menjaga kesenian lokalnya. Marawis adalah kesenian Betawi yang telah ditinggalkan banyak orang, merupakan percampuran berbagai unsur musik Arab dan Betawi dengan perkusi sebagai alat utamanya. Film ini juga menampilkan para ‘seniman’ muda yang menggiati musik Marawis.
Holy Father ( 2008 ) 10 menit, Sutradara : Rizki Lazuardi
Video ini merekam fenomena alam dataran rendah kota Semarang. Kekuatan alam dalam sudut pandang tertentu mampu membuat seseorang tampak memiliki kekuatan sang Holy Father. Bagian dari Direct Documentary Video Project yang mendokumentasikan lingkungan sekeliling secara spontan, dengan pendekatan surveilance, investigatif atau sejenisnya

Boemboe Forum 2008 Sesi 2

The Anniversary (2006) 12 menit, Sutradara : Ariani Darmawan
Potret hubungan pasangan suami istri yang digambarkan lewat momen-momen perayaan ulang tahun pernikahan mereka, dalam setting sebuah lift.
Bias Kelam ( 2008 ) 8 menit, Sutradara : Afen Yani Sandi
Laras dan Bayu adalah keluarga seorang teroris, kehidupan Laras dan Bayu mulai dipenuhi masalah sepeninggal Adrian yang tertangkap.
Misi Penyelamatan Kucing ( 2008 ) 4 menit, Sutradara : Insan Indah Pribadi (Dokumenter)
Kami berusaha menyelamatkan anak kucing yang jatuh dari atap rumah.

Boemboe Forum 2008 Sesi 3

Kiitos, Selamat Tinggal Kota Merah (2007) 12 menit, Sutaradara : Mahardika Yudha (Dokumenter) Dokumenter ini merupakan catatan harian tentang pengalaman singkat di kota Tampere (Finlandia) yang disebut sebagai Kota Merah. Menceritakan sejarah kota industri tersebut dari kacamata pendatang yang berasal dari Indonesia.

Q Film Festival ke 7 ( 2008 )

A Very Natural Thing (1973), 80 menit. Sutradara : Christopher Larkin (Bahasa Inggris)
Black Beulahs (2006), 48 menit. Sutradara : Fanney Tsimong (In English and Xhosa with English)
Rodeu-Mubi (2002), 114 menit. Sutradara : In-Shik Kim (Bahasa Korea dengan teks Inggris)
Nina’s Heavenly Delight (2006), 94 menit. Sutradara : Pratibha Parmar (Bahasa Inggris)
Simon (2004), 102 menit. Sutradara : Eddy Terstall (Bahasa Belanda dengan teks Inggris)
The Amazing Truth About Queen Raquela ( 2008 ), 80 menit. Sutradara : Olaf de Fleur Johannesson (Bahasa Tagalog dan Inggris dengan teks Inggris)
Two Homelands: Cuba and the Nights <Dos Patrias, Cuba y la noche> (2006), 84 menit. Sutradara : Christian Liffers
With Gilbert and George ( 2008 ), 104 menit. Sutradara : Julian Cole (Bahasa Inggris) Sutradara akan hadir
Sita Sings the Blues (2007), 80 menit. Sutradara : Nina Paley (Bahasa Inggris)
Caravaggio (1986), 93 menit. Sutradara : Derek Jarman (Bahasa Inggris)
Kado Hari Jadi ( 2008 ), 90 menit. Sutradara : Paul Agusta (Bahasa Indonesia dengan teks Bahasa Inggris ) Sutradara, pemain dan kru akan hadir
Lucky 7 (2007), 83 menit. Sutradara : Directors : Sun Koh / K Rajagopal / Boo Junfeng / Brian Gothong Tan / Chew Tze Chuan / Ho Tzu Nyen / Tania Sng Sutradara (Sun Koh) akan hadir
Dua Sisi (2007), 40 menit. Sutradara : Mochamad Faisal & Retiara Haswidya Nasution (Bahasa Indonesia) Sutradara akan hadir
Opera Tikus Got (2007), 55 menit. Sutradara : Santosa Amin (Bahasa Inggris dengan teks Inggris) Sutradara dan pemain akan hadir
Red Without Blue (2007), 77 menit. Sutradara : Brooke Sebold / Benita Sills / Todd Sills (Bahasa Inggris)
Tote Schwule – Lebende Lesben ( 2008 ), 87 menit. Sutradara : Rosa von Praunheim (Bahasa Jerman dengan teks Inggris)
Kartini Bernyawa 9 (2007), 20 menit. Sutradara : Ucu Agustin (Bahasa Indonesia dengan teks Inggris)
Kematian di Jakarta (2006), 22 menit. Sutradara : Ucu Agustin (Bahasa Indonesia dengan teks Inggris)
Perempuan :Kisah Dalam Guntingan (2007), 57 menit. Sutradara : Ucu Agustin (Bahasa Indonesia dengan teks Inggris)
Yang Belum Usai ( 2008 ), 10 menit. Sutradara : Ucu Agustin (Bahasa Indonesia dengan teks Inggris)
Barbara (2007) 10 menit. Sutradara : Carlos Gradim (Bahasa Portugis dengan teks Inggris)
Donny & Ginger (2007) 10 menit. Sutradara : Jon Bush (Bahasa Inggris)
Eternal Flame (2007) 3menit. Sutradara : Leah Meyerhoff (Bahasa Inggris)
Pink Mirror (2004) 40menit. Sutradara : Sridhar Rangayan (Bahasa Hindi dengan teks Inggris)
Prada Handbag (2007) 21 menit. Sutradara : Stuart Vauvert (Bahasa Inggris)
Small Town Boy (2007) 13 menit. Sutradara : Moby Longinotto (Bahasa Inggris)
TeamQueen (2007) 4 menit. Sutradara : Leah Meyerhoff (Bahasa Inggris)
Metamorfosis ( 2008 ) 3 menit. Sutradara : Nicky Andrian (Bahasa Indonesia) Sutradara akan hadir
Nineteen : The Lives of Jakarta ‘Street Vendors’ ( 2008 ) 15 menit. Sutradara : Josh Estey, Dian Estey (Bahasa Indonesia) Sutradara akan hadir
Pesona Shannu ( 2008 ) 21 menit. Sutradara : Sardjono Sigit (Bahasa Indonesia)
Sarung Petarung (2007) 16 menit. Sutradara : Jason Iskandar & M. Adhiarta Kusuma (Bahasa Indonesia) Sutradara akan hadir
Hoolahoop Sounding ( 2008 ) 7 menit. Sutradara : Edwin (Bahasa Indonesia dengan teks Inggris) Sutradara akan hadir
Tentang Dji ( 2008 ) 28 menit. Sutrdara : Nitta Nazyra C. Noer (Bahasa Indonesia) Sutrdara, pemain dan kru akan hadir
41 Seconds (2006) 4 menit. Sutradara : Tobias Martin (Bahasa Jerman dengan teks Inggris)
A Lesson in Biology (2007) 22 menit. Sutradara : Keno Rider (Bahasa Inggris)
Just (2007) 10 menit. Sutradara : David Maurice Gill
Love Me Yesterday ( 2008 ) 7 menit. Sutradara : Wesley Leon Aroozoo
Pass (2007) 13 menit. Sutradara : Vicente Gracia Groyon
The Infidel (2007) 20 menit. Sutradara : Rosswil H. Hilario (Bahasa Tagalog dengan teks Inggris)
Wounds (2007) 6 menit. Sutrdara : Doris Yeung (Bahasa Inggris dengan teks Inggris)
Wrestling (2007) 20 menit. Sutradara : Grimur Hakornason (Bahasa Iceland dengan teks Inggris)
Sweet and Salty (2007) 8 menit. Sutrdara : Chico Lacerda (Bahasa Portugis dan teks Inggris)
You, Me and Him ( 2008 ) 18 menit. Sutrdara : Daniel Ribeiro (Bahasa Portugis dengan teks Inggris)
God Only Knows (2007) 17 menit. Sutradara : Mark V. Reyes (Bahasa Tagalog dengan teks Inggris)
Ready Or Not (2007) 17 menit. Sutrdara : Katherine Wilkinson (Bahasa Inggris)
The Manual (2006) 15 menit. Sutrdara : Sarah Spillane (Bahasa Inggris)
Traces ( 2008 ) 19 menit. Sutradara : Rachel Zisser (Bahasa Inggris)
Bramadero (2007) 22 menit. Sutradara : Julian Hernandez

Vivir (2003) 10 menit. Sutrdara : Julián Hernández

David (2005) 15 menit. Sutrdara : Roberto Fiesco

ACCOURTS D’ECRAN

Elles (UNTUK 15 tahun keatas)

The Drum Lesson ( 2008 ) 19 menit, Sutradara : Tumpal C. Tampubolon (Korea dengan Teks Inggris)
Seorang wanita tua mengambil kursus drum agar dapat berpartisipasi dalam band gerejanya. Guru drumnya adalah seorang anak muda yang beragama dan bertuhankan musik Heavy Metal.
Rosa (2005) 23 menit , Sutradara : Blandine Lenoir (Prancis dengan teks Inggris)
“Rosa sayang, ini bukan salahmu. Tapi kamu dapat lihat sendiri kalau kita bekerja keras. Kita akan menemukan perempuan tua yang baik untuk mengurus dirimu”.
Sugiharti Halim ( 2008 ) 10 menit, Sutradara : Ariani Darmawan
Apa arti sebuah nama? Bagi Sugiharti Halim, nama memiliki sebuah sejarah yang panjang. Kadang dituturkan dengan cara yang kocak, namun juga menyimpan banyak kepedihan.
Mencari Narasi (UNTUK 15 tahun keatas) Programer : Veronica K
Cerita menjadi persoalan penting para pembuat film muda di Indonesia. Film-film yang dibuat mahasiswa film Institut Kesenian Jakarta mencerminkan pencarian bentuk cerita dan tema.
Karna Tanding Jalu (2007) 20 menit, (Indonesia dengan teks inggris)
Bharatayudha akhir dari perselisihan Pandawa dan Kurawa. Karna, panglima perang dari Kurawa berhadapan dengan Arjuna, salah satu dari Pandawa. Mereka berdua adalah saudara sedarah dari Dewi Kunti. Karna yang mengetahuinya menjadi bimbang apakah ia akan tetap pada sumpah setia pada Kurawa atau berbalik membela Pandawa, demi bakti pada ibunya, Dewi Kunti?
Ganco Cola ( 2008 ) 13 menit, Sutradara : Erik Wirawan
Seorang pemulung tua yang tersiksa setiap makan karena giginya sudah ompong sedangkan harga gigi palsu mahal, maka ia butuh uang untuk dapat membelinya.
Akhir! ( 2008 ) 8 menit, Sutradara : Winaldo Artaraya Swastia
Rasa, seorang pemimpin preman parkir hidup dalam kemelaratan. Ia sering mengalami bentrokan dengan geng lawan pimpinan Borok yang hendak merebut lahan parkir Rasa. Pertengkaran ini mengakibatkan Bang Agung, teman baik yang dianggap kakak oleh Rasa, terseret dalam perselisihan mereka dan tewas.
Daun Terus Melayang ( 2008 ) 22 menit, Sutradara : Rahabi Mandra (Indonesia dengan teks Inggris)
Sebuah film pendek yang mengusung keindahan, bercerita tentang Trisna, seorang anak laki-laki unik yang berhadapan dengan sebuah dilema, ketika ia mencoba menyampaikan perasaan sukanya kepada seorang guru.
Aku Sayang Markus (2007) 10 menit, Sutradara : Danial Rifki
Markus mengidap HIV sejak lahir. Teman serta sekolah menjauhinya. Hanya Ajeng yang tulus berteman dengannya.

Intensitas (UNTUK 15 tahun Keatas)
3 film dokumenter serta 1 mockumentary yang menghadirkan intensitas cerita serta tokoh didalamnya.

Leng Apa Jengger ( 2008 ) 23 menit, Sutradara : Sihar Sinomae (Banyumasan dengan teks Indonesia)
Satu waktu, di Banyumas, Jawa Tengah, tradisi telah merubah takdir para lelaki menjadi ratu yang paling cantik ditengah para perempuan. Sedari belia, para lelaki terpilih di didik untuk menjadi penari lengger. Film ini merekam pengalaman pribadi Sadam, bocah lelaki yang setelah dewasa menjadi penari lengger terkenal bernama Dariah.
Detail, Roman Opalka (1986) 26 menit, Dokumenter (Prancis dengan teks Inggris)
Roman Opalka, pelukis yang mecoba menggambar waktu. Ia menjelaskan prosesnya yang sangat intens, hingga saat ia mencapai angka 4.000.000
Sekolah Kami, Hidup Kami ( 2008 ) 12 menit, Sutradara : Steven Pillar Setiabudi (Indonesia dengan teks Inggris)
Perjuangan sekelompok SMU 3 Solo dalam mengungkapkan praktik korupsi di sekolah mereka. Dengan persiapan matang dan sistematis, mereka berhasil mengumpulkan bukti-bukti praktek korupsi yang diduga melibatkan wakil Kepala Sekolah mereka.
Lost Teman (2007) 17 menit, The Jakarta Team (Prancis dengan teks Inggris)
Seorang botanis Prancis yang terkenal hilang di Jakarta. Reporter TV special mengadakan investigasi dengan berkeliling kota Jakarta.
Clermont Ferrand Film Festival (UNTUK 15 tahun Keatas) Programer : Laurent Crouzeix
Hoy no Estoy, 8 menit, Sutradara : Gustavo Taretto
Suatu hari Martin ingin menghilang. Ia tidak ingin terlihat sama sekali. Benarkah?
Le Silence des machines, 8 menit, Sutradara : Paul Calori, Kostia Testut (Prancis dengan teks Inggris)
Para pekerja “Fil de Soie Inc” mengalami shock: mesin manufaktur untuk pakaian dalam perempuan menghilang, ke sebuah negri dimana pekerja dibayar sangat murah. Marc dan para pekerjanya memutuskan satu hal; lawan!
Do-it-yourself, 12 menit, Sutradara : Eric Ledune (Prancis dengan teks Inggris)
“If you don’t violate someone’s human rights some of the time, you probably aren’t doing your job.” Washington Post – December 26, 2002
Camera Obscura, 7 menit, Sutradara : Matthieu Buchalski, Jean-Michel Drechsler, Thierry Onillon
Buta mengenakan sebuah hel, untuk melihat apa yang ia tidak bisa lihat
Plot Point, 15 menit, Sutradara : Nicolas Provost
Ini adalah dareah kekuasaan polisi New York, dengan sirine yang mengaum, seragam, ambulans, dan jalanan yang sesak. Kita sangat akrab dengan bahasa film yang dapat membuat kenyataan hilang sama sekali.
La Saint Festin, 15 menit, Sutradara : Anne-Laure Daffis, Léo Marchand (Prancis dengan teks Inggris)
Hore! Besok adalah November ke-40. ini adalah Saint Feast day, perayaan besar Ogres. Jadi bila kamu belum menangkap seorang anak pun, cepatlah…selamat berburu!
Tony Zoreil, 20 menit, Sutradara : Valentin Potier (Prancis dengan teks Inggris)
Tony, lajang berumur 28 tahun yang memiliki telinga amat besar dan sensitive pada suara, seperti seluruh anggota keluarganya.

Air (UNTUK 15 Tahun Keatas)
Air, sesuatu yang selalu kita anggap tidak akan pernah habis. Benarkah?

Printemps, (1997) 19 menit, Sutradara : Valdes Navasaitis
Kehidupan unik di Klaipeda, Lithuania. Setiap tahun ketika salju mulai mencair, air menggenangi seluruh area. Ini bukan sebuah bencana, tidak lebih dari tanda mulainya musim semi.
Mata Air Mata ( 2008 ), 15 menit, Sutradara :Shalahuddin Siregar (Indonesia denga teks Inggris)
Pada masa pemerintahan Suharto, hutan di wilayah gunung Merbabu ditebang lalu diganti dengan pinus. Sejak itu warga desa Genikan, yang tinggal bersebelahan dengan hutan kehilangan sumber mata air.
Punggung Berkeringat di Tanah Yang Retak (Ngobrol dengan Mbok Giyem) (2007), 20 menit, Sutradara : M. Toha Nuhson Hajji (Indonesia dengan teks Inggris)
Kekeringan itu mendatangi warga desa Bladi, Juwangi, Boyolali, pada setiap tahun. Mbok Giyem menghabiskan waktu 5 jam dalam sehari untuk mengambil air dari dasar sungai yang telah mengering. Sungai Kangkung adalah catatan penting bagi biografi perempuan Blado.
Le Village des brumes (1996), 12 menit, Sutradara : Nina Beliaeva & Georges Trivino (Cile dengan teks Inggris) Di Chungungo, Chile, hujan tidak pernah turun dan mata air tidak dapat ditemukan. Para penduduk desa menemukan sumber air lainnya; kabut.

Film Animasi Anak (Segala Umur)
Kumpulan film animasi yang akan membawa imajinasi kita ke masa kanak-kanak. (Orang Dewasa Dilarang Datang Tanpa Ditemani Anak-anak)

Terres des Enfants (1997), 13 menit,Sutradara :Nicholas Bellanger, François Vogel
Di sebuah sekolah di Caledonia dan Taman kanak-kanak di Paris, anak-anak menjadi penulis cerita. Karya mereka dikumpulkan, dibuat animasi dengan musik dan hasilnya adalah 3 film animasi pendek yang sangat memukau. Dibuat dan untuk anak-anak.
Mystère (Kompilasi)
Le Petit Chaperon Rouge (1997), 5 menit, Sutradara : Thierry Bravais, Mac Guff Ligne
Sebuah buku gambar terbuka. Titik dan lingkaran datang. Musik dan sebuah garis merah mengikuti.
Le Moine et le Poisson (1995), 7 menit, Sutradara : Michaël Dudok de Wit
Suatu hari, seorang pendeta menemukan ikan kecil di dekat biara. Ia ingin menangkapnya, tetapi bagaimana caranya?
Le Prince des joyaux (1994), 13 menit, Sutradara : Michel Ocelot (Prancis dengan teks Inggris)
Seorang putri Persia bermain harpa diterang bulan. Seorang pemuda menyaksikannya, sedangkan seekor elang raksasa mencuri perhiasan batu berharga yang disenangi Shah, si pemilik istana.
L’Enfant au grelot, 26 menit, Sutradara : Jacques Rémy Girerd|Inggris
Charlie selalu membawa sebuah lonceng kecil yang dibawanya ketika ia ditemukan disebuah hutan oleh seorang tukang pos…

Dialog (UNTUK15 Tahun Keatas)
Dialog, pertukaran informasi yang sringkali menghasilkan manipulasi.

Petung ( 2008 ), 4 menit, Sutradara : Gading Suryadmaja (Jawa dengan teks Indonesia)
Kisah pilu seseorang yang ingin melepas benda kesayangannya. Penuh dengan dilema. Kalah Menang (2005), 8 menit, Sutradara : Doni Prasetyo (Indonesia dengan teks Inggris) Mana yang lebih cepat? Utara? Selatan? Pastinya, yang kalah harus menanggung akibatnya.
Psy Show (1998), 19 menit, Sutradara : Marina de Van (Prancis dengan teks Inggris)
Seorang psikiater menganalisa pasiennya. Manipulasi terjadi. Siapakah yang gila?
Shabbat Night Fever (1997) 10 menit, Sutradara : Vincent Cassel (Prancis dengan teks Inggris)
Sebuah malam yang aneh. Jangan pernah macam-macam dengan seorang Rabi.
Setengah Sendok The (2007) 18 menit, Sutradara : Ifa Isfansyah (Indonesia dengan teks Inggris)
Seorang istri yang sangat mencintai suaminya. Setiap hari ia membuatkan secangkir kopi untuk sang suami, meski si suami tak pernah menyukai racikannya.
The Anniversary (2006), 12 menit , Sutradara : Ariani Darmawan (Indonesia dengan teks Inggris)
Potret muram hubungan suami-istri yang digambarkan lewat hari pernikahan mereka dengan seting sebuah lift.
The Ball of Wool (2005), 14 menit, Sutradara : Fatma Zohra Zamoum (Indonesia dengan teks Inggris)
Diawal tahun 70an, Mohammed membawa Fatima dan 2 anaknya untuk tinggal di suburb Prancis. Setiap Mohammed berangkat kerja, Fatima serta kedua anaknya dikunci didalam apartemen mereka.

Advertisements

About this entry