Jadual Program Kineforum bulan November 2008

cover leaflet kf nov08

Ketemu Lagi, Ini Kali Lebih Dekat!

DOWNLOAD Jadwal Program Kineforum bulan November 2008 *pdf

Sesudah lebih dari delapan minggu kineforum berhenti menjalankan program, kita akan segera ketemu lagi! Mulai bulan ini kineforum mengajak para pembuat film dan penggemar film untuk ikut menjaga kelangsungan ruang pertemuan ini.

Belajar dari keterlambatan dana Anggaran Pengeluaran dan Belanja Daerah DKI Jakarta yang membuat pertemuan kita di kineforum terhambat, kami ingin pelan-pelan lebih mendekatkan diri kepada penonton dan menguatkan dukungan publik penonton terhadap kineforum. Pada Agustus lalu lampu proyektor digital kineforum dibeli sepenuhnya dengan dana hasil donasi penonton. Dengan bangga dan rasa terimakasih yang besar, kami mengakui besarnya arti dukungan publik. Tanpa publik penonton kami tentu bukan apa-apa!

Pada bulan ini kami kedatangan film Babi Buta Ingin Terbang, film panjang perdana Edwin – sutradara film pendek Indonesia pertama yang menghadirkan karyanya di Cannes Film Festival 2005. Film ini baru saja menjalani pemutaran perdana internasionalnya di Pusan International Film Festival pada Oktober lalu.

Edwin dan babibuta film memulai inisiatif pembuat film untuk mendukung program Publik untuk Ruang Publik di kineforum. Program Publik untuk Ruang Publik adalah dilakukan untuk menjaga keberlanjutan kegiatan kineforum sebagai ruang pertemuan film dan video dengan publiknya.

Selain itu, sejak awal 2008, kineforum kembali kedatangan program First Timers dari Indonesia dan Swedia. Program kali ini akan memutarkan film-film kelulusan dari berbagai jenjang studi film, tempat kita melihat pencapaian pembuat film baik dari segi kreatif maupun teknis.

Pada pertengahan bulan, dengan bangga kami ikut menjadi tuan rumah Festival Film Pendek Konfiden 2008 (FFPK 2008). Festival ketiga dari Yayasan Konfiden adalah kompetisi film pendek Indonesia yang paling ditunggu setiap tahunnya. Lewat festival ini kita ikut mengalami tahun demi tahun perkembangan film pendek Indonesia.

Pada akhir bulan, kineforum bekerjasama dengan CCF dan Komnas Perempuan memperingati 60 tahun disahkannya Deklarasi Hak Asasi Manusia oleh Parlemen Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 10 Desember 1948 dan Bulan Film Dokumenter Prancis yang ke-9. Kita akan menyaksikan para pembuat film membicarakan persoalan HAM dari perspektif Eropa – Asia – Afrika – Amerika, perspektif perempuan – lelaki, perspektif anak – dewasa. Peringatan ini juga bersamaan dengan Kampanye 16 Hari Komnas Perempuan untuk mengakhiri kekerasan terhadap perempuan.

Senang ketemu lagi, selamat menonton dan berdiskusi di kineforum!

Klik di sini untuk membaca sinopsis film.


About this entry