Youth New Wave @ Kineforum Juli ’09

Youth New Wave (6-16 Juli 2009)

Program ini adalah semacam oleh-oleh dari dua orang Indonesia (Lulu Ratna dan Gotot Prakosa) yang menjadi juri festival film pendek internasional Youth New Wave di Kolombo Sri Lanka. Mereka bukan saja membawakan film-film dari festival itu, tapi juga akan mempresentasikan A Door, film pendek yang dibuat oleh Gotot Prakosa di sana.

The Miracle, DVD, 11 menit, Subtitle B Inggris, sutradara: Dinuksha Wattegama UNTUK 15 TAHUN KEATAS

Seorang perawat yang pindah tugaskan dari Sri Lanka ke Tamil untuk merawat orang-orang yang sekarat akibat tumor otak. Ketika perang melanda Sri Lanka perawat tersebut merasakan dorongan untuk kembali kekotanya dan ikut turut membantu. Sebelum kepulangannya perawat tersebut menghadapi keraguan karena tidak memiliki perasaan untuk membunuh orang lain. Sebagai seorang perawat ia harus tegar untuk menghadapi segala masalah.

lost a d f Lost and Found, DVD, 30 menit, Subtitle B Inggris, sutradara: H. G. Kulkarni, UNTUK 15 TAHUN KEATAS

Perjalanan dari sebuah botol selama satu abad yang berawal dari Inggris dan akhirnya ditemukan di India, Film ini mengisahkan tentang perjalanan orang-orang yang menemukan botol tersebut dari cerita tentang cinta dan juga kehidupan sehari-hari.

The Cabin Man, DVD, 7 menit, Subtitle B Inggris, UNTUK 15 TAHUN KEATAS

Kita semua berada dalam tergesa-gesa untuk menggapai mimpi kita dan memenuhi segala keinginan dalam waktu bersamaan. Pada akhirnya kita menemukan bahwa waktu berlari lebih cepat meninggalkan kita

say chees Say Cheese, DVD, 90 detik, Subtitle B Inggris, sutradara: Vijay S. Jodha UNTUK 15 TAHUN KEATAS

Pada perkembangnya teknologi untuk memproduksi sebuah gambar terus berubah setiap harinya, dari bagian yang berada didepan kamera yang selalu memiliki arti dan selalu melekat pada peraturan dan telah ada pada sebelumnya

tales from the margins Tales From The Margins, Dokumenter, DVD, 23 menit, Subtitle B Inggris, sutradara: Kavitha Joshi UNTUK 18 TAHUN KEATAS

12 wanita menanggalkan bajunya didepan umum ketika sedang protes di jalan Manipur. Berdiri diluar dari barisan tentara dan berteriak “ Tentara India telah memperkosa kita”. Setelah 8 tahun beberapa wanita muda telah di mengalami kehancuran dalam memperjuangkan keadilan.

Forgive! Forget Not!, Dokumenter, DVD, 28 menit, Subtitle B Inggris, sutradara: Pranay Limbu UNTUK 15 TAHUN KEATAS

Menceritakan tentang seorang jurnalis Nepal yang mengambil gambar tentang Tentara Bhairavnath yang terkenal dengan kejahatannya untuk menculik,  menyiksa, dan membunuh dari Maoist Cadres, journalist, dan juga warga yang tidak bersalah. Diceritakan oleh seorang wartawan yang bernama Bhaikaji yang telah disandera secara tidak manusiawi dan kedua matanya ditutup selama 15 bulan

Vasudev, Dokumenter, DVD, Subtitle B Inggris, sutradara: Rivu Laha UNTUK 15 TAHUN KEATAS

Cerita tentang kelompok Vasudeves yang berpindah dari satu desa ke desa yang lain, dari satu pintu ke pintu yang lain menyanyikan lagu nostalgia yang memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya dan menjadikannya sebuah objek dalam sebuah pertunjukan.

The Augury, Drama, DVD, 9 menit, Subtitle B Inggris, sutradara: Thisara Thulwan UNTUK 15 TAHUN KEATAS

Seorang anak muda yang ingin tahu apa siapa yang membuat suara aneh dirumahnya setiap pagi. Ketika ia bangun dan menuju kamar mandi untuk bersiap-siap pergi terdengar suara-suara aneh.

Ipadeema Waradakda (Error and Born), Drama, DVD, 11 menit, Subtitle B Inggris, sutradara: Dewaka Pahalawatta UNTUK 15 TAHUN KEATAS

Masa depannya telah hancur akibat dari masa lalu yang telah dilakukannya, dan masa depannya tidak pasti. Hence lahir adalah sebuah kesalahan, merupakan sebuah akibat dari masa lalunya.

Touch, Drama, DVD, 7 menit, Subtitle B Inggris, sutradara: P.W. S. Pushpakumara UNTUK 15 TAHUN KEATAS

Seorang tentara yang cacat, kehilangan kedua tangannya ketika sedang berperang. Sekarang tinggal bersama istri mudanya dan anaknya yang berumur 12 tahun. Tentara tersebut tidak dapat memegang istri dan anaknya dengan menggunakan tangannya sendiri. Sementara istri dan anaknya frustasi karena tidak dapat merasakan tangan dari tentara tersebut.

road 2 city Road to City, Dokumenter, DVD, 10 menit, Subtitle B Inggris, sutradara: R Warnakulasooriya UNTUK 15 TAHUN KEATAS

Sebuah kereta api yang melakukan perjalan di mulai dari pedalaman pedesaan. Kereta api tersebut melewati petani yang sedang bekerja, kegiatan masyarakat, hutan, pedesaan dan akhirnya menurunkan penumpangnya di kota.

A Door (2009), Dokumenter, DVD, 21 Menit, sutradara: Gotot Prakosa UNTUK 15 TAHUN KEATAS

Dedikasikan kepada cines besar ADOOR GOPALAKRISHNAN. Film pendek ini secara sepintas berupaya menekan sebuah  usaha menciptakan dunia filmnya sendiri yaitu sinema Sri Lanka dengan melihat awalnya lewat sineas India kenamaan ADOOR GOPALAKRISHNAN. Film ini seperti sebuah esay pendek tentang perfilman SRI LANKA tersebut.


About this entry