Kineforum Agustus’09

Tentang Masa Muda, Kepercayaan dan Gerak Zaman

Agustus'09_cover

DOWNLOAD jadwal pemutaran Kineforum bulan Agustus’09 *pdf

Sampai hari kelima pembukaan Agustus tahun, kami masih berperan sebagai tuan rumah Q Film Festival yang ke-8. Setelah festival berakhir, kami menampilkan dua karya pertama dari dua orang sutradara. Program yang kami mulai sejak September 2007 ini mulai banyak diminati oleh para sutradara pemula dan dengan senang hati kami menyediakan ruang putar kami agar karya-karya pendatang baru ini bisa dinikmati penonton. Dalam minggu yang pertama ini kami juga menjadi tuan rumah bagi acara diskusi website kritik Rumah Film yang akan membahas dengan rinci Eliana, Eliana karya Riri Riza.

Sepanjang bulan ini juga, lewat karya-karya yang berbeda kami kembali memilih fokus dunia masa muda: dunia remaja dan anak-anak. Mungkin tidak banyak di antara kita yang tahu bahwa tanggal 12 Agustus ditetapkan sebagai Hari Pemuda Internasional. Dua film cerita dan satu film dokumenter dari Jerman memperkenalkan kita kepada dunia anak-anak yang kompleks dan penuh dengan pilihan-pilihan yang penting. Pada pertengahan dan akhir bulan, para remaja dari tiga SMU di Jakarta berkumpul untuk menyaksikan karya-karya yang mereka hasilkan dalam Tawuran Festival Film Pendek Pelajar 2009.

Pada program World Cinema Features bulan ini, kami menyajikan satu bagian khusus yang terdiri dari film-film dengan tema Islam hasil karya pembuat film Indonesia. Kedatangan bulan Ramadhan dan lingkungan sekitar kita yang masih dipenuhi kabar dan gosip soal bom bunuh diri membuat kami ingin mengajak melihat kembali agama Islam dalam masyarakat kita. Kami menyajikan satu judul dari dekade 1980-an dan judul-judul lain dari kurun 5-6 tahun lalu. Mari kita lihat bagaimana Islam dan masyarakat kita tumbuh bersama dan berubah. Bagian ini juga kami lengkapi dengan satu kompilasi film-film pendek tentang bagaimana orang-orang yang berbeda latar belakang memilih dan mengamalkan kepercayaan.

Selain itu kami juga memutarkan 2 judul film dari Cuba, pilihan Klub Kajian Film IKJ. Kalau disandingkan, dua film ini datang dari periode yang terpaut 40 tahun lamanya. Kita jarang sekali bisa menonton film dari Kuba, kali ini kita bahkan bisa melihat wajahnya kini dan dari masa lalu.

Selamat menonton dan berdiskusi di kineforum!

Q Film Festival

Pleasure Factory

Pleasure Factory, 85 menit, DVD, B. Inggris, Mandarin, Tagalog, Cantonese / Subtitel B. Inggris. Sutradara: Ekachai Uengkrothai. UNTUK 21 TAHUN KE ATAS

Menceritakan dongeng para pencari kesenangan di are Geylang, yang dikenal sebagai red-light district di Singapura. Seorang lelaki yang kehilangan keperjakaannya, gadis kecil yang ’dipaksa’ dewasa dan pelacur tua yang ingin kembali ke masa lalu dengan membeli seorang pengamen.

Pusan International Film Festival, Montreal World Film Festival

3-Day Weekend

3-Day Weekend (2007), 84 menit, DVD, B. Inggris. Sutradara: Rob Williams. UNTUK 17 TAHUN KE ATAS

Apa yang biasanya Anda lakukan tiap long weekend? Berlibur dengan pasangan sambil berusaha menyalakan kembali api cinta? Bagaimana bila ada bumbu cerita lain dan kehadiran orang ketiga? Apakah hubungan yang sudah lama terjalin bisa bertahan?

Philadelphia International Gay & Lesbian Film Festival

Flood

Flooding In The Time of Drought (2009), 92 menit, DVD, B Jepang, Korea, Mandarin, Thailand, Indonesia, Malaysia / Subtitel B. Inggris. Sutradara: Sherman Ong. UNTUK 17 TAHUN KE ATAS

Jakarta banjir, itu sudah biasa. Singapura banjir? Mungkin jadi tidak biasa karena dalam film yang menggabungkan teknik dokumenter dan fiksi ini, penuh dengan cerita manis para penduduk asing di tengah derasnya air yang mengalir.

Hong Kong International Film Festival

Girl Inside

Girl Inside (2007), 70 menit, Subtitel B. Inggris. Sutradara : Maya Gallus. UNTUK 21 TAHUN KE ATAS

Mengikuti perjalanan Madison selama 3 tahun dalam mewujudkan impiannya untuk menjadi perempuan dan percakapan-percakapan unik dengan sang nenek. Sebuah eksploraso pencarian arti menjadi seorang perempuan sejati

ME MYSELF 4

Me… My Self (Koh Hai Rak Jong Jaroen), (2007), 117 menit, B Thailand / Subtitel B. Inggris. Sutradara: Pongpat Wachirabunjong. UNTUK 17 TAHUN KE ATAS

Segala sesuatu mulai dari perasaan, pikiran dan keputusan yang kita ambil adalah milik kita sesungguhnya. Film ini menunjukkan bahwa cinta, apapun bentuknya, tetap sesuatu yang berarti tanpa mempedulikan darimana asal kita atau siapapun yang kita cintai.

SOUL MAID 5

Soul Maid (2008), 95 menit, B. Inggris. Sutradara: Jeff Maccubbin, Jeffrey McHale, dan Mohr and Joe Steiff. UNTUK 17 TAHUN KE ATAS

Sebuah dongeng dunia modern yang romantis, lucu tak tertahankan dan juga politically incorrect, yang terinspirasi dari kisah Si Putri Tidur. Tentang pahlawan yang ‘penyakitan’, seorang dewi yang tak biasa, seorang kekasih dan seorang pendeta.

Age of Innocence 1

The Age of Innocence (1993), 139 menit, B. Inggris. Sutradara: Martin Scorsese. UNTUK 17 TAHUN KE ATAS

Newland Archer bertunangan dengan May Welland. Namun kehadiran Countess Olenska memberikan warna baru tersendiri dalam hidupnya. Sebuah kisah cinta yang menggugah dan memberi arti baru pada kata ‘perselingkuhan’. Film ini terpilih secara khusus dalam Q!FilmFestival 2009 sebagai bagian dari section fashionably queer.

The Fifth Elementh (Remastered) Blu-Ray

The Fifth Element (1997), 126 menit, B. Inggris. Sutradara: Luc Besson. UNTUK 17 TAHUN KE ATAS

Konon setiap lima tahun sekali, seorang ‘Penjahat Nomor Satu’ akan muncul ke permukaan bumi dan berusaha menghancurkan kehidupan. Namun Mondoshawan, seekor alien, kembali ke masa lalu untuk membinasakan senjata yang bisa mengancam kehidupan ‘Penjahat Nomor
Satu’.

irma_vep1

Ima Vep (1997), 99 menit, B. Inggris. Sutradara: Olivier Assayas. UNTUK 17 TAHUN KE ATAS

Bercerita tentang kehidupan seorang sutradara René Vidal (Jean-Pierre Léaud) yang membuat re-make film bisu klasik Les Vampires. Maggie Cheung berperan sebagai dirinya sendiri, dimana ia ikut casting sebagai Irma Vep. Namun di saat bersamaan Maggie Cheung bertemu dengan Zoe (Nathalie Richard), penjahat licik yang menyamar sebagai Irma Vep untuk merampok.

HOME MADE :
Kuda Laut
(2009), 25 menit, B. Indonesia. Sutradara: Shalahuddin Siregar. UNTUK 21 TAHUN KE ATAS

Kuda Laut adalah sebuah cerita tentang bagaimana dua orang harus berhadapan dengan konstruksi masyarakat tentang orientasi seksual dan pernikahan dan harus menyerah pada konstruksi itu.

Nolelty Lead (2009) 57 menit, B. Indonesia / Subtitel B. Inggris. Sutradara: Hernandes Saranella. UNTUK 17 TAHUN KE ATAS

Setelah sering beradu pendapat dengan ayahnya, Sena memutuskan untuk meninggalkan keluarganya dan mewujudkan impiannya untuk menjadi seorang waria dan manusia sesungguhnya. Demi membeli rumah baru, dia pun memulai bab baru kehidupannya dengan bekerja di sebuah salon.

Scent (2009), 5 menit, B. Inggris. Sutradara: David Maurice Gill. UNTUK 17 TAHUN KE ATAS

Kisah seorang lelaki yang memberikan perhatian penuh pada segala macam aroma yang tersebar di setiap sudut kota dan berharap membawanya kembali pada kenangan akan aroma tubuh kekasihnya yang hilang.

San Fransico LGBT, OutFest

Marie! (2004), 8 menit, B. Indonesia. Sutradara: Lucky Kuswandi. UNTUK 17 TAHUN KE ATAS

Seorang perempuan eksentrik bernama Marie membutuhkan seorang lelaki pujaan dan selalu membayangkan kehidupannya di masa depan dengan lelaki tersebut, tanpa bertindak apapun. Namun di satu hari, dia harus memutuskan untuk berhadapan dengan kenyataan atau tetap tinggal mengejar impian.

10 minute Short Film festival Taiwan 2005

World Cinema Features

Las aventuras de Juan Quin Quin (1967), Komedi, DVD, 113 menit, Hitam-Putih, B. Spanyol / Subtitel B. Inggris. Sutradara : Julio García Espinosa. Pemain : Julio Martines, Erdwin Fernandez, Adelaida Raymat, dan Enrique Santiesteban. UNTUK 15 TAHUN KE ATAS

Ini adalah cerita jenaka tentang Juan Quin Quin, seorang petani miskin yang hidup di Kuba pada masa pra-revolusi. Meski demikian, ia juga bekerja di sirkus, petarung banteng, dan bahkan berperan sebagai Kristus dalam kelompok teater keliling. Ia kemudian bergabung dengan revolusi.

Paginas del diario de Mauricio (2006), Drama, DVD, 135 menit, B. Spanyol / Subtitel B. Inggris. Sutradara: Manuel Pérez Paredes. Pemain: Blanca Rosa Blanco, Carlos Enrique Almirante dan Enrique Molina. UNTUK 18 TAHUN KE ATAS

Havana, suatu hari di bulan September 2000. Pertandingan Olimpiade akan dilaksanakan di Sidney. Mauricio berulang tahun yang ke-60. Seorang laki-laki, sendiri dan patah hati karena kematian istrinya yang tiba-tiba. Cerita disampaikan sebagai serangkaian masa lalu. Dua belas tahun terakhir kehidupannya. Dimensi individual dikombinasikan dengan konteks sosial Kuba di akhir abad 20. Sebuah dekade yang ditandai dengan perubahan sosial, politik dan ekonomi yang melahirkan etik dan dasar bagi kelahiran generasi baru, generasi yang memasuki milenium baru di Kuba.

Mondscheinkinder

Mondscheinkinder (Children of the Moon) (2006), Drama, 87 menit, DVD, B. Jerman / Subtitel B. Indonesia. Sutradara: Manuela Stacke. Pemain: Leonie Krahl, Lucas Calmus, Lucas Hardt, dan Walter Kreye. UNTUK 12 TAHUN KE ATAS

Paul ingin sekali menjadi seorang astronot. Hal tersebut merupakan salah satu permainan kesukaannya. Kakak perempuan paul, Lisa selalu menjadi assistant di luar angkasa dalam setiap permainan. Lisa bertemu dengan Simon yang juga ikut bermain dengannya. Tetapi ketika kesehatan paul tidak baik, mereka membutuhkan pertolongan paul dalam melanjutkan permainan tersebut.

Kroko

Kroko (2003), Drama, 92 menit, DVD, B. Jerman / Subtitel B. Inggris. Sutradara: Sylke Enders. Pemain: Franziska Junger, Alexander Lange, Hinnerk Schonemann, dan Danilo Bauer. UNTUK 15 TAHUN KE ATAS

Julia gadis berumur 16 tahun, dia memanggil dirinya dengan sebutan Kroko. Hidupnya bergantung dari teman-teman, dari mengunjungi diskotik lokal, dan terkadang melakukan perampokan bersama teman-temannya. Dirumah, Kroko meneror ibunya dengan beberapa kebodohannya. Kroko berusaha untuk keluar dari pola kehidupannya yang sekarang yang sering mengkonsumsi alkohol, dan kebodohan ibunya dalam mengatasi kedua anaknya.

ISLAM INDONESIA : DULU dan SEKARANG

perempuanberkalungsorban

Perempuan Berkalung Sorban (2009), Drama, 135 menit , 35mm, B. Indonesia. Sutradara: Hanung Bramantyo. Pemain : Revalina S Temat, Joshua Pandelaki, Widyawati, dan Oka Antara. UNTUK 15 TAHUN KE ATAS

Sebuah kisah pengorban anak seorang anak kyai Salafiah, Anissa. Seorang perempuan dengan pendirian kuat, cantik dan cerdas. Anissa hidup dalam lingkungan keluarga kyai di pesantren Salafiah putri Al Huda, Jawa Timur yang konservatif. Baginya ilmu sejati dan benar hanyalah Qur’an, Hadist dan Sunnah. Dalam pesantren Salafiah putri Al Huda diajarkan bagaimana menjadi seorang perempuan muslim dimana pelajaran itu membuat Anissa beranggapan bahwa Islam membela laki-laki, perempuan sangat lemah dan tidak seimbang.

Titian Serambut Dibelah Tujuh (1982),Drama, DVD, B. Indonesia. Sutradara: Chaerul Umam. Pemain: Dewi Irawan, El Manik, Soultan Saladin, dan Rachmat Hidayat UNTUK 15 TAHUN KE ATAS

Seorang guru muda mencoba menentang cara berpikir dan sistem pendidikan kolot. Tantangan datang dari guru lama, juga dari godaan istri guru itu yang menebar memfitnahnya.

3doa-3-cinta

3 Doa 3 Cinta (2008), Drama, 114 menit, 35mm, B. Indonesia. Sutradara: Nurman Hakim, pemain: Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Jajang C Noer, dan Butet Kertaradjasa. UNTUK 15 TAHUN KE ATAS

Ini cerita tentang tiga sahabat, Huda, Rian dan Syahid, tiga remaja yang tinggal di pesantren di sebuah kota kecil yang terletak di daerah Jawa Tengah. Mereka punya rencana dalam hidup mereka masing-masing setelah lulus dari pesantren dan SMA sebulan lagi. Mereka memiliki sebuah lokasi rahasia, sebuah dinding tua di belakang pesantren, di mana mereka menulis harapan-harapan mereka di dinding. Hingga sebuah situasi merubah hidup mereka.

Film ini hanya diputar satu kali pada 15 Agustus 2009, 19.30.

AKU ANAK SALEH (UNTUK SEMUA UMUR)

Salat Yuk, DVD, Drama, 30 menit. Sutradara: Adha Muawiah, pemain: Neno Warisman, Muchtar Sum, Fanny Sam, dan Irwan

Anak sejak dini. Berisi film dan peragaan salat, sehingga dapat digunakan sebagai bahan pengajaran di sekolah-sekolah dasar dan taman kanak-kanak.

Saum, Drama, DVD, 8 menit. Sutradara: Hadrah Daeng Ratu

Tentang anak 8 tahun bernama Ale yang pertama kali belajar puasa. Siang hari teman-teman sebayanya mendatangi Ale sambil makan es krim. Ale yang polos, harus mempertahankan puasanya

Buku Telpon (2003),Drama, 5menit, DVD. Sutradara: Danial Rifki, pemain: Yusuf, Wulan, dan Alan

Tiga murid SD menceritakan pengalaman paling membahagiakan dalam hidup mereka

Anak-anak Lumpur (2009), Drama, 20 menit, DVD. Sutradara: Danial Rifki, pemain: Aflachul Mukmin, Iswatul Yatima, dan Lukmanul Hakim

Kisah tentang anak-anak korban lumpur panas Lapindo, yang berjuang mempertahankan “harta” yang masih tersisa dalam hidup mereka

Aku Sayang Markus (2007), 10 menit, DVD. Sutradara: Danial Rifki, pemain: Alyssa P. Ashari, dan Jonathan Momogim

Markus menderita HIV sejak lahir. Teman dan tetangga menolak kehadirannya. Bahkan sekolah dengan sengaja mengeluarkannya. Hanya Ajeng, seorang teman sebaya, yang bisa menyayangi dia dengan tulus

First Timer

Di Atas Kanvas Cinta (2009), Drama, 95 menit, B. Indonesia. Sutradara: Damien Dematra, pemain: Syahnagra, dan Keke Ansory.
HTM Rp 10,000,-

Seorang pelukis senior, Syahnagra mengalami kebuntuan dalam berkreasi dan menyewa model muda cantik. Ternyata ia menemukan bukan hanya kreatifitasnya kembali, namun juga sebuah kepelikan cinta yang membelit sanubarinya. Cinta yang melampaui segala batas yang kemudian bermain dengan ironi.

89r

cin(T)a (2009), Drama, 79 menit, B. Indonesia / Subtitel B. Inggris. Sutradara: Sammaria Simanjutak, pemain: Sunny Soon, dan Saira Jihan –KHUSUS UNTUK UNDANGAN-

Cina dan Annisa mencintai Tuhan, dan Tuhan mencintai mereka berdua. Tetapu Cina dan Annisa tidak bisa saling mencintai karena mereka berdua memanggil nama Tuhan dengan nama yang berbeda.

Diskusi bersama Rumah Film

eliana-eliana

Eliana-eliana (2002), Drama, 83 menit, 35mm. Sutradara: Riri Riza. Pemain: Jajang C. Noer, Rachel Maryam, Henidar Amroe, dan Marcela Zaliyanty.

Eliana adalah seorang wanita muda yang hubungannya tidak akur dengan ibunya sejak Eliana menyakiti sekaligus mempermalukan perasaan ibunya saat Eliana kabur ke Jakarta pada hari pernikahannya lima tahun silam. Ketika dia pulang ke rumah setelah kehilangan pekerjaannya, tiba-tiba dia menemukan ibunya sudah ada di rumah kontrakannya. Pada saat yang bersamaan mereka menyadari bahwa teman sekontrakan Eliana, Heni telah menghilang.

Diskusi bersama : Ekky Imanjaya
Moderator : Hikmat Darmawan (editor rumahfilm.org)

World Documentary

The Villa, Dokumenter, DVD, 83 menit, B. Jerman/Subtitel B. Inggris. Sutradara: Calle Overweg. UNTUK 12 TAHUN KE ATAS

The Villa adalah asrama anak-anak yang tidak lagi tinggal bersama orangtua mereka. Saat masuk ke asrama, mereka harus menyesuaikan diri dengan suatu keluarga besar yang baru. Seperti juga saudara, ada ketegangan dan perkelahian di antara mereka. Calle Overweg membuat film ini bersama dengan beberapa anak yang tinggal di The Villa

CROSSROAD (UNTUK 15 TAHUN KE ATAS)

School Swap – The Islamic School (2003), dokumenter, DVD, 15 menit, B. Belanda / Subtitel B. Inggris. Sutradara: Ingeborg Jansen.

Asha belajar di sekolah umum. Dia mencoba belajar di sekolah Islam selama satu minggu. Dia tadinya mengira semua anak perempuan menutup rambutnya. Tapi ternyata mereka punya pilihan yang berbeda-beda. Asha belajar dari Raheema cara memakai kerudung, dan Asha mengajari Raheema cara memanjat pohon.

Kala Lereina (2008) 14 menit, DVD. Sutradara: Kukuh Yudha Karnanta dan Kuncoro Indra.

Lereina dibesarkan dalam keluarga dengan dua kultur yang berbeda, Jawa dan Yahudi. Kedua orangtuanya juga memeluk keyakinan yang berbeda. Ayahnya yang keturunan Jawa beragama Islam, sedangkan ibunya beragama Kristen. Perbedaan ini sempat membuat Lereina bingung, namun kini ia telah menetapkan pilihannya

Indonesia Bukan Negara Islam (2009) 10 menit, DVD. Sutradara: Jason Iskandar.

Sharing dua orang siswa SMA beragama Islam yang bersekolah di sekolah Katolik tentang kebhinekaan dan keberagaman di Indonesia. Divisualisasikan dengan foto-foto hitam putih tanpa video.

Entah… (Confused) (2006) 6 menit, DVD. Sutradara: Sherin.

Sherin, remaja berdarah campuran China dan India. Sang Ayah yang berdarah China memeluk agama Budha dan Sang Ibu memeluk agama Hindu, Sherin sendiri bersekolah di sekolah Katholik. Sherin bingung untuk menentukan yang mana yang akan dia pegang sebagai keyakinannya.

Kulo Ndiko Sami (I am The Same as You Are) (2005), 18 menit, DVD, B. Indonesia. Sutradara: Gunritno, Moh Sobirin, dan Rabernir.

Film ini bercerita tentang komunitas Sikep atau Samin di wilayah Pati dan sekitarnya, dalam mempertahankan tradisi yang mereka miliki di tengah modernisasi jaman. Mereka menolak kebijakan yang melarang mereka mengisi kolom agama di KTP dengan “Adam”, suatu hal yang menimbulkan persoalan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Tawuran (UNTUK 15 TAHUN KE ATAS)

Pemutaran Hasil Workshop Tawuran Festival Film Pendek Pelajar 2009
(15-16 Agustus 2009)

TAWURAN FESTIVAL FILM PENDEK PELAJAR 2009
(28-29 Agustus 2009)

Kata “tawuran” identik dengan kekerasan yang dilakukan “keroyokan” antar kelompok anak SMA. Melalui festival ini, Yayasan Konfiden mengajak teman-teman pelajar untuk tetap “keroyokan” menyampaikan gagasan lewat film pendek. Festival tingkat pelajar ini dimulai dengan workshop produksi film pendek, yang hasilnya akan bersaing bersama film pendek lain yang ikut serta dalam kompetisi nasional. Kegiatan yang ada dalam festival ini adalah pemutaran film pendek yang lolos seleksi dalam kompetisi, dan diskusi mengenai penggunaan audio visual dalam kelas.

Selamat mengikuti dan melebur dalam dunia film pendek pelajar Indonesia!


About this entry