World Documentary -Agustus ’09-

World Documentary

DOWNLOAD jadwal pemutaran Kineforum bulan Agustus’09 *pdf

The Villa, Dokumenter, DVD, 83 menit, B. Jerman/Subtitel B. Inggris. Sutradara: Calle Overweg. UNTUK 12 TAHUN KE ATAS

The Villa adalah asrama anak-anak yang tidak lagi tinggal bersama orangtua mereka. Saat masuk ke asrama, mereka harus menyesuaikan diri dengan suatu keluarga besar yang baru. Seperti juga saudara, ada ketegangan dan perkelahian di antara mereka. Calle Overweg membuat film ini bersama dengan beberapa anak yang tinggal di The Villa

CROSSROAD -DOCUMENTARY COMPILATION- (UNTUK 15 TAHUN KE ATAS)

School Swap – The Islamic School (2003), dokumenter, DVD, 15 menit, B. Belanda / Subtitel B. Inggris. Sutradara: Ingeborg Jansen.

Asha belajar di sekolah umum. Dia mencoba belajar di sekolah Islam selama satu minggu. Dia tadinya mengira semua anak perempuan menutup rambutnya. Tapi ternyata mereka punya pilihan yang berbeda-beda. Asha belajar dari Raheema cara memakai kerudung, dan Asha mengajari Raheema cara memanjat pohon.

Kala Lereina (2008) 14 menit, DVD. Sutradara: Kukuh Yudha Karnanta dan Kuncoro Indra.

Lereina dibesarkan dalam keluarga dengan dua kultur yang berbeda, Jawa dan Yahudi. Kedua orangtuanya juga memeluk keyakinan yang berbeda. Ayahnya yang keturunan Jawa beragama Islam, sedangkan ibunya beragama Kristen. Perbedaan ini sempat membuat Lereina bingung, namun kini ia telah menetapkan pilihannya

Indonesia Bukan Negara Islam (2009) 10 menit, DVD. Sutradara: Jason Iskandar.

Sharing dua orang siswa SMA beragama Islam yang bersekolah di sekolah Katolik tentang kebhinekaan dan keberagaman di Indonesia. Divisualisasikan dengan foto-foto hitam putih tanpa video.

Entah… (Confused) (2006) 6 menit, DVD. Sutradara: Sherin.

Sherin, remaja berdarah campuran China dan India. Sang Ayah yang berdarah China memeluk agama Budha dan Sang Ibu memeluk agama Hindu, Sherin sendiri bersekolah di sekolah Katholik. Sherin bingung untuk menentukan yang mana yang akan dia pegang sebagai keyakinannya.

Kulo Ndiko Sami (I am The Same as You Are) (2005), 18 menit, DVD, B. Indonesia. Sutradara: Gunritno, Moh Sobirin, dan Rabernir.

Film ini bercerita tentang komunitas Sikep atau Samin di wilayah Pati dan sekitarnya, dalam mempertahankan tradisi yang mereka miliki di tengah modernisasi jaman. Mereka menolak kebijakan yang melarang mereka mengisi kolom agama di KTP dengan “Adam”, suatu hal yang menimbulkan persoalan dalam kehidupan sehari-hari mereka.


About this entry