Memory of the World

Download jadual program bulan ini .pdf

Dalam program ini kami memutarkan film-film fiksi dan dokumenter dari berbagai negara yang terdapat di beragam arsip film di Jakarta. Judul-judul Indonesia kami pilihkan dari koleksi SINEMATEK INDONESIA.

Melalui program ini juga kineforum ingin lebih mengenalkan kepada publik tentang ‘harta karun’ yang tersimpan di arsip film di Jakarta.

Kineforum mengadakan program “Memory of the World” dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun SINEMATEK INDONESIA (20 Oktober) dan juga ikut merayakan World Audio Visual Heritage Day (27 Oktober).

SINEMATEK INDONESIA merupakan pusat arsip yang pertama kali berdiri di ASIA TENGGARA. Arsip film ini merupakan satu-satunya pusat arsip film Indonesia yang saat ini kondisinya kurang baik. Program ini juga adalah ajakan dari kineforum kepada para penonton untuk lebih memperhatikan nasib arsip film Indonesia.

Program ini bisa diselenggarakan berkat bekerjsama dengan : Sinematek Indonesia, Goethe-Institut Indonesien, Erasmus Huis , National Museum of Singapore, Asian Film Archive, dan CCF Jakarta.

Selamat Menonton
_________________________________________________________________________________________

Pengantar Atsushi Kanai (Director General, the Japan Foundation, Jakarta):
Film Jepang dalam perayaan warisan audiovisual dunia

Kami sangat bersemangat ketika menerima penawaran untuk ikut merayakan hari warisan audiovisual dunia bersama para sahabat Kineforum. Setelah memilih dan berdiskusi tentang film-film Jepang yang sesuai dengan tema ini, dan tentunya sepakat dengan pilihan Kineforum, kami merekomendasikan untuk anda dua film Jepang “Cerita dari Tokyo” (Tokyo Monogatari, Yasujiro OZU, 1953) dan 7 Samurai (Shichinin no Samurai, Akira KUROSAWA, 1954). Kami pilihkan film-film klasik tahun 1950-an mengingat di saat-saat itulah muncul film-film klasik yang bercerita tentang semangat, romantisme sejarah, dan proses kreatif orang-orang film. Kedua sutradara, OZU dan KUROSAWA, merupakan simbol kebangkitan film Jepang yang terus tercatat dalam sejarah perfilman Jepang dan juga dunia. Film-film yang sangat menarik dan tak terlupakan.

Shichinin no Samurai (7 Samurai) (1954), Drama Action, 16mm (BW), 200menit (B Jepang/ subtitle B. Inggris), Sutradara: Akira Kurosawa, Pemain: Takashi Shimura, Toshiro Mifune, Yoshio Inaba, dan Seiji Miyaguchi. (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

7samurai

Kekejaman Nobuseri membuat kepala desa tak tahan. Beliau ingin mengambil tindakan. Sayang, warga lainnya tak memberi respon positif. Setelah melalui pembicaraan panjang, kepala desa memutuskan untuk menyewa sekelompok samurai untuk melindungi desa. Rikichi, pemuda yang aktif, Kirara si Miko (pendeta wanita), dan Komachi menawarkan diri untuk mencari samurai. Orang pertama yang mereka temukan adalah Okamoto Katsuhiro. Kemudian, ketiga anak muda itu bersua Shimada Kanbee. Satu persatu samurai pun terkumpul. Mereka adalah Katayama Gorobee, Shichiroji, Kyuuzou, Hayashida Heihachi, dan Kikuchiyo. Ketujuh orang ini bersedia melindungi desa Kanna dengan imbalan beras dan bahan makanan.

Tokyo Monogatari (1953) Drama, 16mm (BW), 136 menit, (B Jepang/subtitle B. Inggris), Sutradara: Yasujiro Ozu, tokyomonogatariPemain: Chishu Ryu, Chieko Higashiyama, Setsuko Hara, dan Haruko Sugimura. (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Suami isteri Horayama berkeliling kota untuk menjenguk anak-anak mereka. Mereka terkejut melihat kenyataan yang mengalahkan kerinduan mereka kepada anak-anak.

Die Abenteuer des Prinzen Achmed (1926), Animasi, DVD (BW), 90 menit, Sutradara: Lotte Reiniger. (UNTUK SEMUA UMUR).

the advetures of prince achmed

Seorang penyihir jahat yang menipu Achmed agar menaiki kuda terbang miliknya. Achmed menaiki kuda itu tanpa mengetahui bagaimana cara mendaratkannya. Walaupun Achmed akhirnya bisa menyelamatkan diri, ia terdampar di tempat yang jauh dan harus melalui rangkaian petualangan. Ia kemudian melakukan perjalanan kembali ke rumah untuk menghadapi penyihir jahat itu. Dalam perjalanannya, Achmed bertemu dengan Puteri Peri Banu dan jatuh cinta padanya. Achmed juga bekerja sama dengan Aladdin untuk menghadapi penyihir di Fire Mountain.

Spur_der_Steine-1Spur der Steine (1966) Drama Komedi, DVD (Colour), 129 menit, (B. Jerman/subtitle B. Inggris) Sutradara: Frank Beyer, Pemain: Manfred Krug, Krystyna Stypulkowska, Jutta Hoffmann, dan Eberhard Esche (UNTUK 18 TAHUN KEATAS)

Hannes Balla adalah mandor dari sekelompok pekerja konstruksi bangunan di situs konstruksi besar “Schkona”. Mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka bekerja keras dan minum sulit – untuk beberapa mereka menyenangkan, untuk sebagian mereka adalah sebuah gangguan. Keadaan menjadi lebih rumit ketika Kati Klee yang memiliki pekerjaan sebagai teknisi muda, dan ambisius Sekretaris Partai baru, Werner Horrath, bertujuan untuk meningkatkan efisiensi kerja dan berhemat Balla ego. Sebuah film kontemporer tentang pekerjaan, cinta, dan segala sesuatu di antara keduanya.

Tjambuk Api (1958)Drama, DVD (BW), 132 menit (B Indonesia) Sutradara : D. Djajakusuma. Pemain : Bambang Irawan, Aminah Cendrakasih, Sukarno M Noor, dan Rendra Karno. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Ujung (permainan saling pukul dengan cambuk) merupakan tradisi di suatu desa di Jawa Timur. Karena ditinggal ayahnya, yang mati dalam pertarungan ujung, Kasan dianjurkan ibunya agar jadi petani saja. Usaha Kasan untuk menyuburkan tanah di anggap tantangan bagi Suro, karena Kasan berhasil meyakinkan penduduk desa lain. Ada masalah lain muncul : Marni yang mencintai dan dicintai Kasan, tidak disetujui ayahnya

Pagar Kawat Berduri (1961) Drama, DVD (BW), 123 menit (B. Indonesia) Sutradara: Asrul Sani, Pemain: Sukarno M Noor, Ismed M Noor, Wahab Adi, dan Mansjur Sjah. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Dalam sebuah kamp Belanda di masa revolusi fisik terdapat beberapa sejumlah pejuang yang ditawanan. Hampir semua berusaha untuk melarikan diri, tapi tidaklah mudah. Sementara yang lain berusaha mencari cara untuk melarikan diri, Parman malah bersahabat dengan perwira Belanda

Cemeng 2005 (The Last Primadona) (2005) Drama, 35mm (Colour), 115 menit (B. Indonesia) Sutradara: N Riantiarno, Pemain: Didi Petet, Ratna Riantiarno, Alex Komang, dan Sardono W Kusumo. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Menceritakan tentang kisah tragis sebuah rombongan kesenian rakyat bernama cemeng dan tentang primadonanya

Scheepsjongen van Bontekoe (2007), Petualangan, DVD (Colour), 135 menit, scheepsjongens(B. Belanda/subtitle B. Inggris) Sutradara: Steve de Jong, Pemain: Pim Wessels, Martijn Hendrickx, Billy Zomerdijk, dan Reena Giasi. (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Hajo ingin menjadi seorang pelaut meskipun ibunya ketakutan dan kematian ayahnya di laut. Ia berteman dengan putra seorang kapten Perusahaan India Timur Belanda dan bergabung dengan awak kapal mereka menuju Hindia Timur. Hajo berpikiran sederhana teman Padde datang secara kebetulan. Bersama-sama mereka hidup melalui banyak bahaya untuk yang pelaut yang terpapar pada abad ke-17.

Alles is Liefde (2007) Drama Komedi, DVD (Colour), 110 menit, (B. Belanda/subtitle B. Inggris) Sutradara: Joram Lursen, Pemain: Michiel Romeyn, Thomas Acda, Anneke Blok, dan Carice van Houten. (UNTUK 18 TAHUN KEATAS)

Alles is Liefde LOVE IS ALL. Klaasje telah bercerai Dennis, yang berselingkuh dengan seorang guru sekolah. Dennis ingin dia kembali, tapi ketika ia bergerak dalam dengan kekasih muda tampak seolah-olah ia telah kehilangan perahu. Sementara itu, sahabat Klaasje Simone adalah poros keluarganya. Ted suaminya sering merasa berlebihan dan dia tidak punya nyali untuk mengatakan bahwa ia telah diberhentikan.
Rembrandt Awards, 2008, Best Film, Best Actor, dan Best Actress

Peau d’Âne (Donkey Skin) (1970), Drama Keluarga, DVD (Colour), 100 menit, (B. Jerman/subtitle Bdonkey skin. Inggris) Sutradara: Jacques Demy, Pemain: Catherine Deneuve, Jean Marais, Jacques Perrin, dan Micheline Presle. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Seorang raja dan ratu hidup bahagia hingga kematian ratu yang mendadak. Raja memutuskan untuk menikah dengan putri cantik. Dia bersedia, tapi Fairy Lily berfungsi sebagai kesadaran sosial, bermaksud menggagalkan inses. Dia memerintahkan sang putri untuk meminta serangkaian mustahil untuk membuat gaun, namun, penjahit raja berhasil. Jadi plot peri sang putri melarikan diri, mengenakan kulit hadiah raja keledai.

Entuziazm (Simfonija Donbassa) (1931), Dokumenter, DVD (BW), 67menit, (B. Rusia/subtitle B. Inggris) Sutradara: Dziga Vertov (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Dziga Vertov sedang mencari semacam bioskop murni, semacam film internasional bahasa yang dapat dipahami secara universal.’Entuziazm’ mungkin tidak menikmati popularitas yang sama atau kritis daya tarik sebagai ‘Manusia dengan Movie Kamera’, tetapi yang benar-benar film yang unik dan menguntungkan dengan caranya sendiri, sebuah karya dari kedua bioskop dan suara awal dari avant-garde Rusia.

Chi Tu Hau (Ms. Tu Hau) (1962), Drama, DVD (BW), 90 menit, (B. Vietnam / subtitel B. Inggris). Sutradara: Pham Ky Nam. Pemain: Tra Giang, Ba Du, Tran Phuong, Henrry Phuc, Nguyen Van Cua. (UNTUK 15 TAHUN KE ATAS)

Ms_Tu_Hau Setelah mengalami kekerasan seksual yang dilakukan tentara Prancis pada suatu penyerangan di desanya, Ms. Tu Hau berniat bunuh diri. Pertimbangan akan kehidupan anaknya yang masih bayi menyelamatkan jiwa Ms. Tu Hau. Ia mencari cara untuk tetap hidup walau kehilangan suaminya yang adalah pejuang kemerdekaan dan menemukan perannya yang khas dalam perjuangan yang sama.

Film dianggap salah satu dari dua mahakarya dalam sinema Vietnam klasik.

Silver Medal, 3rd Moscow International Film Festival, Uni Soviet 1963
Golden Lotus, 2nd National Film Festival, Vietnam 1973


About this entry