Kineforum November 2009

Bukan Sekedar Makan(an)

cover_November'09

Bulan ini kineforum mengumpulkan film-film dari berbagai genre dan durasi dengan satu kesamaan: semuanya berkaitan dengan makanan atau minuman. Menarik untuk dilihat bagaimana para pembuat film Indonesia membuka pintu menuju banyak hal – mulai dari karakter pribadi, hubungan manusia sampai percaturan politik dunia – lewat makanan atau minuman yang kita temui sehari-hari.

Selain itu kineforum dengan bangga kembali ikut menghadirkan Festival Film Pendek Konfiden (FFPK). Barangkali festival tahun ini dijalankan lebih sederhana dibanding tahun-tahun sebelumnya, tapi intinya tetap. Lewat FFPK kita terus bisa menjadi saksi bagaimana film pendek Indonesia berkembang mandiri dan selalu berusaha membuka komunikasi dengan penonton. Tentu kita akan terus ingat bahwa jebolan festival inilah yang karya-karyanya saat ini mewarnai industri film kita.

Pada akhir bulan Festival Rendra yang diselenggarakan Dewan Kesenian Jakarta juga akan menghadirkan karya-karya film yang dibintangi WS Rendra. Rangkaian pemutaran film ini menjadi salah satu bagian dari rangkaian yang lebih besar, termasuk pembacaan puisi, pementasan teater dan pameran untuk mengenang penyair/sutradara/aktor kawakan ini.

Untuk ikut mengapresiasi kerja yang dilakukan Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan, kineforum juga memutarkan beberapa karya tentang situasi kehidupan perempuan di tengah konflik bersenjata.

Selamat menonton di kineforum!

DOWNLOAD jadual bulan ini

Tentang Makanan dan Minuman

Brownies (2005), Drama, DVD, 114 menit (B. Indonesia), Sutradara: Hanung Bramantyo, Pemain: Marcella Zalianty, Bucek Depp, Philip Jusuf, Luna Maya, dan Arie Untung (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

brownies Mel bekerja di bidang periklanan. Mel merupakan sosok gadis cantik yang mulai beranjak mapan. Mel bertunangan dengan Joe, seorang eksekutif muda yang mapan. Persoalan muncul, saat ulang tahun ia memergoki Joe tengah bercinta dengan wanita lain. Hubungan mereka terputus. Mel makin terpukul saat ia menjumpai Joe menggandeng kekasih baru. Seolah ingin balas dendam, ia mengencani banyak laki-laki. Uniknya, teman kencannya selalu dibawa ke tempat-tempat yang juga didatangi Joe. Mereka juga wajib menyantap brownies buatannya.

cintapuccino Cintapuccino (2007), Drama, DVD, 113 menit, (B. Indonesia), Sutradara: Rudy Soedjarwo, Pemain: Sissy Pricisilla, Aditya Herpavy, Miller, dan Nadia Saphira (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Rahmi selalu menulis Nimo dalam diary-nya. Cowok yang selama ini selalu hadir di pikirannya. Nimo selalu menjadi obsesinya ketika remaja. Tapi Rahmi tidak pernah sempat mengutarakan perasaannya. Rahmi memutuskan bahwa Nimo hanya menjadi bagian dari impian masa-lalunya Namun, itu tiba-tiba muncul lagi sepuluh tahun kemudian. Tepat di saat Rahmi dan keluarganya tengah sibuk membicarakan acara lamaran Rahmi dengan Raka, calon suami Rahmi.

The Price of Sugar (2007), Dokumenter, DVD, 90 menit, (B. Spanyol/subtitel B. Inggris), Sutaradara: Bill Haney. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Di kepulauan Karibia, Republik Dominika, wisatawan berduyun-duyun ke pantai yang masih indah. Haiti berada di bawah penjaga bersenjata pada panen perkebunan tebu. Mereka bekerja selama 14 jam sehari, 7 hari seminggu, sering tanpa akses ke perumahan yang layak, listrik, air bersih, pendidikan, kesehatan atau nutrisi yang memadai. Film ini menimbulkan pertanyaan-pertanyaan kunci tentang di mana produk yang kita konsumsi berasal, apa yang dikorbankan manusia untuk produksinya dan… di mana tanggung jawab kita terletak. Aktor Paul Newman menjadi narator film ini.

Daffa (2007), Drama, DVD, 93menit. Sutradara: Andhika Dharmapermana. Dibintangi: Marcell Anthony, Kartika Ayu, Arswendy Nasution, Verdi Solaiman. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Daffa harus merubah cara memasak yang diyakininya. Menemukan bumbu pengganti kecap untuk Sophie, membuat resep untuk lomba masak atau untuk menemukan dirinya sendiri dalam setiap masakannya.

Bukan Sekedar Makan(an) 1 (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Untuk Secangkir Kopi (2000), Drama, DVD, 20 menit, (B. Indonesia), Sutradara: Lintang PW, Pemain: Josep Ginting, Rina Jayusman, dan Dian Fahrina.

Rahadi, seorang pecinta kopi merasa kesepian pada hari-hari menjelang lebaran. Akhirnya ia memutuskan datang ke rumah mantan istrinya, tetapi kehadiranya ditolak oleh anaknya.

Segigit Roti Manis (2004), Drama, DVD, 15 menit, (B. Indonesia), Sutradara: Tommy Waskito, Pemain: Amandira P Mochtar, Apnizar Saputri, dan Fedi Nuril

Rama adalah seorang komikus. Tiap hari ia menghabiskan harinya untuk membaca dan membuat komik di sebuah toko roti. Kebiasaan ini membuat Rama jatuh cinta pada Cahaya, gadis penjaga toko roti tersebut. Tapi Rama bukan seorang pemuda yang berani menyatakan isi hatinya. Hingga suatu hari sebuah keajaiban muncul, Rama menjadi pahlawan dalam hidup Cahaya.

Jeruk & Apel (2004), Drama, DVD, 12 menit, (B. Indonesia), Sutradara: Danial Rifki, Pemain: Asridha Laksmi, Fajar Rahadian, dan Kiki Mariana

Tody dan Mia adalah dua pemuda pemudi yang memiliki kesukaan yang cukup aneh. Tody sangat menyukai buah apel, namun sangat anti akan buah jeruk. Sedangkan Mia tak bisa hidup tanpa memakan jeruk dan sangat menghindari apel. Keduanya memiliki trauma masing-masing saat masih kecil akan buah tersebut. Suatu saat keduanya tak sengaja bertemu di sebuah supermarket. Ketertarikan tak dapat dipungkiri. Namun kebencian akan buah masing-masing juga tak dapat dielakkan.

Bukan Sekedar Makan(an) 2 (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

A Very Slow Breakfast (2003), Drama, DVD, 6 menit, (B. Indonesia), Sutradara: Edwin, Pemain: Sandra Dewi, Anggun Priambodo, Iwuk Taman, dan Yadi Timo.

slow-breakfast2 Ketika seorang anak terlalu bingung untuk berbicara dengan keluarga non-komunikatif. Akhirnya dia memutuskan untuk berkomunikasi dengan ketombe dan secangkir kopi dingin.

2 Gelas Coklat & Segelas Kopi (2006), Drama, DVD, 11 menit, (B. Indonesia), Sutradara: Ari Koeswardini

Kisah klasik cinta segitiga antar sahabat, yaitu Santi yang mencintai sahabatnya sendiri, Tama. Namun dirinya mengerti bahwa Tama bukan untuknya dan Santi yang tidak mampu mengungkapkan perasaannya secara langsung, akhirnya  menganalogikan perasaannya dengan kopi dan coklat.

Setengah Sendok Teh (2007), Drama, DVD, 18 menit, (B. Indonesia), Sutradara: Ifa Isfansyah, Pemain: Titi Dibyo, Suparwoto, dan Suhartono

Setiap hari sang istri membuatkan secangkir kopi dengan takaran tiga sendok teh bubuk kopi dan setengah sendok teh gula. Sang suami tidak pernah menyukai kopi buatannya namun perempuan itu tidak pernah berhenti membuatkan.

Violence Againsts Fruits (2000), Drama, DVD, 3 menit, (B. Indonesia), Sutradara: Tintin Wulia

Prosa satirikal ini adalah karya yang sangat pribadi tentang kesewenang-wenangan. Juga tentang suatu masalah yang keberadaannya meragukan, yaitu rasisme.

American Film Festival 2009

Sponsored by the U.S. Embassy in Jakarta

Dalam rangka merayakan International Education Week, akan diputar 16 film yang mengangkat tema tentang pendidikan.
Seluruh pemutaran ini gratis dan terbuka untuk umum, tetapi kursi terbatas. Pemutaran ini berlangsung pada tanggal 12-18 November 2009.
Untuk informasi jadual pemutaran silakan lihat http://www.kineforum.wordpress.com

Festival Rendra

Tjintaku Djauh Dipulau (1972), Drama, (B. Indonesia), Sutradara: Motinggo Boesje, Pemain: Sophan Sophiaan, Rima Melati, Widyaeati, WS Rendra, dan Fifi Young (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Datang ke sebuah pulau kecil, kapal Angkatan Laut yang telah mengalami kerusakan mesin didalam terdapat Dr Narko. Pada saat itu juga Bondan, seorang jagoan pulang itu sedang sakit keras. Bondan mendapat perawatan dari Suster Narti, Suster Rina yang berkerja di pulau tersebut dan juga Dr Narko. Setelah Bondan sembuh terjadilah cinta segitiga antara Narti, Rina, dan Narko.

Film ini dicetak dalam ukuran 70mm stereo dan 35mm

Al Kautsar (1977), Drama, 106 menit, (B. Indonesia), Sutradara: Chaerul Umam, Pemain: WS Rendra, Sunarti Rendra, Yulinar Firdaus, Soultan Saladin, dan Bagong Kuusdiardjo. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Syaiful Bachri, seorang guru mengaji dari pesantren Pabelan dikirim ke Sekarlangit. Syaiful Bachri terpilih karena kepandaiannya dan juga keahliannya dalam pertanian. Suatu hal yang dibutuhkan desa tersebut. Saiful menimbulkan banyak reaksi dari penduduk dan juga Haji Musa yang menjadi panutan desa tersebut.

FFA XXIII Bangkok 1977, untuk Tata Suara Terbaik

Terminal Cinta (1977), Drama, 101 menit, (B. Indonesia), Sutradara: Abrar Siregar, Pemain: WS Rendra, Marini, Charlie Sahetapy, Chitra Dewi, dan Jajang C Noer (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Joki Tobing, pemuda pembangkang yang baru saja datang ke Medan. Joy tinggal bersama pamannya dan bekerja sebagai wartawan. Artikel-artikelnya membuat pimpinan redaksi memecatnya, dan pamannya mengusir dari rumah. Joy menyatakan pendapatnya tentang kebobrokan kaum tua.

Yang Muda Yang Bercinta (1977) Drama, 143 menit, (B. Indonesia), Sutradara: Sjuman Djaya, Pemain: Yatie Octavia, WS Rendra, Nani Widjaja, Ade Irawan, dan Poppy Darsono (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Sebuah film yang mencoba memahami anak muda atau mahasiswa yang suka protes dan yang mencari jati diri. Sony, mahasiswa yang suka protes dan penyair yang belum berpenghasilan dan bergantung terhadap ayah dan pamannya. Dalam keseluruhan film protes Sony digambarkan dalam bentuk puisi

Kantata Takwa (2008), Dokumenter eksperimental/Musikal, 95 menit, (B. Indonesia). Sutradara: Eros Djarot & Gotot Prakosa. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Puisi kesaksian dari para seniman Indonesia tentang masa represif rezim Orde Baru Soeharto yang diwarnai KKN, penculikan dan pembunuhan para aktivis yang berbeda pendapat dengan penguasa saat itu. Syair-syair W.S Rendra dan lagu-lagu dari “Kantata Takwa” dan “Swami” menyertai adegan demi adegan dalam film ini.

WOMEN & CONFLICT

Redefining Peace – Women Lead The Way (2006), Dokumenter, 40 Menit, (Bahasa Inggris/Hindi), Sutradara: . (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Menceritakan tentang para perempuan pejuang HAM dan perdamaian di India. Film ini menggambarkan kerasnya perjuangan para aktifis perempuan India, jatuh bangun, terror yang dihadapi atau kekerasan yang dialami mereka, demi menegakkan keadilan, mencari perdamaian dan perjuangan bagi peningkatan hak-hak azasi manusia dan khususnya perempuan

Let The World See (2006), Dokumenter, 40 menit, (B. Mandarin) Producer: Lau Kin Chi. (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Definisi perdamaian dari sisi pandang para perempuan di China. Inilah kehidupan para perempuan di China, yang berjuang bagi perbaikan hidup mereka. Mereka menyatakan, bahwa perdamaian adalah kondisi di mana anak perempuan bisa kuliah, gurun pasir berubah menjadi oasis yang menyegarkan, manusia dan alam bisa hidup harmonis.

De guerre lasses (2003), Dokumenter, DVD, 98 menit, (B. Inggris), Sutradara: Laurent Bécue-Renard (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

aff_guerrelasses Di Srebrenica, sekitar 7000 pria menghilang pada tanggal 12 Juli 1995 dan menjadi korban kekejaman militer. Istri, ibu, saudara perempuan, tak jemu-jemunya mencari, menanyakan dalam keheningan dan penderitaan tanpa henti. Asosiasi Vive Zene berdiri dengan misi menampung wanita-wanita dari Bosnia yang mencari kembali kehidupan mereka. Selama setahun, sutradara mengikuti asosiasi ini menjalankan tugas.


About this entry