Sebuah Pengantar: Sejarah adalah Sekarang 4

Acara tahunan kineforum ini memasuki penyelenggaraannya yang keempat. Sejak semula kami mengambil resiko memilih judul kegiatan yang provokatif ini karena menyadari keterbatasan kita, generasi muda Indonesia yang hidup saat ini, untuk melakukan apresiasi terhadap karya-karya para pendahulu kita.

Ada kritik yang disampaikan para pelaku film Indonesia senior mengenai judul kegiatan ini. Seolah-olah judul ini dengan angkuh menyatakan bahwa sejarah hanya dibuat saat ini, tanpa mengacuhkan apa yang telah dibangun generasi demi generasi sebelumnya.

Kegiatan ‘Sejarah adalah Sekarang’ sesungguhnya adalah penghormatan generasi muda kepada para pendahulu dalam sejarah film Indonesia melalui usaha semaksimal mungkin melestarikan bukti peran sejarah mereka. Dengan menonton kembali dan membicarakan sejarah film Indonesia kami yakin bahwa para pelakunya akan semakin dekat di hati generasi muda peminat film Indonesia.

Kami harus menerangkan kembali di sini bahwa judul ‘Sejarah adalah Sekarang’ justru dimaksudkan untuk menggugah keinginan generasi muda untuk aktif mencari dan melakukan apresiasi terhadap karya-karya film Indonesia dari generasi-generasi sebelumnya. Semakin baik generasi muda mengenal sejarahnya kami yakin semakin luas juga khazanah inspirasi yang mereka miliki.

Selain memperlakukan materi sejarah film sebagai bahan inspirasi, kami berharap generasi muda saat ini ikut melestarikannya. Karena itu kami merasa bahwa ‘sekarang’ adalah waktu untuk menggiatkan inisiatif pelestarian itu. Kalau tidak dikerjakan sekarang, di masa depan kita akan lebih banyak lagi kehilangan materi sejarah film kita.

Pada tahun yang keempat ini, kami mengundang para peminat kegiatan ini untuk membicarakan juga sejarah musik. Dengan bangga kami ingin mengumumkan penemuan kembali copy film Duo Kribo yang menampilkan almarhum Ucok AKA – salah satu tokoh penting musik rock Indonesia yang baru saja meninggalkan kita semua. Bersamaan dengan pemutaran film ini, kami juga mengadakan diskusi untuk melihat kembali sejarah genre musik yang unik ini di Indonesia.

Kami ucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada para pihak yang sudah memungkinkan kegiatan tahun ini diselenggarakan. Salam persahabatan dan solidaritas juga ingin kami sampaikan kepada para peminat yang sudah dengan setia mengikuti perkembangan kegiatan ini dari tahun ke tahun.

Selamat membuat sejarah!

Lisabona Rahman

Manajer Program kineforum


About this entry