Sejarah adalah Sekarang 4 (Bulan Film Nasional 2010)

DOWNLOAD jadual acara BULAN FILM NASIONAL 2010 .pdf

BOW:Soekarno M. Noer

Raja Jin Penjaga Pintu Kereta (1974)

Raja Jin Penjaga Pintu Kereta Api (1974), Drama, DVD, 98 menit (B Indonesia), Sutradara: Wahab Abdi, Pemain: Soekarno M Noor, Rina Hassim, Mansjur Sjah, dan Tan Tjeng Bok (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Gono, bekas pemain lenong dengan peran khas Raja Jin, bertugas menjadi penjaga pintu lintasan kereta api. Dalam seluruh tindak-tanduknya, baik dalam pekerjaan maupun di rumah, Ia tidak pernah melepaskan peran lenong yang sangat di senanginya itu, tapi tidak bisa diteruskan karena keluarga istrinya sangat benci dengan pekerjaannya.

Aktor terbaik (Soekarno M Noer) PWI 1974-1975

Dibalik Tjahaja Gemerlapan (1966)

Di Balik Tjahaja Gemerlapan (1966), Drama, DVD (Bahasa Indonesia), Sutradara: Misbach Jusa Biran, Pemain: Soekarno M Noer, Titiek Puspa, Nani Widjaja, dan Rachmat Kartolo (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Djoni promotor yang sering menipu seniman, dengan rayuannya akhirnya bisa dipercaya mengatur pertunjukan yang dimaksud untuk mencari dana pertunjukan sendra tari. Djoni menunjukan kelihaiannya, kali ini Ia mengatur pertunjukan dengan cara koboi.

Pemeran utama pria terbaik dalam penghargaan Pekan Apresiasi Film 1967

Senyum di Pagi Bulan Desember (1974)

Senyum di Pagi Bulan Desember (1974) , Drama, 35mm, 145 menit, (B Indonesia|Subtitle B Inggris), Sutradara: Wim Umboh, Pemain: Soekarno M Noer, Rachmat Hidayat, Kusno Sudjarwadi, dan Santi Sardi (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Buang, Bernardus, dan Bakar, tiga narapidana yang melarikan diri saat terjadi pemberontakan di penjara. Pertemuan dengan Bunga, gadis cilik yang kesepian karena orang tuannya sibuk bekerja, sementara rumahnya terpencil dari rumah tetanga, hal ini membuat tiga narapidana tersebut menjadi manusia biasa kembali.

Citra dan FFI 1975 untuk film dan musik

Titian Serambut Dibelah Tujuh (1982), Drama, DVD, (B Indonesia), Sutradara: Chaerul Umam, Pemain: Soekarno M Noer, El Manik, Dewi Irawan, dan Soultan Saladin. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Ibrahim, guru muda yang teguh. Menemukan kejanggalan-kejanggalan dalam kehidupan kampung yang ditinggali. Hatinya membenarkan apa yang dikatakan musafir tua, bahwa kehidupan masyarakat diibaratkan sebagai layang-layang putus.

Citra, FFI 1983 untuk Skenario, dan Penghargaan PWI Jaya sebagai Film Drama Terbaik 1983

Suci Sang Primadona (1977)

Suci Sang Primadona (1977) , Drama, 35 mm, 116 menit, (B Indonesia), Sutradara: Arifin C Noer, Pemain: Soekarno M Noer, Joice Erna, Rano Karno, dan Awaludin. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Suci nampak dibuat-buat permainannya bila berhadapan dengan Oom Kapten, Pak Dawud, dan tuan Condro. Tiga lelaki ini tempat Suci, primadona panggung teater rakyat, meraih impiannya tentang kekayaan.

Film terlaris IV di Jakarta 1978

Pagar Kawat Berduri (1961)

Pagar Kawat Berduri (1961), Drama, 35mm, 123 menit, (B Indonesia| subtitle B Inggris), Sutradara: Asrul Sani, Pemain: Soekarno M Noer, Ismed M Noer, Wahab Abdi, dan Mansjur Sjah. (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Dalam sebuah kamp Belanda di masa revolusi fisik terdapat sejumlah pejuang yang ditawan. Hampir semua berusaha lari, tapi tidak gampang. Sementara yang lain berusaha meloloskan diri, Parman malah bersahabat dengan koenen seorang perwira Belanda unutuk mencari informasi.

Opera Jakarta (1985)

Opera Jakarta (1985) , Drama, 35 mm, 181 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Sjuman Djaya. Pemain: Soekarno M Noer, Zoraya Perucha, Ray Sahetapy, dan Nani Widjaja (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Klinem pulang ke Bekonang, Solo untuk menyerahkan bayinya pada neneknya dan lalu pergi lagi. Joko nama bayi tersebut tumbuh tanpa mengetahui siapa ibunya, Joko memiliki kegemaran di bidang tinju dan menjadi pemimpin di antara teman-teman sebayanya.

Pemeran Pembantu Pria (Soekarno M Noer), Film, dan Sutradara FFI 1986.

Sejarah Industri Musik Indonesia (Nonton Film, Diskusi dan Konser Musik)

Duo Kribo (1977)

Duo Kribo (1977), Drama , 35 mm, 116 menit, (B Indonesia), Sutradara: Eduart P Sirait, Pemain: Ucok Aka Harahap, Achmad Albar, Eva Arnaz, dan Yolanda Solaiman (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Achmad Albar kembali ke Indonesia setalah lulus cum laude dari sebuah konservatori di Eropa. Dia lalu bermain musik rock, seperti juga Ucok yang berasal dari kampung yang mengadu nasib di Jakarta untuk mengapai impiannya menjadi: penyanyi tenar dan mobil mewah.

Ambisi (1973)

Ambisi (1973) Drama , 95 menit, DVD, (B Indonesia), Sutradara: Nya Abbas Akup, Pemain: Bing Slamet, Anna Mathovani, Fifi Young, dan Benyamin S(UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Bing bekerja sebagai penyiar pada radio swasta undur-undur, bersama dengan Benyamin S. Pekerjaan mereka berdua membuat mereka tidak akur dengan istrinya, hingga seolah Ia dapat saluran pada seorang penggemarnya yaitu Anna Mathovani.

PUBLIK untuk RUANG PUBLIK : TIGA DARA (NONTON FILM, PESTA KOSTUM, KONSER MUSIK)

Tiga Dara (1956)

Tiga Dara (1956), Drama, 116 menit, 35 mm, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Usmar Ismail, Pemain: Chitra Dewi, Indriati Iskak, Mieke Wijaya, dan Rendra Karno (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Tiga Dara. Nunung, Nana dan Nenny, cukup membuat pusing nenek pengganti ibu mereka yang telah meninggal dunia. Apalagi bapaknya cuma sibuk dengan urusan dirinya sendiri.

Salah satu film terlaris Indonesia pada tahun 1950-an, FFI 1960 untuk Musik.

TATA ARTISTIK

Doea Tanda Mata (1984)

Doea Tanda Mata (1984), Drama, 35 mm, 118 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Teguh Karya, Pemain: Jenny Rachman, Alex Komang, Sylvia Widiantono, dan Piet Pagau (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Gunadi, pemuda Klaten yang baru menikah setahun terbius oleh gerakan perlawanan pada di tahun 30an. Ia meninggalkan istrinya yang menjadi guru, dan bergabung dengan gerakan dibawah tanah dengan mencetak selebaran-selebaran gelap.

Citra FFI 1985, untuk pemeran utama pria, fotografi, musik, dan artistik.

Tjoet Nja Dhien (1986), Drama, DVD, 133 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Eros Djarot, Pemain: Christine Hakim, Pitrajaya Burnama, Hendra Yanuarti, dan Slamet Rahardjo. (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Teuku Umar memimpin rakyat Aceh dalam memerangi penjajahan Belanda. Teuku Umar didampingi istrinya, Tjoet Nja Dhien dan putrinya Tjoet Gambang. Teuku Umar tewas tertembak oleh musuh. Tjoet Nja Dhien ganti jadi panglima perang.

Citra, FFI 1988 untuk Sutradara, Film, Skenario, Pemeran Wanita, dan Musik.

Opera Jawa

Opera Jawa (2006)

Opera Jawa (2006), Drama-Musikal, 35mm, 2006, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Garin Nugroho, Pemain: Artika Sari Devi, Eko Supriyanto, Martinus Miroto dan Slamet Gundono. (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Sebuah film opera: seluruh adegan dilakukan dalam nyanyi dan tari, tidak ada dialog. Seluruh musik dan lirik di ciptakan khusus untuk film diciptakan dengan gamelan dan tembang jawa yang tetap menggunakan bahasa jawa.

Citra untuk Musik, Skenario adaptasi tebaik FFI 2006 | Musik terbaik Hongkong International Film Festival.

Gie (2004)

Gie (2004),Drama, 35 mm, 147 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Riri Riza, Pemain: Nicholas Saputra, Jonathan Mulia, Thomas Y Nawilis, dan Sita Nursanti. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Kisah yang di angkat dari cerita Soe Hok Gie , aktivis dan penulis di tahun 60an. Kisah seorang yang berada diluar arus zaman. Gie di kenal sebagai orang lurus, jujur, dan tidak dikenal kompromi.

Citra untuk Film, Sinematografi, Pemeran Utama FFi 2005

Impian Kemarau (2004)

Impian Kemarau (The Rainmaker) (2004), Drama, DVD, 83 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Ravi Bharwani, Pemain: Levie Hardigan, Clara Sinta, Ria Irawan, dan Jabrik Gelandang (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Di sebuah desa yang kering di tepi pantai, Johan dengan peralatannya mengirim data-data cuaca agar desa tersebut bisa dicurahi hujan buatan. Sinden Asih yang cantik menghibur desa dengan suara dan tubuhnya.

Official Selection to the Pusan International Film Festival, Korea | Official Selection to the Bangkok International Film Festival.

Roro Mendut (1982), Drama, 35 mm, 109 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Ami Prijono, Pemain: Meriam Bellina, Mathias Muchus, WD Mochtar, dan Sunarti Rendra. (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Roro Mendut, wanita muda dan cantik adalah salah satu dari kadipaten Pati yang diboyong ke Mataram. Karena sukacitanya, Sultan Agung berkenan menghadiahkan semua hasil rampasan perang itu kepada Tumenggung Wiroguno.

Puisi Tak Terkuburkan (1999), Drama, DVD, 86 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Garin Nugroho, Pemain: Ibrahim Kadir, Berliana Febriyanti, El Manik, dan Almak Baldjun. (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Kisah nyata penyair didong, Ibrahim Kadir ketika di penjara di tahun 1965 di Tanah Gayo, Aceh. Pengalaman-pengalaman selama 22 hari di dalam penjara itulah yang diceritakan, sampai saat ia dilepaskan karena ternyata salah tangkap.

Penghargaan untuk aktor (Ibrahim Kadir), Festival Film Singapura 2002

TIGA DEKADE FILM REMAJA INDONESIA

Masa Topan dan Badai (1963), Drama, DVD,(B Indonesia), Sutradara: D Djajakusuma, Pemain: Wahab Abdi, Sri Redjeki, Sari Narulita, dan Keiko.(UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Kaslan, pegawai bank yang lurus dan jujur, sedangkan istrinya Miah lebih bersikap longgar dan disiplin. Kaslan sangat keras dalam mendidik putrinya Wati dan Tina. Sikap ini yang membuat menyulitkan sang putrinya, hingga Wahab yang mendekati Wati susah mendekatinya.

Catatan Si Boy (1987)

Catatan Si Boy (1987), Drama, DVD, 92 menit,(B Indonesia), Sutradara: Nasri Cheppy, Pemain: Ongky Alexander, Meriam Belina, Dede Yusuf, dan Ayu Azahari. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Si Boy adalah pemuda ganteng yang suka menulis buku harian, senang olahraga, aktif di kampus, tidak pernah lupa sembahyang, anak pengusaha kaya yang kemana-mana naik BMW.

Terpuji untuk aktor Pembantu (Didi Petet), Festival Film Bandung (FFB) 1988.

Lupus (1987 )

Lupus (Tangkaplah Daku Kau Kujitak) (1987), Drama,DVD, 87 menit, (B Indonesia), Sutradara: Achiel Nasrun, Pemain: Ryan Hidayat, Nurul Arifin, Agyl Shahriar, dan Septian Dwicahyo (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Lupus adalah pelajar SMU Merah-Putih yang aktif menulis sebagai wartawan sebuah majalah, senang menguyah permen karet, cuek dan sangat jahil. Ia menggangu siapapu yang dikenal, kejailannya lebih bernada humor daripada menyakiti dan berniat jahat.

Surat Untuk Bidadari (1992), Drama, 35 mm, 116 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Garin Nugroho, Pemain: Windy Prasetyo, Budi Utomo, Viva Westy, dan Adi KUrdi. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Lewa, anak berusia 10 tahun, hidup dalam budaya campur aduk tadinya, sambil melakukan gugatan tersendiri yang khas terhadap sekolah, terhadap tradisi, terhadap kekerasan hidup yang di wakili oleh kuda liar.

Gold Prize Young Competition, Festival Film International Tokyo 1994, International Taormina Italia 1994.

Ada Apa Dengan Cinta (2001)

Ada Apa Dengan Cinta? (2001), Drama, 35 mm, 110 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Rudi Soedjarwo, Pemain: Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Titi Kamal, Sissy Priscilla, dan Ladya Cheryl. (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Cinta, dipercaya untuk mengelola majalah dinding sekolah bersama sahabatnya Milly, Karmen, Alya, dan Maura. Kenyamanan persahabatan mereka berubah ketika Cinta bertemu dengan Rangga yang angkuh dan dingin.

Citra untuk Musik, Pemeran Utama Wanita, Sutradara FFI 2004 |Terpuji untuk Film, Sutradara, Editing, Skenario, Fotografi, Musik dalam Festival Film Bandung 2002.

Mengejar Matahari (2004)

Mengejar Matahari (2004), Drama, 93 menit, (B Indonesia), Sutradara: Rudi Soedjarwo, Pemain: Winky Wiryawan, Fedi Nurul, Udjo Project Pop, dan Fauzi Baadila (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Kisah diawali dengan gambaran masa kecil empat sahabat: Ardi, Nino, Apin, dan Damar. Empat sekawan ini menjadi saksi utama saat Obet, preman setempat masuk penjara. Mereka tidak menyangka hal ini yang banyak mengubah di masa depan.

Citra untuk Fotografi FFI 2004

Catatan Akhir Sekolah (2004), Drama, 35 mm, 100 menit, (B Indonesia), Sutradara: Hanung Bramatyo, Pemain: VJ Ramon, Marcel Chandrawinata, Vino G Sebastian, dan Alexandra Joanna. (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Kisah tiga SMU Fajar Harapan: Agni, Alde, dan Arian. Di sekolah mereka dianggap pecundang dan tidak di perhitungkan di sekolah.

KONTRADIKSI LAKI LAKI

Lewat Djam Malam (1954)

Lewat Djam Malam (1954), Drama, DVD, 102 menit, (B Indonesia), Sutradara: Usmar Ismail, Pemain: AN Alcaff, Netty Herawati, Dahlia, dan Bambang Hermanto. (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Mengisahkan seorang bekas pejuang, Iskandar. Yang kembali ke masyarakat dan mencoba menyesuaikan diri dengan keadaan yang sudah asing baginya. Pembunuhan terhadap seorang perempuan dan keluarganya atas permintaan komandannya di masa perang terus menghantuinya.

FFI 1955 untuk Pemeran Utama Pria dan Pemeran Utama Wanita.

Wadjah Seorang Laki-Laki (1971), Drama , 35mm, 110 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Teguh Karya, Pemain: Rima Melati, WD Mochtar, Laila Sari, Hanny Ray, dan Ferry Irawan. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Kisah berlangsung sekitar Batavia abad 19, di kalangan penduduk keturunan Portugis, Amallo berontak terhadap ayahnya, Umbu karena unsur kebrengsekan dan ketakbertanggung jawaban sang ayah yang menyia-nyiakan ibunya sampai meninggal.

Laki-Laki Pilihan (1973), Drama, 35 mm, 106 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Nico Pelamonia, Pemain: Nico Pelamonia, Dicky Zulkarnaen, Ami Prijono, dan Frank Rorimpandey. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

H Anwar, bekas pejuang kemerdekaan, adalah tokoh yang dihormati lingkungan / paguyubannnya, karena berhasil dalam “bisnis” yang susah dipisahkan antara “kotor” dan yang “halal”

Kembang Kertas (1984)

Kembang Kertas (1984), Drama, 35 mm, 104 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Slamet Rahardjo, Pemain: Dewi Yull, Herman Felani, Lenny Marlina, dan Zainal Abidin. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Karena dorongan istrinya, Prabowo akhirnya memasuki bisnis bahaya dan akhirnya di jebloskan ke penjara. Sementara menunggu pengadalian, kawan kongsinya Wahyuni seorang janda cerai, bisa membebaskannya. Ia juga mencintainya.

Citra, FFI 1985 untuk Film, Sutradara, Skenario, Editing dan Suara.

Cinta dalam Sepotong Roti (1990)

Cinta Dalam Sepotong Roti (1990), Drama, 35 mm, 97 menit, (B Indonesia), Sutradara: Garin Nugroho, Pemain: Tio Pakusadewo, Rizky Erzet Theo, dan Adjie Massaid (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Mayang, Harris, dan Topan merupakan sahabat sejak masa kanak-kanak, Mayang, mengasuh majalah wanita, telah kawin dengan Harris, sedangkan Topan masih lajang seorang fotografer. Mereka hendak pergi bertiga, selama perjalanan terkuaklah masalah dari mereka bertiga

Citra, FFI 1991 untuk Film, Artistik, Editing, Musik, dan Fotografi.

Kuldesak (1997)

Kuldesak (1997), Drama, 35 mm, 103 menit, (B Indonesia), Sutradara: Mira Lesmana, Nan Achnas, Riri Riza dan Rizal Mantovani, Pemain: Oppie Andaresta, Dick Doank, Harry Suharyadi, dan Ryan Hidayat. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Ada empat “cerita” yang satu dengan yang lainnya tak ada kaitannya, kecuali seluruh “cerita” tadi bermaksud melukiskan dunia remaja masa kini dari kacamata remaja itu sendiri. Suatu dunia yang sulit dipahami oleh generasi lainnya yang lebih tua.

Festival 80-an

Istana Kecantikan (1988)

Istana Kecantikan (1988),Drama, 35mm, 93 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Wahyu Sihombing, Pemain: Mathias Muchus, Nurul Arifin, Robby Sutara dan Joice Erna. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Nico, punya kelainan seksual. Ia seorang homoseksual. Hal ini menjadi masalah ketika di desak kawin oleh orangtuanya. Kakaknya, Tuti menganjurkan menikah saja agar orang tuanya bisa cepat mempunyai cucu. Maka ke pura-puraan dimainkan oleh Nico.

Citra, FFI 1988, untuk Pemeran Utama Pria.

Noesa Penida (1988)

Noesa Peninda (Pelangi Kasih Pandansari) (1988),Drama, 35 mm, 113 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Galeb Husein, Pemain: Ida Ayu Made Diastini, Ray Sahetapy, Rita Zahara dan Sutopo HS. (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Kisahnya berlangsung pada abad 20-an di Bali. Raja Tabanan terbunuh, tetapi putrinya Ida Ayu Pandansari selamat, disembunyikan dan dibesarkan disebuah kampung nelayan oleh pengikut setia raja.

Citra, FFI 1989 untuk Fotografi, Musik dan Peran Pembantu Pria Terbaik.

Matahari-Matahari (1985)

Matahari-Matahari (1985) ,Drama, 35 mm, 140 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Arifin C Noer, Pemain: Marissa Haque, Wawan Wanisar, Rima Melati, dan Jajang C Noer. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Tergoda oleh Kokom penyanyi dangdut yang sukses dari desa di Jakarta. Bujukan pamannya Sarkim dan kemiskinan yang membuat ketiga anaknya meninggal Warga memutuskan pindah ke kota. Warga pindah ke kota bersama istrinya dan Iyom anaknya yang bisu.

Ibunda (1986)

Ibunda (1986), Drama, 35 mm, 103 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Teguh Karya, Pemain: Tuti Indra Malaon, Alex Komang, Ayu Azahari dan Ninek L Karim (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Ibu Rakhim, janda priyayi selalu bersikap selalu mengambil alih beban hidup anak-anaknya. Sebenarnya ia ingin membagi beban hidup pada anak tertuanya, Farida tapi tidak selalu bisa karena kesibukannya. Apalagi dia bukanlah sesosok kakak yang disenangi adik-adiknya karena terlalu mengatur.

Citra, FFI 1986, untuk Film, Sutradara, Cerita, Fotografi, Musik, Suara, Artistik, dan Pemeran Utama Wanita.

Pacar Ketinggalan Kereta (1988)

Pacar Ketinggalan Kereta (1988) , Drama, 35 mm, 139 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Teguh Karya, Pemain: Tuti Indra Malaon, Rachmat Hidayat, Niniek L Karim dan Nurul Arifin. (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Kisah dimulai dengan pesta 25 tahun perkawinan Ibu dan Pak Padmo. Disini mulai kecemburuan Ibu Padmo, terhadap sekertaris Pak Padmo, tante Retno.

Citra, FFI 1989, untuk Film, Sutradara, Artistik, Editing, Suara, Pemeran Utama Pria dam Pemeran Utama Wanita.

Dibalik Kelambu (1982)

Di Balik Kelambu (1982), Drama, 35 mm, 94 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Teguh Karya, Pemain: Christine Hakim, Slamet Rahardjo, Rima Melati dan Nungky Kusumastuti. (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Suatu potret tentang kehidupan suami istri Hasan dan Nurlela yang terpaksa tinggal dirumah mertua yang cerewet dan suka menbandingkan Hasan dengan menantu yang lain yang hidupnya lebih sukses.

Citra, FFI 1983, Untuk Film, Sutradara, Pemeran Utama Pria, Pemeran Utama Wanita dan Editing.

INDONESIA DI PENTAS DUNIA

Apa Jang Kau Tjari, Palupi? (1969), Drama, DVD, 156 menit, (B Indonesia), Sutradara: Asrul Sani, Pemain: Farida Sjuman, Pitrajaya Burnama, Ismed M Noor dan Widyawati. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Haidar adalah seorang pengarang yang rela melarat demi kejujuran dan kebenaran. Sebaliknya sang istri Palupi adalah wanita yang tak bisa memberikan cinta kepada siapapun, kecuali pada dirinya sendiri.

FFA, 1970 Jakarta, untuk Film Terbaik.

At The Very Bottom of Everything PEMUTARAN PERDANA(2009), Drama, DVD, 84 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris). Sutradara: Paul Agusta, Pemain: Kartika Jahja, T. Rifnu Wikana, dan Bianca Timmerman. (UNTUK 18 TAHUN KEATAS)

Sebuah kisah pedih perjuangan wanita muda melawan Bipolar Disorder (juga dikenal sebagai Manic Depression).

Berbagi Suami (2006)

Berbagi Suami (2006), Drama, 35 mm, 127 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Nia Dinata, Pemain: Jajang C Noer, El Manik, Tio Pakusadewo, dan Lukman Sardi. (UNTUK 18 TAHUN KEATAS)
Tiga perempuan yang berasal dari tiga kelas sosial, ekonomi, yang suku yang berbeda membuka tabir tentang kehidupan poligami mereka.

Citra untuk Pemeran Pembantu Pria, Penata Artistik FFI 2006 |  Film Cerita terbaik, Hawai International Film Festival 2006

Jaka Sembung Sang Penakluk (1981), Drama, DVD, 91 menit, (B Indonesia), Sutradara: Sisworo Gautama Putra, Pemain: Barry Prima, Eva Arnaz, Dana Christina, dan Dicky Zulkarnaen (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Latar belakang peristiwa jaman penjajahan Belanda. Jaka Sembung alias Parmin, jawara sakti Kandanghaur memberontak atas ketidak adilan Belanda yang antara lain mengharuskan tawanan untuk kerja paksa.

Film terlaris Ke3 di Jakarta 1982

The Photograph (2007)

The Photograph (2007) ,Drama, DVD, 103 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Nan Achnas, Pemain: Shanty, Lim Kay Tong, Indy Barends dan Lukman Sardi. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Sita, penyanyi bar karaoke, harus pindah dari rumah saudaranya, Rosi kesebuah kamar sempit di loteng rumah milik tukang potret tua Johan, untuk menghindar dari kejaran Suroso seorang germo.

Jermal (2008)

Jermal (2008), Drama, 35 mm, (B Indonesia | subtitle B Inggris) Sutradara: Rhavi L Bharwani dan Rayya Makarim, Pemain: Iqbal S Manurung, Didi Petet, Yayu A.W Unru dan Chairil A. Dalimunthe. (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Setelah kematian ibu, 12 tahun Jaya yang dikirim ke ayahnya, Johar yang bekerja sebagai pengawas di jermal. Johar adalah terkejut, tidak pernah tahu ia mempunyai seorang anak, dan menolak anak laki-laki sebagai kerabat.

Milan African Film Festival 2009 (Best Film)

Langitku Rumahku (1989)

Langitku Rumahku (1989), Drama, 35 mm, 102 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Slamet Rahardjo, Pemain: Soenaryo, Banyubiru, Pitrajaya Burnama dan Yati Sunarjo. (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Kisah persahabatan Andri seorang anak orang kaya dan Gempol anak gembel penjual kertas bekas. Kesepian, kungkungan, dan disiplin membuat Andri iri dengan Gempol seolah yang bebas dan tanpa aturan.

Citra, FFI 1990 untuk Artistik dan Fotografi.

Pintu Terlarang (2009)

Pintu Terlarang (2009) Thriller, 35 mm, 115 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris) Sutaradara: Joko Anwar, Pemain: Fachri Albar, Marsha Timothy, Ario Bayu dan Tio Pakusadewo (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Hidup seorang pematung yang sukses bernama Gambir, mulai berantakan setelah dia mulai menerima pesan-pesan misterius dari seseorang yang meminta pertolongannya. Dia mengetahui bahwa yang mencoba menghubunginya adalah seorang anak laki-laki berusia 7 tahun yang disekap dan disiksa oleh dua orang misterius.

Puchon International Fantastic Film Festival, Best Film (2009)

Nagabonar Jadi 2 (2007), Drama, 35 mm, 124 menit, (B Indonesia), Sutradara: Deddy Mizwar dan Cassandra Massardi, Pemain: Deddy Mizwar, Tora Sudiro, Wulan Guritno dan Darius Sinathrya. (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Bonaga yang lulusan S2 dari luar negri dan sudah menjadi pengusaha properti, Bonaga dan teman-temannya ingin mengubah perkebunan kelapa sawit milik bapaknya Nagabonar menjadi resort yang megah, tetapi disana ada kuburan nenek dan ibunya Bonaga.

Film, Skenario, Pemeran Utama Pria, Suara, Terbaik, dan Piala khusus Dewan Juri Penyutradaraan FFI 2007.

Pasir Berbisik (2000)

Pasir Berbisik (2000), Drama , DVD, 104 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Nan Achnas, Pemain: Christine Hakim, Slamet Rahardjo, Dian Satrowardoyo dan Didi Petet. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Kisah tentang hubungan Berlian dan anaknya Daya, yang sejak kecil ditinggal oleh ayahnya, Agus. Seorang tukang obat kaki lima yang pergi berkelana tanpa berita.

Sinematografi terbaik, Penata Suara Terbaik, Sutradara muda paling berbakat pada Festival Asia Pasifik 2001, Jakarta.

HANTU-HANTU DALAM FILM HOROR INDONESIA

Beranak Dalam Kubur (1971) Horor, DVD, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Awaludin, Pemain: Suzanna, Mieke Wijaya, Dicky Suprapto dan Ami Prijono. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Dhora, mengesankan penderita psiokopat. Ia membunuh ibunya untuk menguasai perkebunan Ciganyar dan juga membunuh ayah tirinya dan adiknya Laila.

Mistik (Punahnya Rahasia Ilmu Iblis Leak) (1981), Horor, DVD, 118 menit, (B Indonesia), Sutradara: Tjut Djalil, Pemain: Ilona Agathe Bastian, Herry S, Sofia WD dan WD Mochtar. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Cathy, mahasiswi asal Australia yang telah fasih berbahasa Indonesia, ingin meneliti dan menulis ilmu gaib, Leak di Bali. Ia dibantu oleh pemuda kenalannya seorang pelaut yang bernama Mahendra.

Sundel Bolong (1981) , Horor, DVD, 98 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Sisworo Gautama, Pemain: Suzanna, Ruth Pelupessy, Rudy Salam dan Barry Prima. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Kebahagian Alicia dan Hendarto sebagai suami istri yang baru menikah tidak berlangsung lama. Hendarto harus bertugas keluar negri. Alicia, bekas pelacur dimanfaatkan oleh hidung belang.

Film terlaris III di Jakarta tahun 1981

Jelangkung (2001) , Horor, 35 mm, 100 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Jose Poernomo, Pemain: Wingky Wiryawan, Melanie Aryanto, Ronny Dozer dan Harry Pantja. (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Empat sekawan Ferdi, Gita, Gombal dan Sani selalu penasaran mencari setan. Berbagi tempat yang didatangi tak dijumpai yang dicarinya sampai mereka mendapatkan kabar tempat yang bernama Angkerbatu.

Terpuji untuk efek khusus, FFB 2002

Leak (2007), Drama-Horor,DVD, 96 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Achiel Nasrun, Pemain: Nadia Vega, Aldiansyah Taher, Meriam Belina dan Ferry Irawan. (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Tanpa sepengetahuan Cantika, beberapa keluarganya adalah Leak, termasuk ayahnya, Wayan Ardhana yang mengabdi pada setan demi kekayaan. Untuknya kakek dan nenek Cantika bukan pengikut Leak, dan berusaha menlindungi Cantika

Pocong 2 (2006), Horor, DVD, 103 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutradara: Rudi Soedjarwo,Pemain: Revalina S Temat, Ringgo Agus Rahman, Risty Tagor dan Dwi Sasono. (UNTUK 12 TAHUN KEATAS)

Maya, yatim piatu bekerja sebagai assistant dosen, hanya tinggal berdua dengan adiknya Andin siswi SMU. Maya akan segera menikah dengan tunangannya Adam, Maya sedang mencari sebuah kontarakan. Maya menemukan kontrakan murah, tetapi sering terjadi hal-hal aneh.

Angker Batu (2007), Horor, DVD, 87 menit, (B Indonesia), Sutardara: Jose Poernomo, Pemain: Mieke Amalia, Yama Carlos, Susilo Badar dan Imelda Therinne. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Kisah ini bermula dengan hilangnya Manda seorang reporter dengan Rino kameramennya dari sebuah perusahaan televisi Korea. Yudha berinisiatif untuk mencari tahu apa yang tejadi di kota tersebut, namun akibat mencuci muka dengan air dari daerah tersebut, mereka kini dapat melihat mahluk-mahluk yang telah menguasai kota itu.

Kuntilanak (2006), Horor, DVD, 100 menit, (B Indonesia), Sutaradara: Rizal Mantovani, Pemian: Julie Estelle, Evan Sanders, Ratu Felisha dam Alice Iskak.(UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Sam lebih memilih tinggal indekos di rumah tua tak terawat disamping kuburan daripada tinggal bersama ayah tirinya. Tak ada yang sadar kalau Sam punya wangsit untuk memanggil kuntilanak yang konon tinggal di dalam pohon.

Hantu (2007), Horor, DVD, (B Indonesia), Sutradara: Adrianto Sinaga, Pemain: Dwi Andika, Okan Antara, Dhea Ananda dan Andhika Gumilang(UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Galih mendengar tentang indahnya Telaga Setra Wingit. Telaga indah yang terletak ditengah hutan dan belum pernah dijamah orang. Karena penasaran, ia sengaja mengajak pacarnya Rinjani, serta ketiga sahabatnya Ray, Sofie dan Indra untuk membuktikan keindahan telaga itu.

Primitif (1978), Horor, DVD, 90 menit, (B Indonesia | subtitle B Inggris), Sutadara: Sisworo Gautama, Pemain: Enny Haryono, Barry Prima, Johan Mardjono dan Rukman Herman. (UNTUK 15 TAHUN KEATAS)

Tiga mahasiswa Etnologi dan Antropologi bernama Amri, Rika, dan Tomy penuh ambisi untuk mengadakan penyelidikan ke daerah pedalaman. Mereka di bantu oleh seorang pemburu berpengalaman bernama Bisman.


About this entry