Kineforum Juni 2010

Tempat Baru, Pertemuan Kembali

DOWNLOAD jadual Kineforum Juni 2010 *pdf

Mulai pada awal bulan ini kineforum Dewan Kesenian Jakarta menempati ruang baru. Kepindahan ini kami harap berjalan dengan lancar serta tidak mengurangi minat dan kenyamanan penonton kineforum. Bagi kami, tempat baru berarti juga beragam kemungkinan serta tawaran baru yang kami harap akan terus berdatangan seperti yang sudah berlangsung selama ini dari para mitra dan penonton kineforum DKJ.

Untuk mengawali pertemuan kembali ini dengan bangga kami menghadirkan program khusus PROGRES yang terdiri dari film-film pendek Indonesia. Keistimewaan film-film dalam program ini adalah semuanya dibuat dalam konteks workshop film. Karena itu film-film pendek memperlihatkan suatu usaha para pembuat film ini untuk mengambil langkah maju dalam sejarah profesinya masing-masing.

Mulai minggu kedua dan ketiga kami menjadi tuan rumah bagi dua acara: Festival Film Goelali dan Refugee Film Week.

Festival Film Goelali yang dibuat khusus untuk anak-anak dan remaja pada tahun memasuki edisinya yang kedua. Seperti tahun yang lalu kami tak sabar untuk bertemu pada pengunjung belia untuk menikmati bersama film-film anak dan remaja dari berbagai belahan dunia.

Refugee Film Week adalah waktu untuk bersama mengenali lebih dekat persoalan para pengungsi di dunia saat ini. Pengungsi adalah bagian dari persoalan sosial yang sebetulnya sangat dekat dengan kita. Dalam program ini kita tidak hanya akan menonton film, tapi juga berdiskusi tentang masalah pengungsi di Indonesia. Program ini dikerjakan bersama dengan Jesuit Refugee Service Indonesia.

Menjelang akhir bulan, akhir pekan kami isi dengan film-film mengenai olah raga paling populer di dunia: sepak bola. Kami ajak Anda untuk menikmati Soccer at the Neighbors angkaian film-film mengenai sepakbola di wilayah Asia yang dihadirkan oleh Erasmus Huis.

Selain program-program di atas, seperti biasa kami juga menghadirkan kembali World Cinema Features dengan koleksi arsip film Goethe-Institut Jakarta dan Japan Foundation serta dua judul film dokumenter tentang musik dalam World Documentary dari koleksi Goethe-Institut Jakarta.

Sinopsis:

International Refugee Day Programme

Hope

Hope (2007), Dokumenter, DVD, 104 menit, B Inggris, Sutradara: Steve Thomas. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
Kehidupan 353 penumpang X SIEV – kebanyakan perempuan dan anak-anak hilang. Itu adalah bencana maritim terbesar sejak Perang Dunia II, namun nasib orang-orang ini nyaris tidak mengganggu kehidupan bernegara mereka bercita-cita untuk bergabung. Seorang perempuan Irak menceritakan kisah sedih akhir perjalanan ke Australia.

Running ,DVD, 30 menit, B Melayu, Sutradara : Mien Lor. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
Tentang pengalaman pengungsi Burma di Malaysia

Don’t Fence Me In (2004), Dokumenter, DVD, 30 menit, B Inggris, Sutradara: Ruth Gumnith. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
Karen, seorang pengungsi yang tinggal di Kamp Pengungsi di Thailand.

Letters to Ali (2004), Dokumenter, DVD, 106 menit, B Inggris, Sutradara: Clara Law. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
Cerita tentang sebuah keluarga Australia mengunjungi dan menulis surat kepada seorang anak pengungsi dari Aghanistan di pusat penahanan Australia

Cecil’s Journey (2002), Dokumenter, DVD, 54 menit, B Inggris, Sutradara: Rohan Fernando. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
Rohan Fernando, seorang seniman visual 26 tahun, meninggalkan rumahnya di Kanada selama sembilan minggu perjalanan ke Sri Lanka. Tujuan perjalanan ini adalah untuk mengambil foto yang akan menjadi inspirasi untuk lukisan masa depan

Family Motel (2007), Drama, DVD, 80 menit,B Inggris, Sutradara: Helen Klodawsky, Pemain : Nargis, Asha Jibril, dan Sagai Jibril. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
Pengungsi dari Somalia. Seorang Ibu dang kedua anaknya yang mencoba menata hidupnya kembali di Kanada.

Forst ,Dokumneter, DVD, 50 menit, Sutradara: Ascan Breuer, Ursula Hansbauer, dan Wolfgang Konrad. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
Pengungsi di Jerman dan perjalanan mereka dilambangkan dengan perjalanan melalui hutan gelap.

A Well-Founded Fear (2008), Dokumenter, DVD, 54 menit, B Inggris, Sutradara: Bentley Dean dan Anne Dealney. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
Pemerintah Australia mengirimkan kembali pencari suaka. Hukum internasional mengatakan orang tidak harus dikirim ke lokasi yang tidak aman. Tapi Pemerintah Australia tidak pernah tahu apa yang terjadi pada para pencari suaka yang tidak mereka inginkan. Jadi ditentukan Australia dengan hasrat untuk keadilan telah membuatnya menjadi misinya. Film in diangkat dengan cerita bergerak dari pencarian Phil Glendenning untuk para pencari suaka Australia ditolak. Film ini mengikuti dia yang pergi melalui Afghanistan, Suriah, Turki, Iran dan Kanada.

GOELALI CHILDREN’S FILM FESTIVAL 2010

“A Celebration of Fun Activities for All Children”

Festival film anak-anak dengan beragam aktivitas telah hadir di tengah-tengah anda!
Goelali Foundation kembali mempersembahkan Goelali Children’s Film Festival 2010. Acara yang diorientasikan untuk para keluarga ini dilaksanakan mulai tanggal 12-20 Juni 2010 di Miniapolis, Plaza Indonesia & Taman Ismail Marzuki.

Kamu tidak hanya bisa menonton film-film dari Indonesia saja, tetapi juga dari berbagai negara di belahan Asia dan Eropa. Semua film bisa ditonton secara cuma-cuma. Namun jika kamu punya komunitas atau sekolah yang ingin langsung menonton bersama-sama dalam jumlah besar, segera hubungi Goelali karena kami menyediakan program “School Field Trip”. Sebuah program yang dirancang khusus agar anak-anak bisa menikmati semua acara di Miniapolis, Plaza Indonesia.
Goelali lebih dari festival film biasa! Goelali menyelenggarakan sejumlah workshop, pameran, performances, dan kompetisi yang memfasilitasi anak-anak untuk semakin kreatif dalam berimajinasi dan berkarya. Seperti Scriptwriting, Filmmaking, Magic, Acting, Book Illustration, Finger Fun, Character Making with PlayDoh and Gundam, Set and Costume Design, Sound Design, Animation, Photography, Journalism Workshops, Face Painting, Book Drawing Competition, Storytelling Weekends, dan juga seminar serta talkshow untuk para ibu.

Ayo kunjungi semarak Goelali Children’s Film Festival 2010 bersama ayah, ibu, paman, bibi, kakak, adik, sepupu, serta teman-teman! Kamu bisa mengunjungi Miniapolis, Plaza Indonesia Lt. 3 dan Taman Ismail Marzuki.

Untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi: Goelali Foundation (021) 3425 7337 atau goelali.workshop@gmail.com

Goelali Children’s Film Festival 2010, more films, more workshops, more activities, for more children, and absolutely more fun!

Progress 1

Paotere (2008), DVD, 16 menit, B Indonesia / Subtitle English, Sutradara: Andi Arfan Sabra. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
Reza dan Arfah adalah anak-anak dengan tanggung jawab yang besar. Keduanya harus bekerja di pasar ikan, sejak fajar menyingsing hingga malam menjelang. Selain harus membantu orangtua menghidupi keluarganya, mereka juga punya mimpi-mimpi untuk diwujudkan.

Heaven for Insanity (2008), DVD, 32 menit,  B Indonesia / Subtitle English, Sutradara: Dria Soetomo. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
Watmo hidup dengan aturannya sendiri. Dia berteriak secara acak pada orang lain tanpa penjelasan; tetangganya berpikir dia gila. Suatu hari, Bakti, salah satu administrasi dari ketua lingkungan menyarankan membawa Watmo ke rumah sakit jiwa di pinggiran kota itu. Segera setelah itu, pejabat dari lembaga datang menjemputnya.
Official selection of Jakarta International Film Festival, Indonesia (2008), Official selection of International Film Festival Rotterdam, TheNetherlands (2009)

Boy Meets Girl (2008), Drama Komedi, 7 menit, B Indonesia / Subtitle English, Sutradara: Erik Bachtiar dan Utawa Tresno. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
Seorang penulis dan rekan kerjanya berdiskusi tentang kemungkinan seorang pria biasa mampu menaklukkan seorang perempuan cantik. Sambil menikmati kopi, mereka berkhayal tentang cinta pada pandangan pertama di berbagai jenis film yang berbeda

Jali Joni

Jali Joni (2008), Dokumenter, DVD, 22 menit,B Indonesia / Subtitle English, Sutradara: Isna Hening. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
Seorang anak laki-laki yang berteman dengan kambing, hanya untuk mengetahui bahwa itu akan disembelih pada upacara keagamaan muslim.

Progress 2

Bot … Parabot (2008), Dokumenter, DVD, 7 menit , B Indonesia / Subttle B Inggris, Sutradara : Jastis Arimba. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
Kenaikan harga minyak berpengaruh buruk pada bisnis. Dion dan teman-temannya menyesuaikan diri dengan hal ini sambil menggerutu tentang hidup.

“Babi apa Ayam?” (Pork or Chicken?) (2008), Dokumenter, DVD, 13menit, B Indonesia / Subttle B Inggris, Sutradara : Sakti Parantean. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
Satu hari dalam hidup Novi, bocah perempuan berusia 10 tahun keturunan Cina yang tinggal di Glodok, pecinan kota Jakarta. Hari-harinya diisi dengan kerja… bukan sekolah.

Irama Hari (Rhythm of A Day) (2008), Dokumenter, DVD, 9 menit, B Indonesia / Subtitle B Inggris, Sutradara : Steve Pillar Setiabudi. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
Beragam makanan yang ada di jalanan Jakarta tidak datang begitu saja. Komposisi dari berbagai elemen yang ada di satu hari – didedikasikan untuk orang-orang yang memberikan kontribusi ke kehidupan Jakarta.

Makan Siang di Hari Jumat (Friday Lunch) (2008), Dokumenter, DVD, 8 menit, B Indonesia / Subtitle B Inggris, Sutradara : Ariani Djalal. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
Kisah dua masjid di ibukota negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia dan bagaimana dua masjid ini berpengaruh terhadap orang-orang yang berada di sekitarnya.

Musafir (Wanderers) (2008), Dokumenter, DVD, 17 menit, B Indonesia / Subtitle B Inggris, Sutradara : BW Purba Negara. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
Kamal dan Ida mengumpulkan barang-barang yang dibuang orang kaya di Jakarta. Mereka berbagi masalah kehidupan di pintu masjid, gerobak dengan roda yang rusak dan tongkat ajaib.

SOCCER AT THE NEIGHBOURS


One Leg Kicking
(2000), Komedi, DVD, 90 menit, B Inggris, Sutradara: Khoo Koh, Pemain: Gurmit Singh, Mark Lee, Moe Alkaff, Sharon Au and Robin Leong. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
“One Leg Kicking” bercerita tentang sekelompok underdog yang membentuk sebuah tim sepak bola amatir untuk bermain di liga lokal fiksi yang diselenggarakan oleh farsighted sponsor. Hadiah untuk para pemenang: perjalanan ke Final Piala Dunia 2002.

Sagai United

Sagai United (2004), Komedi, DVD, 105 menit, Bahasa Thai/Subtitle English, Sutradara: Somching Srisuparp, Pemain: Pongpat Wachirabunjong, Komsun Sritarntho, Samrith Michaelsen. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
“Sagai United”, diambil dari rumah terpencil mereka di Provinsi Yala, Bangkok tempat untuk pertama kalinya dalam hidup mereka. Mereka dipilih untuk bersaing dengan yang terbaik di kompetisi nasional. Sebuah tim underdog penduduk desa, mereka diperlakukan seperti badut dan sangat kurang ada gambar modern. Namun, gaya unik mereka di lapangan diatur untuk mengambil semua orang terkejut.

Lata at Tsinelas (Can and Slippers) (2005) DVD, 2 menit, Bahasa Tagalog/Subtitle English, Sutradara: Khavn, Pemain: Jayson Placer, dan Daryl Reyes. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
seorang fanatik sepak bola muda, melalui sebuah distrik kumuh Manila. Tidak ada bola atau sepatu bola, tapi Coke dapat dan sandal jepit adalah bahan untuk demonstrasi virtuoso seni sepakbola.
Opening Ceremony – 28th Clermont-Ferrand International Short Film Festival (2006) Toronto Reel Asian Film Festival (2006)

Homeless FC

Homeless FC (2007), Dokumenter, DVD, 115 menit, B Mandarin/Subtitle English, Sutradara: James Leong and Lynn Lee. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
Homeless FC mengikuti Tim Dawn melalui satu tahun penuh gejolak. Ini adalah tahun di mana secercah harapan menyentuh kehidupan pria, hubungan baru memegang dan muncul beberapa mimpi menjadi kenyataan. Dunia rapuh, di mana hidup itu selalu sebuah tantangan.

De Zwartee Metoor

De Zwarte Meteoor (The Black Meteor) (2000), Drama, DVD, 107 menit, B Belanda / Subtitle English, Sutradara: Guido Pieters, Pemain: Jet Novuka, Erik van der Horst, Gijs Scholten van Aschat, dan Peter Tuinman. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
Film ini berlatar tahun 1950-an, ketika klub sepak bola dari Heracles Almelo SC, di pedesaan timur Belanda, mengakuisisi pemain Afrika Steve. Mokone Heracles membuat tim sukses, saat mengganti setiap aspek kehidupan di kota kecil. Mokone membangun persahabatan yang unik dengan Felix berumur 15 tahun, tetapi kemudian meninggalkan kota secepat dia datang

World Cinema Feature

Gadis Pelompat Waktu

Gadis Pelompat Waktu (Toki o Kakeru Shojo) (2006), Animasi – Drama, 16mm, 99 menit, B Japan / Subtitle English, Sutradara: Mamoru Hosoda, Pemain: Riisa Naka, Takuya Ishida, Mitsutaka Itakura, dan Ayami Kakuuchi. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
Makoto Konno sadar jika ternyata mempunyai bakat untuk melintasi waktu ketika secara ajaib ia terhindar dari kecelakaan yang fatal. Setelah kejadian ini ia menjadi liar dan menggunakan bakatnya untuk segala hal yang akhirnya berakibat buruk bagi orang lain. Akhirnya gadis ini sadar bahwa kemampuannya ini terbatas dan ia mulai membantu teman dan berbuat hal baik sebelum akhirnya ia bertemu dengan Chiaki, seorang pemuda dari masa depan yang hadir untuk menyelamatkan banyak hal.
Best Animated Feature Film 2006 (Catalonian International Film Festival), Best Animation Film 2007 (Mainichi Film Concours)

Harukanaru Koshien

Seruan Penonton (Harukanaru Koshien) (1990), Drama, 16mm, 103 menit, B Jepang / Subtitle English , Sutradara: Yutaka Osawa, Pemain: Tomokazu, Miura, Yasufumi Hayashi, Misako Tanaka, dan Mayumi Ogawa. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
Suatu hari di musim panas, murid SLTP bernama Toshio menonton pertandingan baseball SLTA di stadion. Terbawa oleh suasana energetik pertandingan, Toshio merasa seolah ia dapat mendengar suara kompetisi itu. Pikirnya, “Aku ingin mendengar lagi suara-suara dari tribun. Aku ingin bermain baseball!” Maka pada hari pertama sekolah, ia bertanya pada gurunya, Shinjo, apakah mereka bisa membentuk sebuah tim baseball. Ini adalah kali pertama bagi Shinjo dan kepala sekolah mengahadapi murid yang mengungkapkan perasaan mereka secara bebas, dan meskipun melalui berbagai persyaratan, lahirlah sebuah tim baseball.

Nosferatu (Hantu Malam) (1978), Horor, DVD, 103 menit, B German / Suntitle English, Sutradara: Werner Herzog. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
Berangkat dari novel „Dracula“ (1897) karya Bram Stoker dan versi film bisunya “NOSFERATU” (sutradara: Friedrich Wilhelm Murnau, 1921/22), Werner Herzog mencoba menceritakan kembali kisah vampir yang sering diadaptasi ini: sebagai relasi antara gambar-gambar klasik Jerman dan kosmos visualnya sendiri.

Berlin is in Germany (2001), Drama, DVD,91 menit, B German / Subtitle English, Sutradara: Hannes Stöhr, Pemain: Jorg Schuttauf, Julia Jager, Robin Becker, dan Tom Jahn. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
Hukuman Martin yang telah dimulai sejak masa Jerman Timur (DDR=Deutsche Demokratische Republik) akhirnya selesai. Martin dibebaskan ke Berlin baru yang telah bersatu. Dia menemui teman-teman lamanya juga istrinya yang telah hidup bersama lelaki lain beserta anak mereka yang sama sekali tidak mengenal Martin sebagai ayahnya. Disebabkan kesalahpahaman Martin terlibat konflik dengan polisi. Namun, dengan bantuan istrinya dia kembali dibebaskan. Dia memiliki sebuah harapan baru.
Panorama Audience Awards – Berlin International Film Festival (2001)

Wallers letzter Gang (Jalan Terakhir Waller) (1988), Drama-Biography, DVD, 95 menit, B German / Subtitle English, Sutradara: Christian Wagner, Pemain: Rolg Illig, Sibylle Canonica, Volker Prechtel, dan Herbert Knaup. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
Si tua Waller yang bekerja sebagai pengontrol rel teringat kembali akan kenangan di sepanjang jalan tersebut. Kenangan tersebut muncul lagi ketika ia melalui jalan itu. Jalur rel „miliknya“ yang berada di daerah tenang di balik lembah di daerah Allgäu. Ia ingin semua rel-rel tersebut tetap seperti semula.
Best Young Production – Bavarian Film Awards (1989)

World Documentary

Touch the Sound : A Sound Journey with Evelyn Glennie (2004), Dokumenter, DVD, 100 menit, B Inggris, Sutradara: Thomas Riedelsheimer, Pemain: Evelyn Glennie, Fred Frith, dan Jason the Fogmaster. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
Dokumenter Thomas Riedelsheimer’s menceritakan kisah tuli seorang perkusi dari Skotlandia Evelyn Glennie. Dan upayanya untuk mewujudkan terlihat dalam film. Dengan demikian, Evelyn berusaha menemukan perpaduan dari sensasi berbeda dan mosaik persepsi sensual.
Best Documnetary – Bangkok International Film Festival (2005), Best Documentary – BAFTA Awards Scotland (2004)

Nach Der Musik

Nach der Musik (2003-2007), Dokumenter, DVD, 105 menit, B German / Subtitle English, Sutaradara: Igor Hetzmann, Pemain: Igor Heitzmann, Renate Heitzmann, Staatskapelle Berlin, dan Marita Suitner. UNTUK 13 TAHUN KEATAS
Sebuah pendekatan yang akrab pada kehidupan publik dan rahasia seorang Otmar Suitner: konduktor sukses, orang Austria yang tinggal di bekas Jerman Timur, seorang laki-laki di antara dua perempuan, di antara kehidupan timur dan barat. Dalam film ini Suitner tidak ditampilkan sebagai figur ayah oleh sutradaranya, Igor Heitzmann. Sebuah film tentang seorang konduktor besar, diceritakan oleh putranya sendiri, yang mencoba “menemukan“ sang ayah melalui musik.
Silver Horn – Cracow Film Festival (2008)

Lokasi Kineforum baru :

Download denah lokasi Kineforum baru *pdf




About this entry