Identitas Untuk Semua (Kineforum akhir juli & Agustus)

DOWNLOAD jadual program Identitas Untuk Semua *pdf

Untuk memperingati hari Kemerdekaan RI pada bulan ini Dewan Kesenian Jakarta mengadakan rangkaian acara khusus yang terdiri dari acara pameran fotografi dan pemutaran film.

Rangkaian kegiatan ini merupakan ajakan untuk merayakan bersama keragaman Indonesia serta mengunjungi kembali beberapa momen sejarah yang menjadikan Indonesia yang kita nikmati bersama saat ini.

Dalam rangkaian khusus ini kami menghadirkan program film Festival Budaya Tionghoa-Indonesia yang merupakan kerjasama DKJ dengan Perhimpunan Penulis Tionghoa-Indonesia Yin Hua dan program Menjadikan Indonesia. Melalui kedua program ini kami mengajak penonton untuk menikmati kembali karya-karya bertema budaya Tionghoa Indonesia serta betapa beragamnya kepentingan dan pengalaman yang dituangkan dalam menjadikan bangsa Indonesia.

Semua kepentingan dan pengalaman yang beragam inilah yang membentuk identitas kita masing-masing. Semua identitas ini ingin kami beri ruang untuk dinyatakan dan dibahas sehingga kita menerimanya sebagai keragaman yang mengayakan, bukan sumber perpecahan.

Selain acara khusus di atas, seperti biasa kineforum DKJ menawarkan perjalanan lintas budaya dan negara. Masih sejalan dengan tema keragaman identitas Nusantara, kineforum DKJ mengajak para pengunjung untuk mengalami juga keragaman identitas di berbagai belahan dunia.

Sejak akhir Juli 2010, kineforum DKJ mendukung upaya kampanye penghapusan bentuk senjata cluster bomb melalui pemutaran film-film dengan tema ini.

Setelah itu kita akan menikmati film-film pendek Indonesia-Prancis dari program Special Accourts d’Ecran dari CCF, mengunjungi Asia Tenggara melalui program Sea Scope yang disusun oleh Elida Tamalagi serta berkenalan dengan budaya imigran Turki-Jerman lewat karya sutradara Fatih Akin dari koleksi Goethe-Institut.

Menjelang akhir Agustus 2010, kami menghadirkan kembali film Minggu Pagi di Victoria Park karya Lola Amaria. Film ini patut dinikmati oleh lebih banyak penonton karena latar belakang ceritanya yang sangat penting dan menarik: kehidupan pekerja migran perempuan Indonesia di Hongkong.

Pada minggu yang sama, untuk menyambut kedatangan penulis Abdullah Harahap untuk acara Bincang Tokoh DKJ, kami memutarkan dua film berdasarkan cerita yang ia tulis.

Selamat menonton dan berdiskusi di kineforum!

Sinopsis

Cluster Bomb Campaign

Unacceptable Harm (2008), Dokumenter, DVD, 35 menit, B Inggris Sub tittle Indonesia, Sutradara: Chris Anderson. UNTUK 15 TAHUN KEATAS

Gharachi Belker menjadi buta setelah ia secara tak sengaja memegang sebuah cluster bomb (bom curah) di Sahara pada tahun 1983. Ia tidak sendiri karena masih banyak warga sipil lain yang terkena akibat cluster munitions (munisi curah) yang masih terrsisa bahkan setelah konflik berakhir.

The Convention On Cluster Munitions: Time To Act (2008), Dokumenter, DVD, 15 menit, B Inggris Sub tittle Indonesia, Sutradara: Didier Revol. UNTUK 15 TAHUN KEATAS

Munisi Curah telah menjadi masalah yang terus menerus selama beberapa dekade. Meski hanya digunakan dalam beberapa puluh konflik bersenjata, senjata ini telah membunuh dan melukai puluhan ribu warga sipil di negara-negara yang perang. Film ini memberikan ikhtisar masalah munisi curah, ketentuan utama Konvensi serta langkah yang diperlukan untuk memenuhi perjanjian dalam konvensi tersebut.

Bombies (2001), Dokumenter, DVD, 57 menit, B Inggris Sub tittle Indonesia, Sutradara: Jack Silberman. UNTUK 15 TAHUN KEATAS

Antara tahun 1964 dan 1973 militer Amerika Serikat menjatuhkan dua juta ton bom di Laos. Banyak dari bom ini gagal meledak, dan tetap berbahaya hingga 30 tahun kemudian. Bombies memberikan gambaran tentang Laos yang terus menghadapi bahaya serta upaya yang dilakukan organisasi-organisasi internasional untuk menyingkirkan bom tersebut.

Bomb Harvest (2007), Dokumenter, DVD, 88 menit, B Inggris Sub tittle Indonesia, Sutradara: Sylvia Wilczynski. UNTUK 15 TAHUN KEATAS

Akibat Perang Vietnam 35 tahun yang lalu, di Laos masih tersebar bom-bom yang belum meledak. Sebuah bom aktif ditemukan di belakang sebuah sekolah desa. Kemiskinan di pedesaan juga memicu perdagangan logam bekas bom dan banyaknya anak-anak yang pergi untuk mencari logam tersebut.

Disarm (2005), Dokumenter, DVD, 67 menit, B Inggris Sub tittle Indonesia, Sutradara: Mary Wareham & Brian Liu. UNTUK 15 TAHUN KEATAS

Visual yang menakjubkan tentang eksplorasi ranjau darat. Meskipun dilarang secara global, jutaan ranjau anti-personel terus memakan korban di seluruh dunia. Disarm menyajikan berbagai pendapat publik mulai dari pemerintah, korban ranjau, para pejinak ranjau bahkan juga tentara.

THE BAN ADVOCATES From Victims to Champions (2010), Dokumenter, DVD, 24 menit, B Inggris Sub tittle Indonesia, Sutradara: Chris Anderson. UNTUK 15 TAHUN KEATAS

Korban dari berbagai Negara seperti Afghanistan, Ethopia, Serbia, dan Irak, bercerita bagaimana mereka terkena dampak munisi curah (cluster munition) sehingga mereka harus kehilangan anggota tubuhnya. Film ini menceritakan usaha para korban yang ikut mengkampanyekan larangan bom curah.

Courts-circuit

“Special à courts d’écran adalah 3 hari pemutaran film pendek beserta kegiatan pendukung berupa diskusi dan lokakarya penulisan skenario. Program ini diselenggarakan sejak tahun 2007 dan beberapa di antaranya merupakan kerjasama antara pusat kebudayaan Prancis CCF Jakarta dan kineforum Dewan Kesenian Jakarta.

Special à courts d’écran merupakan bagian program CCF Jakarta untuk pemutaran film pendek Indonesia-Prancis, untuk mendukung serta memfasilitasi pembuat film muda Indonesia, membuat ruang temu antara pembuat dengan penonton, serta ruang dialog antara Indonesia-Prancis melalui medium film pendek.”

Festival Budaya Tionghoa-Indonesia

Mei Lan, Aku Cinta Padamu (1974), Drama, 16mm, 92 menit, B Indonesia, Sutradara: Pitrajaya Burnama, Pemain: Eva Devi, Hendra Cipta, Awaludin, Rd Mochtar, Fifi Young, ME Zainuddin, Rachmat Hidayat, Robert Syah. UNTUK 13 TAHUN KEATAS

Persahabatan Aminudin dan Liem Han Seng yang kuliah di tempat sama, membawa buntut pahit. Persahabatan itu membuat jalan bagi Aminudin dan Liem Mei Lan, adik Han Seng, jadi saling mengasihi. Yang jadi masalah dalam hubungan ini adalah sikap anti orang tua kedua belah pihak, karena alasan ras. Aminudin dan Mei Lan kawin lari, dan membangun rumah tangga sendiri, sampai suatu saat Mei Lan meninggal saat melahirkan. Maka orang tua Mei Lan pun menyesal.

cin(T)a

cin(T)a (2009), Drama, DVD, 79 menit, B Indonesia, Sutradara: Sammaria Simanjuntak, Pemain: Sunny Soon, Saira Jihan. UNTUK 13 TAHUN KEATAS

Cina, seorang mahasiswa baru yang belum pernah mengalami kegagalan dalam hidup, sehingga dia yakin bisa mewujudkan impiannya menjadi Gubernur Tapanuli hanya dengan modal iman. Annisa (Saira Jihan), mahasiswi tingkat akhir 24 tahun yang kuliahnya terhambat karena karirnya di dunia film. Popularitas dan kecantikan membuatnya kesepian, sehingga ia bersahabat dengan jarinya sendiri yang digambari bermuka sedih. Sampai suatu hari datang ‘jari’ lain yang menemani. Tuhan, karakter yang paling tidak bisa ditebak. Setiap orang merasa mengenal-Nya. Setiap karya seni mencoba untuk menggambarkan-Nya, tapi tidak ada yang benar-benar mampu menggambarkan-Nya. Tuhan mencintai Cina dan Annisa, tapi Cina dan Annisa tidak dapat saling mencintai karena mereka memanggil Tuhan dengan nama yang berbeda.

Best Original Script Festival Film Indonesia (FFI) 2009, Pemenang Audience Award untuk Film Favorit, dan Indonesian Feature Film Competition (JIFFEST) 2009

CATATAN: Sesi tanya-jawab bersama pembuat film cin(T)a akan diadakan pada pemutaran tanggal 6 Agustus 2010.


Babi Buta Yang Ingin Terbang

Babi Buta Yang Ingin Terbang (2008), Drama, DVD, 77 menit, B Indonesia, Sutradara: Edwin, Pemain : Ladya Cheryl, Pong Harjatmo, Joko Anwar, dan Carlo Genta. UNTUK 21 TAHUN KEATAS

Linda dan Cahyono menyambung kembali persahabatan mereka. Halim bilang pada Verawati bahwa dia ingin kawin lagi. Salma muncul di Planet Idol. Romi dan Yahya ingin latihan praktik seks penetratif. Opa meninggal dan Linda menebar abunya bersama Cahyono. Cahyono akhirnya belajar menegakkan kepala. Babi Buta Yang Ingin Terbang menawarkan perjalanan pengalaman Linda dan orang-orang di sekitarnya yang semuanya punya obsesi masing-masing. Pandangan yang rapuh tapi menyeluruh tentang komunitas yang tak pernah nyaman akan dirinya – dan harapan-harapan yang takkan pernah sepenuhnya terkabul.

FIPRESCI winner, 2009 International Film Festival Rotterdam

Ca Bau Kan

Ca Bau Kan (2002) , Drama, DVD, 119 menit, B Indonesia, Sutradara: Nia Dinata, Pemain: Lola Amaria, Ferry Salim, Niniek L. Karim, Robby Tumewu, Tutie Kirana. UNTUK 13 TAHUN KEATAS

Bagi mereka yang mengerti bahasa Cina, “Ca-bau-kan” berarti “wanita”. Namun, sebagian besar menyebutnya “cabo” yang berarti wanita tidak bermoral. Giok Lan, yang dipungut oleh sebuah keluarga di zaman kolonial, berniat untuk mencari kembali asal usulnya. Pada usia senja, Ia kembali ke Indonesia untuk mencari tahu asal usul dan latar belakang hidupnya. Film kemudian beralih ke masa lalu. Ibu Giok Lan ternyata seorang Ca Bau Kan , seorang pribumi bernama Tinung yang dikawin oleh Tan Peng Liang, seorang Cina Semarang yang “menguasai” pedagangan Jakarta dan terlibat dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Best Director and New Director (Asia-Pacific Film Festival 2002)

Gie

Gie (2005), Drama, DVD, 147 menit, B Indonesia, Sutradara: Riri Riza, Pemain: Nicholas Saputra, Sita Nursanti, Jonathan Mulia. UNTUK 15 TAHUN KEATAS

Kisah yang di angkat dari cerita Soe Hok Gie , aktivis dan penulis di tahun 60an. Kisah seorang yang berada diluar arus zaman. Gie di kenal sebagai orang lurus, jujur, dan tidak dikenal kompromi.

Special Jury Awards (Asia-Pacifik Film Festival 2006) dan Special Jury Awards (Singapore Film Festival 2006)

Karma (2008), Horor, DVD, 87 menit, B Indonesia, Sutradara: Allan Lunardi, Pemain: Dominique Agisca Diyose, Joe Taslim, H.M. Damsyik, Jonathan Mulia, Jenny Chang, Henky Solaiman, Verdi Solaiman UNTUK 13 TAHUN KEATAS

Keluarga Guan yang aneh dan misterius. Tidak ada satupun perempuan dalam keluarga itu. Thiong Guan memiliki anak laki-laki satu-satunya, Philip. Phillip memiliki dua anak laki-laki hasil dari dua perkimpoian yang berbeda, bernama Martin dan Armand. Karena suatu alasan, Armand memutuskan keluar dari rumah Guan dan studi ke Australia. Di Australia, Armand bertemu Sandra yang hidup dengan keluarganya di sana. Mereka jatuh cinta dan Sandra hamil di luar nikah. Sandra diusir oleh keluarganya. Armand mengajak Sandra pulang ke Indonesia dan menikah. Mereka harus tinggal sementara di rumah keluarga Guan hingga Armand dapat memulihkan bisnis keluarganya kembali. Kedatangan Armand dan Sandra yang tengah hamil disambut dengan lemparan gelas oleh calon kakek mertuanya. Berlanjut dengan kejadian-kejadian aneh muncul sejak malam pertama Sandra tinggal di rumah keluarga calon mertuanya itu.

CINtA

CINtA (2009), Drama, DVD, 28 menit, B Indonesia, Sutradara: Steven Facius, Pemain: Titi Sjuman, Verdi Solaiman UNTUK 15 TAHUN KEATAS

Ini adalah kisah CINtA di sebuah dunia yang masih menyisakan bekas luka lama di masa lalu. Antara seorang Cina bernama A Su dan Siti, seorang muslimah. Di hari yang menentukan segalanya A Su meminta Siti untuk menikah. Pertanyaan sederhana yang harus mereka jawab bersama dengan cara yang susah. Pencarian jawaban dari dua orang sederhana yang tidak mengerti kenapa mereka harus berbeda. Dan sebaliknya mengerti, kalau sebenarnya mereka cuma saling jatuh cinta.

Anak Naga Beranak Naga (2006), Dokumenter, DVD, 60 Menit, B Indonesia, Sutradara: Ariani Darmawan. UNTUK 13 TAHUN KEATAS

Film dokumenter yang menceritakan kisah terbentuknya musik gambang kromong yang merupakan hasil budaya akulturatif Tionghoa Indonesia atau yang lebih akrab disebut Tionghoa Peranakan.

May

May (2008), Drama, 35mm, 105 menit, B Indonesia, Sutradara: Viva Westi, Pemain: Jenny Chang, Yama Carlos, Jajang C. Noer, dan Lukman Sardi. UNTUK 13 TAHUN KEATAS

Mengatasi perbedaan kulit diantara mereka, Antares dan May saling mencintai. Pada suatu hari di bulan Mei 1998, mereka terpisah dan tidak pernah lagi bertemu. May berpikir Antares meninggalkannya, dan dengan pikiran itu, ia menjalani hidup. May keluar dari Indonesia untuk melupakan kepedihannya. Suatu ketika ia diperkosa sekelompok orang. Jika saja Antares tidak sedang meliput kerusahan Mei saat itu, May pasti tidak mengalami kejadian pahit tersebut

Kompilasi Film Pendek:

Sugiarti Halim

Sugiharti Halim ( 2008 ), Drama, DVD, 10 menit, B Indonesia, Sutradara :Ariani Darmawan Pemeran: Nadia, Hengky Hidayat UNTUK 15 TAHUN KEATAS

Apa artinya sebuah nama? Bagi Sugiharti Halim, ternyata nama berarti sejumlah pertanyaan panjang. Kadang kocak, kerap menjengkelkan, dan yang jelas penuh kontradiksi: Apa benar seseorang perlu nama ‘asli’? Apa betul nama bisa dijual? Apa iya identitas bisa disamarkan di balik sebuah nama? Sugiharti Halim menawarkan sebuah cara pandang yang jenaka, ‘nyelekit’, sekaligus kontekstual untuk ditilik lagi hari ini.

Trip to the Wound

Trip To The Wound ( 2007 ), Drama, DVD, 7 menit, B Indonesia, Sutradara : Edwin Pemain : Ladya Cherryl. UNTUK 15 TAHUN KEATAS

Suatu malam, saat menaiki sebuah bus, Shilla berjumpa dengan Carlo. Shilla adalah seorang kolektor. Ia mengoleksi kisah-kisah di balik bekas luka. Carlo tak akan bisa melupakan perjalanan itu.
Huan Chen Guang (2008 ), Drama, DVD, 15 menit, B Indonesia, Sutradara : Ifa Isfansyah UNTUK 15 TAHUN KEATAS
Chen Guang adalah perempuan China berusia 21 tahun dan tinggal di Beijing. Ibunya yang orang Indonesia meninggal pada saat terjadi kerusuhan Mei 1998 di Jakarta. Lalu Chen Guang pergi ke Korea, tujuannya adalah ingin menutup kenangan buruk yang selalu ada di dirinya dengan sebuah kenangan yang indah.

A Letter of Unprotected Memories ( 2008 ), Dokumenter, DVD, 10 menit, B Indonesia, Sutradara : Lucky Kuswandi. UNTUK 15 TAHUN KEATAS

Lucky Kuswandi mengajak kita serta ke dalam sebuah perjalanan personal yang dialaminya ketika Imlek kini menjadi ‘tanggalan merah’. Perayaan hari istimewa itu senantiasa membawanya kembali ke masa kecilnya saat perayaan Imlek masih dilarang, dan beragam keunikan perayaan Imlek di kalangan terdekatnya, baik dulu maupun sekarang, serta pertanyaan besar yang terus diajukannya tiap kali Imlek tiba.

Sea Scope

Punggok Rindukan Bulan (This Longing) (2008), Drama, DVD, 122 menit, Sutradara: Azharr Rudin Malaysia. UNTUK 13 TAHUN KEATAS

Sebuah film tentang seorang anak laki-laki, yang duduk di sekolah menengah. Sidi dan ayahnya Adman, yang tanpa disadari menjalani hidup tanpa ada sossok seroang wanita dalam kehidupan mereka. Dalam cerita yang terpisah ada seorang perempuan muda kekanak-kanakan dengan cerita masa lalunya. Setting dari film ini adalaha kota Johor Baru, Malaysia.

Ang Nerseri (The Nursery) (2009), Drama, DVD, 80 menit, B Tagalog, Sutradara: Vic Acedillo Jr. UNTUK 13 TAHUN KEATAS

Cocoy, 12 tahun, mengambil tanggung jawab besar merawat kakak-kakaknya. Sementara ibunya Mai, pergi ke ibukota untuk bekerja mencari uang untuk membayar tagihan rumah sakit dari kakaknya yang sakit mental. Ibunya menghilang selama 2 minggu, dan Cocoy harus tetap mengelola keluarganya dan sekolahnya, hal tersebut merupakan tantangan yang menegangkan.

SHORTS:
Limang Libo (Five Thousand) (2009), Drama, DVD, 11 menit, B Tagalog, Sutradara: Ice Idanan. UNTUK 13 TAHUN KEATAS

Sebuah film tentang 2 orang yang hidup terpisah dan tidak saling menyadari keberadaan masing-masing. Kedua karakter tersebut adalah Susan dan Manuel, dari kehidupan yang sederhana.

Hujan Tak Jadi Datang (It’s Not Raining Outside) (2009), Drama, DVD, 16 menit, B Indonesia Sub tittle, Sutradara: Yosep Anggi Noen. UNTUK 13 TAHUN KEATAS

Mereka memasukan sofa ke dalam ruangan yang terlalu kecil dan tidak mengetahui bagaimana cara mengeluarkannya. Tetapi laki-laki dan wanita yang bekerja dalam toko furniture tanpa memilih kamar hotel sebagai sebuah lelucon. Mereka ingin tahu apa pendapat antara satu dengan yang lain. Ini adalah sebuah pertanyaan serius.

Outing (2009), Drama, DVD, 18 menit, B Inggris, Sutradara: Jow Zhi Wei. UNTUK 13 TAHUN KEATAS

Seorang kakek dan cucunya pergi pada tamasya yang tampaknya tidak bersalah karena mereka mengunjungi tempat-tempat yang menyimpan kenangan bagi mereka. Ini adalah kisah yang mengakui hidup melalui hubungan antara dua orang yang hanya memiliki satu sama lain.Melalui perjalanan yang sederhana, kebutuhan untuk persahabatan dan pengorbanan seseorang untuk dibawa kedepan.

Focal Point (2009), Drama, DVD, 13 menit, Sutradara: Alireza Khatami & Ali Seiffouri. UNTUK 13 TAHUN KEATAS

Seorang fotografer tua memiliki kamera ajaib, warisan dari nenek moyangnya. Orang-orang datang kepadanya untuk mengetahui siapa jodoh mereka. Hal tersebut tidak selalu kisah bahagia ketika menemukan pasangan mereka antara satu dengan yang lainnya. Sesekali ia mengambil gambar sendiri untuk menambah koleksi pribadinya. Kemudian suatu hari dia sendiri muncul. Takut bahwa ia mungkin tidak muncul di fotonya ia meletakkan terjaga di malam hari.

Body of Works Fatih Akin

Gegen die Wand

Gegen Die Wand (2004), Drama Romance, DVD, 121 menit, B German Sub tittle B Indonesia, Sutradara: Fatih Akin, Pemain: Birol Unel, Sibel Kekilli, Catrin Striebeck, dan Meltern Cumbul. UNTUK 13 TAHUN KEATAS

Cahit adalah Turki Jerman berumur 40 tahun. Dia telah menyerah dengan hidupnya setelah kematian istri tercintanya, dan ia hidup dengan menyedihkan menggunakan kokain dan minum alkohol. Suatu malam, dia dengan sengaja menabrak dinding. Dan di bawa kerumah sakit, ia bertemu seorang gadis, Sibel, Jerman Turki lain yang mencoba bunuh diri. Dia sakit dan lelah masalah dengan keluarganya yang ultra-tradisional, dan meminta Cahit untuk melakukan perkawinan dengannya sehingga ia dapat menjadi seorang wanita yang sudah menikah dan menyingkirkan tekanan dari keluarganya.

FIPRESCI Prize dan Golden Berlin Bear (Berlin International Film Festival 2004)

Kurz und schmerzlos

Kurz und schmerzlos (Short Shrap Shock) (1998), Drama Thriller, DVD, 100 menit, B German Sub tittle B Indonesia, Sutradara: Fatih Akin, Pemain: Mehmet Kurtulus, Aleksandar Jovanovic, Adam Bousdoukos, dan Regula Grauwiller. UNTUK 15 TAHUN KEATAS

Hamburg, Jerman sisi lain kejahatan dari kota tersebut. Tiga teman: Gabriel dari Turki dan hanya keluar dari penjara, Costa dari Yunani dan bersama-sama dengan adik Gabriel, Bobby dari Serbia dan bersama-sama dengan sahabatnya. Mereka ingin tergabung dalam sebuah geng untuk dapat kelakukan kejahatan dan memutuskan untuk mengajukan permohonan keanggotaan di sebuah geng Albania.

Director, dan Fiction/Entertaiment (Adolf Grimme Awards Germany , 2001)

Im Juli (In Juli) (2000) Adventure Komedi, DVD, 99 menit, B German Sub tittle B Indonesia, Sutaradara: Fatih Akin, Pemain: Moritz Bleibtreu, Christiane Paul, Mehmet Kurtulus, Jochen Nickel. UNTUK 13 TAHUN KEATAS

Seorang pria berhenti di pinggir jalan dan menonton gerhana matahari. Isa sedang menuju ke Turki dengan membawa mayat di bagasi, tanpa sengaja bertemu dengan seorang gadi di sebuag pesta bernama Juli. Juli ingin pergi ke Turki akhirnya memutuskan untuk ikut bersama Isa pergi ke Turki menggunakan mobil tanpa disadari Juli bahwa di bagasi mobil Isa ada mayat.

Outstanding Individual Achievement : Actor (Film Award in Goled German Film Awards, 2001)

Solino (2002) Drama Komedi, DVD, 124 menit, B German Sub tittle B Indonesia, Sutradara: Fatih Akin, Pemain: Christian Tasche, Barnaby Metschurat, Tiziana Lodato, dan Antonella Attili. UNTUK 13 TAHUN KEATAS

Pada usia 60 tahun Romano Amato, istrinya Rosa dan dua putra mereka Giancarlo dan Gigi pindah dari Solino di Italia ke Duisburg di daerah kawasan Ruhr untuk mendirikan restoran Pizza pertama di kota tersebut. Bisnis mereka pada awalnya berjalan dengan baik dan kedua anak sudah terbiasa tinggal di Jerman. 10 tahun kemudian, saudara-saudara jatuh cinta dengan wanita yang sama. Satu dekade kemudian keduanya bertemu lagi dan memiliki retrospeksi terhadap kehidupan mereka.

Best Screenplay, dan Best Young Actor (Bavarian Film Award, 2003), German Film (Giuld of German Art House Cinemas, 2003)

Auf der anderen Seite (The Edge of Heaven) (2007) Drama, DVD, 116 menit, B German Sub tittle B Indonesia, Sutradara: Fatih Akin, Pemain: Baki Davrak, Tuncel Kurtiz, Hanna Schygulla, dan Patrycia Ziolkowska. UNTUK 15 TAHUN KEATAS

Nejat tampaknya setuju dengan pilihan ayahnya Ali untuk tinggal bersama pacarnya yang seorang pelacur yang bernama Yeter. Yeter tiba-tiba meninggal, Nejat ingin memberitahukan anak Yeter yaitu Ayten yang berada di Istanbul. Akhirnya Nejat melakukan perjalanan ke Istanbul untuk mencari Ayten. Sedangkan Ayten adalah seorang aktivis politik yang telah melarikan diri dari polisi Turki dan pergi ke Jerman.

Best Screenwriter (European Film Awards, 2007), dan Best Screenplay (Cannes Film Festival, 2007)

Menjadikan Indonesia

Enam Djam di Djogdja (1951), Drama, DVD, 116 menit, B Indonesia, Sutradara: Usmar Ismail, Pemain: Del Juzar, R. Sutjipto, Aedy Moward, Rd Ismail, N. Damajanti. UNTUK 13 TAHUN KEATAS

Setelah Yogyakarta diduduki Belanda (Desember 1948), pasukan Republik Indonesia melakukan perang gerilya. Pada suatu ketika, Yogya diserbu dan bisa diduduki, walau cuma selama enam jam. “Serangan Oemoem” pada 1 Maret 1949 itu sekedar menunjukkan kepada dunia internasional, bahwa RI masih punya kekuatan, dan tidak (belum) hancur seperti dipropagandakan Belanda.

Embun (1951), Drama, DVD, 120 menit, B Inggris, B Indonesia, Sutradara: D. Djajakusuma, Pemain: Rd. Ismail, AN Alcaff, Titi Savitri, Aedy Moward, Iskandar Sucarno. UNTUK 13 TAHUN KEATAS

Sehabis masa revolusi, Leman diajak Barjo untuk mencari sumbangan dari para pengusaha. Ada yang memberi, ada yang menolak. Salah satu yang menolak ini menimbulkan pertengkaran hingga terbunuh oleh Leman. Leman pun lari ke Jakarta dan kembali ke desa setelah beberapa lama. Ternyata Barjo sudah jadi orang kaya dan membuka perjudian, pelacuran, dan mengawini kakak Leman. Leman berusaha menghindari Barjo dan ingin jadi petani biasa. Ia mendapat dukungan dari pacarnya, Irah. Barjo yang merasa tak aman akan rahasianya, terus membujuk dan akhirnya memaksa Leman ikut kerjasama dalam usahanya dengan ancaman membuka rahasia pembunuhan di masa lalunya. Leman jadi supir truk Barjo. Ternyata truk itu sarana transportasi penyelendupan senjata. Leman lari dari kejaran polisi dan mengejar Barjo. Duel terjadi di bukit tandus. Barjo tewas, Leman dielu-elukan penduduk desa.

November 1828 (1978), Drama, 35mm, 148 menit, B Indonesia, Sutradara: Teguh Karya, Pemain: Maruli Sitompul, Slamet Rahardjo, Jenny Rachman, Sunarti Rendra, Rachmat Hidayat, El Manik. UNTUK 13 TAHUN KEATAS

Film ini memamerkan tradisi masyarakat Jawa yang sangat liat unuk ditindas. Di tengah suasana perang Diponegoro, Kapitein De Borst, indo yang sangat ingin jadi Belanda murni, hendak membuktikan diri sebagai prajurit hebat. Pembuktian itu bisa diperoleh bila dia berhasil menangkap Sentot Prawirodirdjo, otak peperangan Diponegoro. Kisahnya berlangsung di desa Sambiroto, November 1828. Untuk maksud ini, De Borst menggunakan segala cara dan tak memperdulikan nyawa orang. Di pihak lain, pengikut Sentot menyusun perlawanan dengan sangat licin, hingga bisa memasuki seluruh lapisan pertahanan Belanda dan selalu tahu rencana-rencana Belanda. Puncak ketegangan adalah konflik antara De Borst dengan Kromoludiro (Maruli Sitompul). Untuk mengetahui persembunyian Sentot, De Borst memaksa Kromoludiro buka mulut, antara lain dengan menyandera istri dan anaknya yang masih bayi.

Citra, FFI 1979, untuk Film, Sutradara, Fotografi, Musik, Artistik, Pemeran Pembantu Pria

Aku ingin menciummu sekali saja

Aku Ingin Menciummu Sekali Saja (2002), Drama, DVD, 93 menit, B Indonesia, Sutradara: Garin Nugroho, Pemain: Lulu Tobing, Octavianus R. Muabuay, Adi Kurdi, Sonya S. Baransano. UNTUK 15 TAHUN KEATAS

Seorang remaja, Arnold terpana melihat gadis berurai air mata turun dari kapal di dermaga sebuah kota di Papua. Ia terus mengikuti semua kegiatan gadis itu, hingga membuat cemburu sahabatnya, Sonya. Kisah ini ditaruh dalam konteks pergolakan sosial politik Papua yang ingin merdeka.

Special Mention Award dari Network for Promotion of Asian Cinema (NETPAC) dalam seksi Forum Internasional Festival Film Berlin 2003 dan Terpuji untuk Fotografi, FFB 2003

Max Havelaar (Saijah dan Adinda) (1975), Drama, DVD, 130 menit, B Indonesia, Sutradara: Fons Rademaker, Mochtar Soemodimedjo, Pemain: Peter Faber, Sacha Bulthuis, Carl van der Donk, dan Sofia WD. UNTUK 13 TAHUN KEATAS

Sebagaimana buku aslinya, ada maksud sutradara untuk menggugat sistem kolonial saat itu. Havelaar dilukiskan sebagai tokoh idealis, yang sangat mencintai istri dan anaknya. Di tempat ia diangkat sebagai asisten residen, Lebak, ia ternyata tidak hanya berhadapan dengan Belanda, tapi juga penguasa local, Bupati Lebak, yang menyalahgunakan kekuasaan dan memeras rakyat. Ia kemudian dipecat dan kembali ke Belanda. Film disajikan dalam cara sorot balik. Dimulai dengan Havelaar di Belanda menitipkan naskah-naskahnya ke seorang makelar kopi. Sutradara mencoba mengontraskan adegan khotbah di gereja dengan penindasan di Lebak. Adegan khotbah di gereja ini yang dipotong sensor.

Kisah Abdullah Harahap

Penyesalan Seumur Hidup (1986), Drama, DVD, 102 menit, B Indonesia, Sutradara: Frank Rorimpandey, Pemain: Dewi Yull, Joice Erna, Cok Simbara, Eva Rosdiana, Henry Yosodiningrat, Nico Pelamonia, Yetti Sardjio. UNTUK 15 TAHUN KEATAS

Sumi harus masuk tahanan dan diadili karena suaminya, Aditya lumpuh kemaluannya akibat tertusuk sebuah pisau. Mulai sidang pengadilan, dan mulai pula latar belakang masalah dibeberkan sedikit demi sedikit. Sumi sangat menderita dalam hidup perkawinannya karena penyakit suaminya itu. Ia tetap bertahan demi anaknya. Tapi, saat suaminya serong dengan Lena, direkturnya, yang punya penyakit senang disakiti, maka Sumi seolah di puncak kesabarannya. Apalagi ia akan dicerai. Ia berniat membunuh suaminya saat sedang tidur, tapi niat itu tak sampai. Yang terjadi: sang suami terbangun, kaget melihat pisau di tangan istrinya, dan berniat melompat menghindar. Gerakan ini malah menghampiri pisau dan terkena kemaluannya. Di akhir sidang pengadilan, anak kedua mereka yang masih bayi meninggal, hingga menimbulkan penyesalan seumur hidup.

Akibat Kanker Payudara (1987), Drama, DVD, 94 menit, B Indonesia, Sutradara: Frank Rorimpandey, Pemain: Chintami Atmanegara, Cok Simbara, Marini, Galeb Husein, Rina Hassim, Remy Sylado, Nico Pelamonia, Aminah Cendrakasih, Eva Rosdiana Dewi, Sutanti Kumala. UNTUK 15 TAHUN KEATAS

Kartika harus dipotong salah satu payudaranya karena terkena kanker dan untuk menghilangkan penderitaannya ia pergi ke Swiss. Di sini jumpa dengan dokter Maruli yang baru lulus dari Jerman dan cari tambahan uang dengan bekerja di sebuah restoran sebelum pulang. Terjadi percintaan sampai ke pernikahan, meski pamannya yang membiayai tidak setuju. Alasannya dia memegang teguh adat. Setelah menikah, Maruli kecewa. Ia merasa dibohongi. Ibunya marah. Diingatkan bahwa niatnya belajar kedokteran karena ingin menolong ibunya yang juga ditinggalkan suaminya alias ayah Maruli, karena payudara ibunya dipotong akibat kanker. Maka kembalilah Maruli pada istrinya, Kartika.

Citra, FFI 1988, untuk Suara, dan Penghargaan, FFAP 1987, untuk aktris pembantu terbaik


Minggu pagi di victoria

Minggu Pagi di Victoria Park (2010), Drama, 35mm, 100 Menit, B Indonesia, Sutradara: Lola Amaria, Pemain: Lola Amaria, Titi Sjuman, Donny Alamsyah, Donny Damara, Imelda Soraya, Permatasari Harahap. UNTUK 15 TAHUN KEATAS (DONASI Rp 10,000,-)

Mayang, anak pertama dari pasangan Sukardi dan Lastri diberangkatkan ke Hongkong sebagai TKW. Penuh ketidak tahuan dan rasa takut ia belajar dan bekerja sekaligus bertahan hidup di keluarga dan negara yang sangat asing baginya. Mayang memiliki cita – cita yang tinggi dan sebenarnya enggan menjadi TKW karena pengalaman-pengalaman TKW yang pernah ia dengar, tetapi orang tuanya memaksa pergi untuk mencari Sekar, adiknya yang telah menjadi TKW Hong Kong selama 2 tahun lebih tetapi menghilang tanpa kabar. Akankah Mayang menemukan adiknya? ataukah ia dapat menemukan lebih banyak lagi termasuk cinta?


About this entry