BFN 2011 – SAS 5: Klinik Kritik Film

Jumlah kritikus film di Indonesia bisa dihitung dengan sebelah tangan. Banyak yang menyebut diri sebagai kritikus film, namun sebetulnya tidak memiliki modal utamanya yaitu metode dalam mengkritik atau menilai sebuah film. Penilaian atas sebuah film tidak pernah berhenti di ‘bagus’ atau ‘buruk’, tapi terus berkembang sesuai dengan konteks sosial dan budaya. Di kesempatan ini, situs web Film Indonesia bekerja sama dengan Bulan Film Nasional 2011 dan Rumah Film mengadakan Klinik Kritik Film yang akan diasuh oleh JB Kristanto dan Eric Sasono. Peserta klinik telah melalui proses seleksi dan hasil tulisan mereka setelah klinik dijalankan bisa dilihat di www.filmindonesia.or.id dan www.rumahfilm.org.

Jadwal kegiatan:
Jumlah pertemuan : 1 (satu) pertemuan
Tanggal : 26 Maret 2011
Hari : Sabtu
Pukul : Sesi I 10.00 – 13.00, Sesi II 14.00 – 17.00
Tempat : Taman Ismail Marzuki (ruang dalam konfirmasi)

Syarat pendaftaran:
1. Pendaftar adalah Warga Negara Indonesia

2. Pendaftar wajib menyerahkan 2 (dua) resensi film Indonesia (maksimal: 1.000 kata) dengan mencantumkan nama lengkap dan bintang (1 sampai 10, dengan rentang peringkat 1 paling buruk dan 10 paling baik) di setiap resensi

3. Pendaftar wajib membaca panduan kritik film yang terdapat di situs web FI | filmindonesia.or.id (kajian “Kritik Film, Suatu Pengalaman” – http://bit.ly/ezdfjp dan kajian “Film Indonesia dan Akal Sehat” – http://bit.ly/eqUE52)

4. Pendaftar wajib menyerahkan data pribadi, yaitu CV (dengan foto close-up), fotokopi tanda pengenal, dan biografi singkat (maksimal 30 kata)

5. Resensi dan data pribadi dikirimkan dalam bentuk Microsoft Word 1997-2003 (.doc). Harap men-scan tanda pengenal ke dalam bentuk digital (.jpeg). Semua persyaratan ini harap dikirimkan ke katalog_fi@filmindonesia.or.id paling lambat tanggal 10 Maret 2011.

6. Tempat klinik tersedia bagi 10 peserta. Apabila jumlah pendaftar melebihi kuota, akan dilakukan seleksi. Hasil seleksi akan diberitahukan via surat eletronik kepada seluruh pendaftar.

7. Peserta yang lolos seleksi wajib mengikuti jadwal pelaksanaan klinik secara penuh (harap memberikan pemberitahuan mundur sebagai peserta paling lambat 1 (satu) minggu sebelum tanggal kegiatan)

8. Kegiatan klinik ini tidak memungut biaya pendaftaran dari peserta

9. Semua biaya transportasi dan akomodasi ditanggung oleh peserta

Kontak:
Lintang Gitomartoyo
+6221 70637941
katalog_fi@filmindonesia.or.id


About this entry