Publik untuk Ruang Publik

Gagasan penggalangan dana bagi kineforum

Mulai November 2008 kineforum mengajak para pembuat film dan penggemar film terlibat dalam inisiatif Publik untuk Ruang Publik untuk menjaga kelangsungan ruang pertemuan ini. Program Publik untuk Ruang Publik dilakukan untuk menjaga keberlanjutan kegiatan kineforum sebagai ruang pertemuan film dan video dengan publiknya.

Dalam tahun 2008 ini, kineforum sempat berhenti menjalankan program karena keterlambatan dana Anggaran Pengeluaran dan Belanja Daerah DKI Jakarta. Saat ini jalannya kegiatan di kineforum hampir seluruhnya dibiayai dengan dana Anggaran Pengeluaran dan Belanja Daerah DKI. Untuk mencegah pertemuan kita di kineforum terhambat lagi, kami ingin pelan-pelan lebih menguatkan dukungan publik penonton terhadap kineforum.

Pada Agustus lalu, misalnya, lalu lampu proyektor digital kineforum dibeli sepenuhnya dengan dana hasil donasi penonton. Dengan bangga dan rasa terimakasih yang besar, kami mengakui besarnya arti dukungan publik. Tanpa publik penonton kami tentu bukan apa-apa!


Tentang kineforum
kineforum adalah bioskop pertama di Jakarta yang menawarkan ragam program meliputi film klasik Indonesia dan karya para pembuat film kontemporer. Kehadiran kineforum adalah tanggapan terhadap ketiadaan bioskop non komersial di Jakarta dan kebutuhan ruang untuk pertukaran antar budaya melalui karya audio-visual

Saat ini kegiatan kineforum hampir seluruhnya dibiayai oleh pemerintah DKI Jakarta melalui anggaran tahunan Dewan Kesenian Jakarta. Mengingat fungsi ruang kineforum yang ditujukan untuk publik, kineforum ingin mengajak publik ikut memelihara keberadaan kineforum. Dengan adanya dukungan publik langsung terhadap kineforum, berbagai pemangku kepentingan atas keberadaan ruang publik seperti kineforum (pemerintah, pekerja film, Dewan Kesenian Jakarta dan publik penonton), ruang ini akan lebih terjaga kelangsungan dan perkembangannya.

Pemutaran khusus : “DUO KRIBO” (1978)

di Kineforum, 14 Maret 2010, jam 14.15-16.00 (GRATIS)
Sutradara : Eduard Pesta Sirait. Pemain : Ucok AKA Harahap, Achmad Albar dan Eva Arnaz.

Program ini dibuat untuk merayakan ditemukannya kembali copy film “Duo Kribo” dalam format 35 mm di Inter Studio, Jakarta. Film “Duo Kribo” menampilkan almarhum Ucok AKA – salah satu tokoh penting musik rock Indonesia yang baru saja meninggalkan kita semua.
Diskusi : “MUSIK ROCK, FILM, & ANAK MUDA”

Pemutaran khusus : “ DUO KRIBO” (1978) Sutradara : Eduard Pesta Sirait. Pemain : Ucok AKA Harahap, Achmad Albar dan Eva Arnaz.
Minggu, 14 Maret 2010 jam 14.15 – 16.00 di Kineforum (GRATIS)

Program ini dibuat untuk merayakan ditemukannya kembali copy film “Duo Kribo” dalam format 35 mm di Inter Studio, Jakarta. Film “Duo Kribo” menampilkan almarhum Ucok AKA – salah satu tokoh penting musik rock Indonesia yang baru saja meninggalkan kita semua.
Konser Musik Rock oleh GRIBSTHAT’S ROCKEFELLERTHE TREES & THE WILD

Di Teater Kecil TIM, jam 19.00-21.30
Donasi Konser Musik: Rp 35.000,- (tempat terbatas)
Pemutaran Perdana film At the Very Bottom of Everything

At The Very Bottom of Everything

Kineforum, 19 Maret 2010, jam 19.30
Pemutaran perdana film karya Paul Agusta untuk publik Indonesia. Film ini baru saja menjalani pemutaran perdana internasionalnya di Festival Film Rotterdam 2010
Donasi: Rp 35.000,- (kursi terbatas)
Sinopsis: Sebuah kisah pedih perjuangan wanita muda melawan Bipolar Disorder (juga dikenal sebagai Manic Depression).

Seluruh hasil donasi dari acara PUBLIK untuk RUANG PUBLIK akan digunakan untuk biaya operasional Kineforum

Fakta:
Dalam tahun 2008 ini, kineforum berhenti menjalankan program karena keterlambatan dana Anggaran Pengeluaran dan Belanja Daerah DKI Jakarta. Saat ini jalannya kegiatan di kineforum hampir seluruhnya dibiayai dengan dana Anggaran Pengeluaran dan Belanja Daerah DKI. Untuk mencegah pertemuan kita di kineforum terhambat lagi, kami ingin pelan-pelan lebih menguatkan dukungan publik penonton terhadap kineforum.

Pada Agustus lalu, misalnya, lalu lampu proyektor digital kineforum dibeli sepenuhnya dengan dana hasil donasi penonton. Dengan bangga dan rasa terimakasih yang besar, kami mengakui besarnya arti dukungan publik. Tanpa publik penonton kami tentu bukan apa-apa!

Pembelian Tiket:

* Dapat dibeli langsung di Kineforum Kompleks Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya No. 73 Jakarta Pusat Pukul: 14.00 – 20.30 setiap harinya.
* Tiket dapat dipesan dengan transfer ke BCA acc. 3422 633 097 an. Penny Sylvania Putri. Tiket dapat diambil di hari H (maksimal 1 jam sebelum konser berlangsung) dengan menyertai bukti transfer dan kartu identitas. *Mohon konfirmasi transfer melalui sms/telp ke (021) 94805591 (Sugar) Informasi pembelian tiket: Sugar (021) 316 27 80 / 398 99 634 / 984 055 91

Para Seniman ‘Publik untuk Ruang Publik’

Program Publik untuk Ruang Publik melibatkan inisiatif seniman yang menampilkan karyanya dan menyumbangkan hasil donasi publik penonton untuk biaya operasional kineforum.

November 2008
Edwin dengan babibutafilm memulai inisiatif pembuat film untuk mendukung program Publik untuk Ruang Publik di kineforum. Edwin adalah sutradara film pendek Indonesia pertama yang menghadirkan karyanya di Cannes Film Festival pada 2005. Film Babi Buta Yang Ingin Terbang adalah film panjang perdananya yang baru saja menjalani pemutaran perdana internasional di Pusan International Film Festival pada Oktober 2008.

Februari 2009

rifnu-wikana-as-yoga2Paul Agusta memutarkan filmnya Kado Hari Jadi di kineforum. Film Kado Hari Jadi pada saat itu baru saja pulang dari Rotterdam Film Festival pada bulan Januari 2008. Film ini bercerita tentang seorang pemuda yang terbangun di sebuah ruangan kecil berwarna merah muda. Dirantai pada sebuah kursi besi, hadapannya menggantung sebilah silet. Sesekali, seseorang perempuan cantik bergaun bunga-bunga ke dalam ruangan untuk menyiksa secara kejam. Kado Hari Jadi adalah film panjang perdana Paul Agusta.

Maret 2009

ERK_kineforum1Kelompok musik Efek Rumah Kaca, kunokini dan Sore, tampil bersama dalam konser musik mengakhiri rangkaian acara Sejarah adalah Sekarang 3. Acara ini diadakan bekerjasama dengan Komunitas Salihara yang menyumbangkan ruang teaternya. Konser ini adalah pertemuan antara presentasi musik dan tampilan citra visual dari khazanah sejarah film Indonesia.

Maskot Publik untuk Ruang Publik

Kineforum menggunakan maskot keberuntungan dalam tradisi budaya Jepang yang disebut Maneki Neko. Maskot ini berupa kucing yang kaki depannya terangkat. Ada kepercayaan bahwa kaki depan kiri membawa banyak orang datang ke suatu tempat, sementara tangan kanan membawa keberuntungan. Kucing yang menjadi maskot Publik untuk Ruang Publik kineforum mengangkat keduabelah kaki depannya, yang tentunya menunjukkan harapan kami untuk senantiasa dikunjungi publik penonton dan terus beruntung mendapat kontribusi karya para seniman.



  1. […] itu, di Bulan Film Nasional 2010 lewat Sejarah adalah Sekarang 4, Kineforum kembali menggelar Publik Untuk Ruang Publik berupa pemutaran perdana film “At the Very Bottom of Everything” di Indonesia, film yang […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


About

logo-baru-kine-forum.gif

kineforum adalah bioskop pertama di Jakarta yang menawarkan ragam program meliputi film klasik Indonesia dan karya para pembuat film kontemporer. Program film kami bertujuan mengajak penonton merasakan jadi bagian dari sinema dunia – dulu dan sekarang.

Ruang ini diadakan sebagai tanggapan terhadap ketiadaan bioskop non komersial di Jakarta dan kebutuhan pengadaan suatu ruang bagi pertukaran antar budaya melalui karya audio-visual.

Kami menyediakan ruang presentasi bagi para pembuat film (dari dalam dan luar Indonesia) dan ruang apresiasi bagi publik pada kategori film-film khusus yang tidak berasal dari arus utama, di tengah kurangnya ruang alternatif. Kami juga menawarkan presentasi karya-karya para pembuat film dunia, film panjang maupun pendek – yang sulit diakses publik Jakarta selain melalui pembajakan. Di ruang ini juga diadakan diskusi dan pertemuan dengan pembuat film. Sejak 2006, kineforum didatangi kurang lebih 500 penonton pada program pemutaran tertentu dan sekitar 5.000 penonton selama acara festival.

kineforum adalah ruang pemutaran yang tidak bertujuan utama mencari keuntungan finansial, dikelola oleh Dewan Kesenian Jakarta dan para relawan muda. Kegiatan di kineforum dijalankan melalui kerjasama Dewan Kesenian Jakarta 2006-2009 dan Studio 21. Ruang ini diharapkan menjadi ruang eksibisi dan dialog bagi para pembuat film dan penonton Jakarta, terutama untuk karya-karya non-arus utama.

Alamat Kontak:

Kineforum

Taman Ismail Marzuki (Belakang Galeri Cipta 3)

Jl Cikini Raya 73, Jakarta Pusat 10330, Indonesia.
Tel. 021-3162780
email: kineforumdkj@yahoo.co.id
website: http://www.dkj.or.id

blog: www.kineforum.com

sedang apa kineforum?

December 2016
M T W T F S S
« Mar    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

%d bloggers like this: